Deretan Fitur Mesin Cuci Pintar Samsung Bespoke AI Laundry Combo, Bisa Terima Telepon juga!

Samsung baru saja meluncurkan mesin cuci Bespoke AI Laundry Combo yang memiliki deretan fitur pintar untuk membantu pengguna lebih efisien saat mencuci. Bahkan, salah satu fiturnya memungkinkan pengguna untuk menerima telepon melalui mesin cuci ini.

oleh Mevi Linawati diperbarui 09 Okt 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 17:00 WIB
Samsung meluncurkan mesin cuci Bespoke AI Laundry Combo, mengadopsi teknologi AI untuk efisiensi energi dan hasil pencucian yang lebih baik
Samsung meluncurkan mesin cuci Bespoke AI Laundry Combo, mengadopsi teknologi AI untuk efisiensi energi dan hasil pencucian yang lebih baik (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Liputan6.com, Bangkok - Samsung Electronics memperkenalkan mesin cuci baru dengan teknologi AI yakni all in one washer-dryers Bespoke AI Laundry Combo.

Mesin cuci dengan inovasi cerdas ini memiliki sejumlah fitur AI yang mempermudah penggunanya.

Samsung menjelaskan, mesin cuci yang sekaligus mengeringkan baju ini memiliki AI Wash & Dry. Dengan AI fitur ini, mesin cuci akan secara otomatis menyesuaikan parameter pencucian dan pengeringan berdasarkan sensor yang mendeteksi berat, tingkat kekotoran pakaian berdasarkan kekeruhan air, dan jenis kain.

Kemudian ada AI Energy Mode yang mengoptimalkan penggunaan energi berdasarkan pola penggunaan dan kondisi pengoperasian. Fitur ini membantu mengurangi konsumsi energi dan biaya tanpa mengurangi kinerja pencucian dan pengeringan.

Mesin cuci pintar Bespoke AI Laundry Combo menggunakan energi 60 persen lebih sedikit selama siklus pencucian dan hingga 30 persen lebih sedikit selama siklus pengeringan, saat menggunakan siklus AI Wash & Dry dengan AI Energy Mode yang diaktifkan, dapat diakses melalui aplikasi SmartThings. 

Lalu Samsung juga menerapkan AI Ecobuble pada mesin cuci pintar tersebut. Teknologi ini memiliki kemampuan melarutkan deterjen untuk menciptakan busa pembersih tebal yang meresap ke dalam kain, juga mendeteksi jenis kain.

Dengan begitu, mesin cuci dapat mengoptimalkan jumlah gelembung dan waktu pencucian.

Layar Sentuh

Layar sentuh berukuran 7 inci di mesin cuci pintar Bespoke AI Laundry Combo
Layar sentuh berukuran 7 inci di mesin cuci pintar Bespoke AI Laundry Combo (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Selanjutnya ada AI Home dengan layar LCD dengan lebar 7 inci. Layar ini berfungsi sebagai pusat kendali untuk pencucian, dan terlebih lagi untuk seluruh rumah. Layar ini juga dilengkapi dengan YouTube dan Spotify.

Selain itu, pengguna juga bisa menerima panggilan dari telepon yang masuk, dari mesin cuci AI ini. 

Dengan layar yang lebar, perangkat ini memberikan informasi penting tentang cucian mulai dari rincian proses, jumlah deterjen yang tersisa, dan konsumsi energi.

Pakai Machine Learning untuk Ketahui Kebiasaan Pengguna

Saat menampilkan proses, perangkat ini menggunakan pembelajaran mesin untuk mengingat kebiasaan pengguna dan merekomendasikan siklus berdasarkan kebutuhan berkala dan musiman.

Saat proses selesai, perangkat ini menyediakan laporan konsumsi energi dan air yang dapat dilihat di layar LCD atau Aplikasi SmartThings.

Punya Asisten Cerdas Bixby

Peluncuran mesin cuci Bespoke AI Laundry Combo di Asia Tenggara
Stella Jeong (kiri), Living Product Planner, Samsung Electronics, mendemonstrasikan bagaimana pengguna dapat dengan mudah mengelola cucian dan peralatan rumah tangga yang terhubung menggunakan AI Home, layar LCD 7 inci pada Bespoke AI Laundry Combo (Foto: Samsung)

Selain itu, pengguna dapat terhubung dengan perangkat lain di dalam rumah dan memungkinkan mereka untuk memantau dan menyalakan atau mematikannya dengan mudah.

Pengguna dapat memeriksa apakah AC menyala, atau meminta robot penyedot debu untuk mulai membersihkan, semuanya saat mereka berada di ruang cuci.

Mesin cuci Bespoke AI Laundry Combo ini juga didukung Bixby, voice assistant dari Samsung. Jadi, perintah suara bisa digunakan di mesin cuci ini.

Pihak Samsung menjelaskan, ada pula Flex Auto Dispense System untuk deterjen dan pelembut pakaian, yang secara otomatis mendistribusikan deterjen dan pelembut sesuai kebutuhan pencucian.

Dilengkapi Teknologi Heat Pump

Peluncuran Mesin Cuci Bespoke AI Laundry Combo di Asia Tenggara
Peluncuran mesin cuci Bespoke AI Laundry Combo di Asia Tenggara (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Bespoke AI Laundry Combo juga dilengkapi teknologi heat pump yang menggunakan panas dari udara untuk mengeringkan pakaian, sebagai pengganti metode konvensional, sehingga mengurangi konsumsi energi dan menawarkan pengeringan yang lebih efisien.

VP & Regional Head of Digital Appliances for Southeast Asia & Oceania, Samsung Electronics, Daren Tay menyampaikan, pihaknya sangat antusias dapat berbagi inovasi terbaru Samsung untuk kehidupan yang lebih cerdas untuk keperluan rumah, dan menggali berbagai inovasi yang dihadirkan untuk mengubah kehidupan sehari-hari.

"Bespoke AI Laundry Combo merupakan gambaran sekilas tentang masa depan laundry yang inovatif, dengan memanfaatkan teknologi AI, kami mendefinisikan ulang apa yang mungkin dilakukan di rumah dan pada saat bersamaan, memberdayakan pelanggan kami dengan solusi rumah yang lebih cerdas dan lebih efisien," kata Daren.

 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya