Ini Sosok Miliarder Tertua di Indonesia

Eka Tjipta saat ini berusia 93 tahun. Ia berada di posisi 4 dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

oleh Arthur Gideon diperbarui 02 Des 2016, 07:48 WIB
Diterbitkan 02 Des 2016, 07:48 WIB
Eka Tjipta Widjaja
Foto: Wikipedia

Liputan6.com, Jakarta Forbes mengeluarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Sebagian besar dari para miliarder tersebut berusia 50 tahun hingga 70 tahun. Namun ada miliarder yang berusia di atas 90 tahun. Ia adalah Eka Tjipta Widjaja.

Mengutip Forbes Indonesia, Jumat (2/12/2016), Eka Tjipta saat ini berusia 93 tahun. Ia berada di posisi 4 dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Posisi Eka Tjipta di bawah Anthoni Salim, Susilo Wonowidjojo dan kakak beradik Budi dan Michael Hartono.

Saat ini, harta dari pria yang memiliki 15 anak ini mencapai US$ 5,6 miliar atau senilai Rp 76,05 triliun (estimasi kurs 13.580 per dolar AS).

Eka Tjipta lahir di China pada 1923 dengan nama Oei Ek Tjhong. Ia datang ke Indonesia saat berusia 9 tahun. Kota yang ditujunya kala itu adalah Makassar.

Orang terkaya keempat di Indonesia ini mulai berbisnis sejak usia 17 tahun dengan menjual biskuit. Secara perlahan ilmu bisnisnya mulai berkembang.

Singkat cerita di tahun 1980, ia memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan. Ia membeli sebidang kebun kelapa sawit dengan luas 10 ribu hektare di Riau. Ia juga membeli mesin dan pabrik yang bisa menampung hingga 60 ribu ton kelapa sawit.

Dari bisnis tersebut, saat ini gurita bisnis Eka Tjipta telah menjalar di berbagai sektor industri.

Terbesar adalah di sektor minyak sawit yang berada di bawah perusahaan Golden Agri-Resources. Perusahaan yang terdaftar di SIngapura tersebut saat ini dijalankan oleh anak-anaknya yaitu Franky dan Muktar.

Selain di sektor sawit, lini bisnis lainnya yang juga menggurita adalah di sektor properti melalui Sinar Mas Land.

Tak hanya di Indonesia, Sinarmas Land juga merambah ke Asia Timur dengan membangun proyek perumahan di Shenyang, Chengdu di China. Selain itu Sinarmas Land juga membangun proyek komersial dan bisnis yakni Orchard Tower di Singapura. (Gdn/Ndw)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya