Cara Hilangkan Ikon Hijau Notifikasi Chat pada WhatsApp, Gampang Banget!

Jika kamu merasa terganggu dengan ikon hijau kecil di sudut kiri dengan angka yang terus bertambah, berikut cara mudah untuk menghilangkannya.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 24 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 12:00 WIB
WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp di ponsel. Credits: pexels.com by Tracy Le Blanc

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp sudah lama menjadi lebih dari sekadar aplikasi untuk kirim pesan dan gambar. Di bawah naungan Meta, aplikasi ini berkembang jadi platform multifungsi dengan berbagai fitur baru. 

Namun, seiring dengan bertambahnya fitur baru, seringkali pengguna WhatsApp jadi bingung dan tidak memanfaatkan semuanya.

Salah satu fitur tersembunyi yang baru-baru ini ditemukan adalah kemampuan untuk menandai semua pesan sebagai terbaca cuma dengan satu tap.

Dikutip dari Gizchina, Selasa (24/9/2024), fitur ini sangat membantu terutama bagi kamu yang tergabung dalam banyak grup WhatsApp dan sering dikejutkan dengan tumpukan notifikasi pesan yang belum dibaca.

Jika kamu sering merasa kesal melihat ikon hijau notifikasi chat dengan angka yang terus bertambah, berikut adalah cara mudah untuk menghapus semua notifikasi itu sekaligus.

Fitur Tersembunyi WhatsApp : Tandai Semua Pesan Terbaca Sekali tab

Meskipun fitur ini mungkin baru diketahui oleh sebagian orang, sebenarnya ikon hijau itu sudah ada cukup lama. Dengan berbagai pembaruan, terutama sejak desain WhatsApp yang baru, muncul beberapa tombol dan alat tambahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Salah satunya adalah filter yang mempermudah pengaturan daftar chat.

Filter ini memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan chat ke dalam kategori seperti "Belum Dibaca," "Grup," dan "Favorit," yang sangat membantu dalam mengatur percakapan, terutama jika kamu memiliki banyak chat dan grup.

Yang tidak diduga adalah adanya fitur tersembunyi di balik filter ini, yaitu opsi untuk menandai semua pesan terbaca dengan mudah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ini Dia Langkah-langkah Untuk Menggunakan Fitur Ini

Ilustrasi WhatsApp, chat WA
Ilustrasi WhatsApp, chat WA. (Photo by syifa5610 on Freepik)

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur tersembunyi ini : 

  1. Buka WhatsApp dan masuk ke layar utama chat
  2. Swipe ke bawah jika filter seperti "Semua," "Belum Dibaca," "Favorit," dan "Grup" belum muncul.
  3. Tahan tombol “Belum Dibaca” untuk mengungkapkan opsi tersembunyi.
  4. Tap “Tandai Terbaca” dan semua notifikasi pesan yang belum dibaca akan hilang seketika.

Dengan menggunakan fitur ini, semua notifikasi pesan yang menumpuk bakal hilang dalam sekejap. Kamu enggak perlu lagi membuka satu per satu chat atau grup untuk menandai pesan sebagai terbaca.

Ini berguna banget buat kamu yang tergabung dalam banyak grup aktif, di mana pesan yang bisa dengan cepat menumpuk dan membuat daftar notifikasi menjadi sangat panjang.

Tips Tambahan untuk Notifikasi Grup

Fitur ini tidak hanya bekerja buat chat individu. Kalau kamu menahan tombol "Grup" alih-alih "Belum Dibaca," fitur ini bakal menghapus notifikasi belum terbaca khusus untuk grup WhatsApp.

Ini sangat berguna bagi pengguna yang tergabung dalam beberapa grup aktif dan ingin menghindari menumpuknya notifikasi yang membuat kurang nyaman.

 


Mengapa Fitur Ini Sangat Berguna?

Apa Itu SocialSpy WhatsApp?
Apa Itu SocialSpy WhatsApp? (Sumber: socialspy.info)

WhatsApp telah berkembang jauh dari sekedar aplikasi pesan menjadi alat komunikasi penting bagi banyak orang di seluruh dunia.

Dengan banyaknya fitur yang tersedia, mulai dari panggilan suara dan video hingga update status, seringkali beberapa fungsi sederhana yang bisa sangat membantu itu terlewatkan.

Kemampuan untuk menandai semua pesan sebagai terbaca dalam sekali tap adalah fitur kecil namun sangat bermanfaat, terutama buat kamu yang memiliki banyak chat aktif.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa dengan cepat mengatur dan fokus pada obrolan yang benar-benar penting tanpa merasa overwhelmed oleh notifikasi pesan yang belum dibaca.

Meskipun tidak semua fitur WhatsApp digunakan, trik ini adalah salah satu yang bisa sangat membantu dalam mengelola pesan dengan lebih efisien.

 


Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya