7 Trik Bikin Citra Baik di Minggu Pertama Bekerja

Ikutilah tips ini agar dapat tampil maksimal di kantor.

oleh Vina A Muliana diperbarui 09 Sep 2015, 05:15 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2015, 05:15 WIB
Tutorial Makeup ke Kantor
Yuk intip tutorial makeup praktis berikut ini agar penampilan wajah terlihat kian prima.

Liputan6.com, New York - Menjalani pekerjaan baru memang tidak pernah mudah, apalagi ketika ini merupakan pekerjaan pertama Anda. Bahkan, orang-orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi pun dapat tidak tampil maksimal di pekerjaan mereka.

Lalu bagaimana cara yang harus Anda ambil agar dapat tampil maksimal di minggu pertama Anda bekerja. Ikutilah 7 tips ini seperti yang dilansir dari laman BusinessInsider, Rabu (9/9/2015):

1. Memperkenalkan diri pada semua orang

Cobalah untuk bersikap ramah pada semua orang dengan memperkenalkan diri Anda terlebih dahulu. Memang akan terkesan agak aneh, apalagi ketika Anda harus menyebutkan nama terlebih dahulu di setiap perbincangan yang Anda mulai.

Namun, hal tersebut sebenarnya sangat baik untuk membangun citra positif bagi diri Anda.

2. Menemukan teman dekat yang baru

Ketika Anda sudah memperkenalkan diri kepada semua orang, termasuk kepada pimpinan-pimpinan yang ada, pasti Anda menemukan seseorang yang memiliki sifat yang sama seperti Anda.

Jika Anda menemukan orang seperti ini, cobalah untuk mendekati orang tersebut dan ajak mereka untuk makan siang bersama.

Memiliki teman dekat yang baru ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kebiasaan apa yang ada di tempat Anda bekerja dan meminta tips apa yang seharusnya Anda lakukan agar dapat beradaptasi dengan mudah.

3. Mengiyakan undangan

Pastikan jadwal harian Anda kosong sehingga Anda dapat mengiyakan apabila ada ajakan untuk pergi makan atau berkumpul bersama rekan kerja Anda yang baru.

Anda mungkin berpikir bahwa akan sulit rasanya untuk mendapatkan tawaran berkumpul bersama rekan kerja Anda yang baru. Tetapi jangan khawatir, cobalah untuk menawarkan ajakan pada merea untuk sekedar berkumpul bersama setelah kantor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kenal bos

4. Tunjukkan kemampuan

Apakah Anda masih ingat apa yang membuat bos Anda tertarik saat mewawancarai Anda untuk pertama kalinya? Apakah karena pencapaian Anda sebelumnya, sikap yang Anda tunjukkan atau kemampuan yang Anda miliki?

Pastikan bahwa Anda menunjukkan kualitas yang Anda miliki tersebut sejak hari pertama Anda masuk kerja. Hal ini akan membuat kesan yang baik bahwa Anda memang kandidat yang pantas untuk mengisi posisi tersebut.

5. Mengenal lebih dekat bos 

Bukan hanya melalui email, cobalah temui dan perkenalkan diri Anda. Buka obrolan ringan seperti menanyakan bagaimana akhir pekan mereka, dan menawarkan bantuan sekiranya ada pekerjaan yang dapat Anda bantu selesaikan.

6. Mendokumentasikan semua pencapaian

Jangan malu untuk melakukan hal ini. Cobalah menuliskan semua pencapaian serta pujian yang Anda terima menjadi sebuah daftar sederhana. Daftar seperti ini akan membantu Anda untuk mengetahui sejauh mana Anda telah mampu untuk mengerjakan pekerjaan Anda dengan baik.

Selain itu, daftar seperti ini juga dapat membantu memotivasi Anda untuk bekerja dengan lebih giat apabila Anda sedang mengalami hari yang buruk di kantor.

7. Memperbarui akun sosial media 

Perbaharui profil di sosial media Anda seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn dan masukkan pekerjaan baru Anda di sana.

Jangan lupa juga untuk mem-follow sosial media milik perusahaan tempat Anda bekerja, hal ini dapat menunjukkan ketertarikan yang kuat terhadap pekerjaan yang Anda jalankan. (Vna/Ndw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya