Teknologi di Balik Fitur BeaconLink dari Oppo, Bisa Telepon tanpa Sinyal dan Internet!

BeaconLink memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan orang lain dalam situasi di mana sinyal seluler tidak tersedia. Lantas, apa saja teknologi di balik fitur BeaconLink?

oleh Iskandar diperbarui 23 Jul 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 14:00 WIB
OPPO Reno 12 series
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Oppo baru saja meluncurkan fitur BeaconLink yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara (telepon) tanpa perlu sinyal seluler atau kuota internet. Fitur ini akan hadir perdana di Oppo Reno 12 Pro 5G dan Reno 12 5G.

BeaconLink memanfaatkan teknologi Bluetooth yang dioptimalkan untuk memperluas jangkauan transmisi data hingga 200 meter.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan orang lain dalam situasi di mana sinyal seluler tidak tersedia, seperti di daerah terpencil, saat bencana alam, atau di area dengan jaringan yang padat.

Oppo mengklaim BeaconLink hadir sebagai solusi komunikasi inovatif yang dapat digunakan pengguna untuk tetap terhubung dengan orang terdekat, bahkan saat tidak ada sinyal seluler atau kuota internet.

Fitur ini sangat bermanfaat, terutama dalam situasi darurat atau saat berada di lokasi dengan jaringan yang terbatas.

Lantas, apa saja teknologi di balik BeaconLink?

BeaconLink menggunakan protokol komunikasi yang dipatenkan untuk meningkatkan efisiensi daya perangkat keras Bluetooth BR/EDR hingga 300%. Hal ini memungkinkan panggilan suara yang lebih jernih dan stabil, bahkan dalam jarak jauh.

Selain untuk panggilan suara, fitur BeaconLink juga dapat digunakan untuk berbagi file dan pesan singkat antar perangkat Oppo yang kompatibel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknologi di Balik BeaconLink

OPPO Reno 12 series
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Oppo Reno12 Series hadir dengan fitur inovatif bernama BeaconLink yang memungkinkan komunikasi tanpa sinyal dan internet. Di balik kemampuannya yang luar biasa, terdapat teknologi canggih yang tertanam dalam fitur ini. Mari kita telusuri lebih dalam empat teknologi utama yang mendukung performa BeaconLink:

1. Peningkatan Performa Hardware

Teknologi peningkatan sinyal Bluetooth pada tingkat hardware menjadi kunci utama. Hal ini menghasilkan peningkatan daya yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, mencapai peningkatan jarak komunikasi terjauh hingga 110.4%.

Data ini berdasarkan pengujian di Laboratorium Oppo, menunjukkan komitmen Oppo dalam menghadirkan teknologi terdepan.

2. Optimasi Protokol Bluetooth

BeaconLink dilengkapi dengan mode pencarian dan pemindaian khusus. Mode ini dirancang untuk mengurangi informasi pemindaian yang tidak valid dan membatasi jangkauan perangkat yang dapat ditemukan.

Hal ini meminimalisir gangguan dan meningkatkan ketahanan BeaconLink dalam skenario jarak jauh.

 


3. Optimasi Teknologi Transmisi Audio Multimedia

OPPO Reno 12
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Teknologi ini menghadirkan optimasi pada encoding audio, sehingga data transmisi menjadi lebih kecil dan jarak transmisi semakin jauh.

Ditambah dengan rencana pengurangan jitter audio, latensi pun diminimalisir untuk menghadirkan pengalaman komunikasi yang mulus.

4. Keamanan yang Ditingkatkan

BeaconLink dilengkapi dengan skema enkripsi broadcast Bluetooth baru dan skema otentikasi kontak dua arah.

Kedua teknologi ini memastikan keamanan proses penemuan dan koneksi perangkat, sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan tenang tanpa rasa khawatir.


Bermanfaat untuk Situasi Penerbangan hingga Lokasi Terpencil

OPPO Reno 12 series
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Fitur ini sangat bermanfaat dalam berbagai situasi, seperti selama penerbangan, perjalanan di lokasi terpencil, atau di acara besar seperti konser dan festival, di mana cakupan jaringan seringkali terbatas.

Saat berada di festival musik terkadang sulit sekali mendapatkan sinyal, pengguna dapat melakukan panggilan suara dengan jarak mencapai hingga 30 meter dengan BeaconLink.

Sedangkan saat pengguna berada di parkiran basement, jarak panggilan BeaconLink dapat mencapai hingga 200 meter.

Bagi para pecinta alam yang gemar berada di daerah pegunungan, jarak BeaconLink dapat mencapai hingga 120 meter.


Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya