Buang Sial, 55 Keluarga Ikuti Ruwatan Massal

Perserta memulai dengan sungkem pada seorang dalang yangmemandu acara, diikuti pemberian kain putih atau mori.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Nov 2015, 06:54 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2015, 06:54 WIB
Ruwatan
Ruwatan

Liputan6.com, Bojonegoro - Sebanyak 55 keluarga mengikuti ruwatan massal di Kayangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (4/11/2015), para peserta memulai dengan sungkem pada seorang dalang yang memandu acara, diikuti pemberian kain putih atau mori yang menandakan kesucian pada hati.

Prosesi dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon Batara Kala. Di sana diceritakan Sang Batara Kala mengejar Dewa Kumara, anak dari Dewa Siwa.

Saat mengejar sampai lelah Batara Kala akhirnya melewati pagelaran wayang kulit dan karena lapar memakan sesajen yang disediakan. Ia pun lalu berjanji tak akan kembali membawa marabahaya bagi sanak keluarganya.

Pagelaran wayang kulit selesai, dalang lalu membuang telur dan kembang 7 rupa sebagai simbol hilangnya kesialan. Dilanjutkan dengan potong rekma atau potong rambut bagi anak yang diruwatkan, setelah itu satu keluarga dimandikan dengan air yang diambil dari 7 sumber mata air.

Setelah itu menari ketupat yang menyimbolkan hilangnya sengkala atau kesialan dari lingkungan keluarga. Dalam kepercayaan Jawa, ruwatan buang sengkala dilakukan pada anak ontang anting atau anak satu, Pandawa lima atau anak 5 laki laki semua serta kedono kedini, anak laki-laki dan perempuan serta anak yang lahir pada Selasa Kliwon. (Mar/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya