Smartphone Firefox OS Besutan ZTE Mulai Dipasarkan di eBay

Menariknya, ZTE Open merupakan ponsel pertama yang disertai software berbasis HTML5. ZTE pun membanderolnya di bawah Rp 1 juta.

oleh Bayu Galih diperbarui 19 Agu 2013, 10:44 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2013, 10:44 WIB
hape-emas-130819b.jpg
Mozilla telah memperkenalkan Firefox OS sebagai sistem operasi untuk menyaingi dominasi Android dan iOS. Perangkat yang menggunakan Firefox OS pun sudah mulai muncul di pasaran. Salah satunya adalah besutan vendor asal China, ZTE Open.

Dilansir dari laman Techradar, Senin (19/8/2013), ZTE Open sudah dapat dipesan di situs eBay. Namun perangkat besutan ZTE ini baru tersedia secara eksklusif di eBay untuk kawasan Amerika Serikat dan Inggris Raya. ZTE Open pun baru dipajang di halaman resmi ZTE di eBay.

ZTE Open sebenarnya sudah diperkenalkan dalam sebuah acara di Spanyol bulan lalu. Meski banyak yang menanti gebrakan Firefox OS, sayangnya ZTE Open hadir dalam spesifikasi kelas pemula.

ZTE Open hadir dengan dukungan prosesor Snapdragon 1 Ghz Cortex A5 dan RAM 256 MB. Untuk grafis, ZTE menyematkan Adreno 200. Tampilan gambar di layar akan hadir dengan resolusi 480x320 HVGA.

Sedangkan untuk penyimpanan, disertai ROM 512 MB, dengan tambahan slot  untuk microSD hingga 32 GB, namun kartu 2 GB ikut disertakan dalam paket penjualan. Untuk kamera, ZTE Open disertai dengan kamera 3,15 MP dan tanpa kamera depan. Adapun konektivitas yang disematkan adalah Wifi, Bluetooh 2.1, serta microUSB versi 2.0. Untuk jaringan, ZTE Open menunjang HSDPA hingga 7,2 Mbps.

Menariknya, ZTE Open merupakan ponsel pertama yang disertai software berbasis HTML5. Tentu ini menarik bagi para pengembang aplikasi.

Saat ini, ZTE Open dibanderol seharga 60 Poundsterling (sekitar Rp 975 ribu) untuk kawasan Inggris Raya dan sekitar US$ 80 (sekitar Rp 830 ribu) di AS.

Meski spesifikasi terbilang kecil, tapi ZTE Open cukup laku dijual. Sepertinya faktor Firefox OS memiliki pesonanya sendiri, dan menjadikan pembelinya tertarik untuk menjelajahi sistem operasi mobile baru tersebut. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya