Google Meet Hadirkan Fitur AI Baru: Catat Rapat Otomatis

Google Meet mempermudah rapat virtual dengan fitur AI baru yang dapat secara otomatis membuat ringkasan poin-poin penting.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 30 Agu 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 17:00 WIB
Google Meet. Credit. Google
Google Meet. Credit. Google

Liputan6.com, Jakarta - Google Meet dilaporkan sedang mengembangkan tool AI baru bernama take notes for me. Sesuai namanya, fitur ini akan membantu pengguna membuat ringkasan poin-poin penting selama melakukan panggilan video.

Mengutip informasi dari Engadget, Jumat (30/8/2024), alih-alih menawarkan transkripsi kata demi kata, fitur Google ini akan memanfaatkan Gemini AI untuk merekam poin-poin diskusi utama.

Nantinya, poin-point diskusi akan hadir dalam bentuk dokumen Docs yang muncul di Google Drive pemilik rapat. Dokumen itu akan dikirim secara otomatis ke peserta rapat atau ditambahkan ke acara kalender setelah panggilan.

Tidak hanya itu, dokumen dari Google Meet ini juga akan menyertakan tautan ke rekaman rapat dan transkripsi, apabila fitur telah diaktifkan.

Pelanggan Google Workspace dengan add-on Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, dan AI Meetings & Messaging akan menjadi yang pertama memiliki akses ke fitur pencatat ini.

Adapun pemakaiannya saat ini masih terbatas pada Bahasa Inggris, serta fungsi rapat di komputer atau laptop. Sekadar informasi, Google memang telah mengumumkan rencana membenamkan AI generatif di lebih banyak layanan mereka.

Sebagai contoh, Gemini AI saat ini telah diintegrasikan ke perangkat Android dan Google Workspace. Fitur-fitur ini pun hadir untuk membantu pengguna melakukan sejumlah hal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Google Meet Rilis Deretan Efek dan Background Baru, Seperti Apa?

Google Meet
Ilustrasi Google Meet (Doc. Google)

Di sisi lain, Google Meet terus berinovasi untuk memberikan pengalaman panggilan video yang lebih menyenangkan dan fungsional.

Dengan akun gratis, kamu bisa mengundang hingga 100 orang ke dalam meeting virtual, sementara dengan akun berbayar bisa menampung hingga 500 orang.

Untuk terus menjaga relevansinya di tengah kompetisi, Google secara berkala memperkenalkan fitur–fitur baru.

Belum lama ini Google menambahkan dukungan lebih banyak Bahasa dengan terjemahan otomatis, serta fitur live captions yang mungkin akan hadir dalam waktu dekat. Demikian sebagaimana dikutip dari Android Police, Jumat (16/8/2024).

Terkini, Google melakukan pembaruan besar–besaran pada Google Meet dengan tampilan baru dan fitur–fitur yang lebih canggih.

Pembaruan terbaru ini membawa perubahan visual yang signifikan, dengan tampilan baru yang lebih segar dan perbaikan kualitas.

Layout baru yang diperkenalkan mempermudah pengguna dalam mengakses fitur–fitur penting seperti, live captions.

Selain itu, untuk menambah keseruan dalam panggilan video, Google Meet kini menyediakan berbagai efek dan background standar yang bisa digunakan.


Efek Bertumpuk

Cara Mengubah Tampilan Diri di Google Meet Web
Cara Mengubah Tampilan Diri di Google Meet Web (Sumber: support.google.com)

Yang lebih menarik, Google Meet kini memperkenalkan efek bertumpuk, memungkinkan pengguna untuk menggambungkan berbagai gaya, filter, dan latar belakang dalam panggilan video.

Fitur ini menciptakan pengalaman visual yang lebih kaya dan dinamis. Kamu juga masih bisa menggunakan emoji untuk menunjukkan ekspresi tanpa mengganggu jalannya diskusi.

Bagi pengguna Android, fitur share screen atau berbagi layar juga mendapat peningkatan, memungkinkan presentasi yang lebih interaktif dan menarik.

Selain itu, Google Meet memperkenalkan fitur Audio Meet yang menawarkan antarmuka pengguna lebih jelas dan sederhana.

Pengguna juga bisa mentransfer panggilan dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa kehilangan data, sebuah fitur yang sebelumnya sudah diperkenalkan dan kini disempurnakan.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya