Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Asia Figure Skating 2022

Kejuaraan Asia Figure Skating 2022 atau Asian Open Figure Skating Trophy (AOFST) 2022 dilangsungkan mulai 7 Desember 2022 sampai 9 Desember 2022.

oleh Thomas diperbarui 08 Des 2022, 20:54 WIB
Diterbitkan 07 Des 2022, 21:18 WIB
Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Asia Figure Skating 2022
Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Asia Figure Skating 2022

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia lagi-lagi dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga bergengsi. Pada awal Desember 2022 ini, giliran cabang olahraga figure skating yang menggelar Kejuaraan Asia di Oasis Centre Arena, Aeon Mall, Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur.

Kejuaraan Asia Figure Skating 2022 atau Asian Open Figure Skating Trophy (AOFST) 2022 dilangsungkan mulai 7 Desember 2022 sampai 9 Desember 2022. Kejuaraan ini diikuti 12 negara Asia Pasifik.

Selain Indonesia, peserta datang dari Hongkong, Chinese Taipei, Selandia Baru, Thailand, Australia, Kazakstan, India, Filipina, Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan China. Total ada 102 atlet yang ikutan berlaga.

Untuk menjadi tuan rumah, perjuangan berat harus ditempuh Federasi Ice Skating Indonesia (FISI). Pasalnya selama ini Kejuaraan Asia Figure Skating jarang diadakan di Asia Tenggara. Tuan rumah biasa negara Asia Timur seperti Hongkong, China dan Chinese Taipei.

"FISI, mengucapkan puji syukur dan bangga berhasil menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya di event Asian Open Figure Skating Trophy 2022. Sebelumnya FISI telah mengikuti bidding di Phuket Thailand tahun 2020. Dan berhasil mendapat kepercayaan dari ASU (Asian Skating Union) sebagai tuan rumah," ujar ketua umum FISI Susan Herawati.

"Tujuan dari FISI dari menyelenggarakan ini adalah untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu baik dari sisi kesiapan ice rink dan teknisnya untuk menyelenggarakan kompetisi kelas dunia yang dapat dibilang terbaik di Asia ini dan juga dilihat dari sisi pengembangan skater-skater tanah air."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


12 Atlet

Indonesia sendiri menurunkan 12 atlet di Kejuaraan Asia Figure Skating ini. Para atlet yang mewakili Indonesia ini merupakan para juara dan runner-up di kejuaraan nasional.

Peratusan dari ASU membuat Indonesia tak bisa mengirimkan banyak wakil meski merupakan tuan rumah. ASU hanya memperbolehkan setiap negara mengirim dua perwakilan di setiap kategori.

Pembukaan kejuaraan ini dihadiri langsung Presiden International Skating Union (ISU) Kim Jae Youl dan juga Presiden Asian Skating Union (ASU) Myong Hi Chang dan ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI Purn Marciano Norman.


Olimpiade Musim Dingin

Digelarnya kejuaraan ini di Jakarta diharapkan bisa menjadi pembuka jalan agar suatu saat nanti Indonesia dapat mengikuti Olimpiade musim dingin.

“Tim Indonesia harus sukses, tidak hanya sebagai tuan rumah tetapi bisa bersaing meraih prestasi. Saya yakin satu hari Ice Skating ini bisa menjadi salah satu cabang olahraga dimana Indonesia bisa ikut serta dalam Winter Olympic Games,” kata Marciano optimistis.

“Memasyarakatkan olahraga Ice Skating ini perlu semakin gencar, sehingga kita makin banyak dapat atlet, di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara akan dipertandingkan sebagai eksibisi di Medan,” sambung Ketum KONI Pusat.

Senada dengan Marciano, Ketua ASU Myong Hi Chang juga optimistis Indonesia akan bisa segera ikut berlaga di Olimpiade Musim Dingin.

"Saya sangat mengapreasiasi FISI bisa menggelar kejuaraan ini karena kita ketahui Asia Tenggara merupakan negara dengan cuaca tropis. Ini kesempatan bagus untuk membangun olahraga musim dingin. Suatu hari nanti Indonesia saya yakin akan berpartisipasi di Olimpiade musim dingin," kata Chang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya