Ingin Hemat? Begini 4 Cara Mudah yang Bisa Anda Lakukan

Jika Anda menganggap berhemat itu susah, Anda sesungguhnya belum mengerti makna hidup hemat yang sebenarnya.

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 07 Mei 2018, 06:00 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2018, 06:00 WIB
Suku Bank Bank
Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda menganggap berhemat itu susah, Anda sesungguhnya belum mengerti makna hidup hemat yang sebenarnya. Tak boleh beli ini dan itu ataupun banyak anggaran yang harus dipotong supaya pengeluaran tak melebihi dari penghasilan sehingga membuat sebagian orang merasa tidak bisa lagi menikmati hidupnya.

Namun, coba bayangkan jika Anda menggunakan uang hanya untuk menuruti apa yang disukai atau keinginan hati.Apa jadinya? Bukankah penghasilan justru habis dan tak bersisa?

Bahkan, tak sampai di pertengahan bulan pun sudah mulai habis. Sebetulnya, berhemat tidaklah semenakutkan yang dibayangkan. Sebab ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhemat dengan lebih mudah sekaligus menyenangkan.

Anda pun tak perlu merasa seperti orang yang sedang susah. Ingin tahu bagaimana caranya? Intip cara sederhana berikut ini sebagaimana dikutip dari www.cermati.com, Senin (7/5/2018):

1. Berhemat dari Tranportasi: Pilih Jalan Kaki, Bersepeda, atau Cari Tumpangan

Terkadang hanya karena gengsi, tak sedikit orang yang pergi bekerja menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil misalnya, hanya untuk pamer.

Sebetulnya,jika ada alternatif lain, mengapa harus gengsi?Cobalah untuk mencari tumpangan dengan teman atau orang dikenal yang punya tujuan searah. Selain lebih hemat, hal ini juga membuat hubungan sosial lebih dekat.

Namun, jangan lupa untuk berterima kasih.Bukan hanya dengan kata-kata,melainkan coba dengan berbagi sesuatu dengannya, misalnya makanan atau hal-hal lain. Jika tak ada tumpangan, bersepeda, atau gunakan transportasi umum yang murah juga bisa jadi pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Bila ternyata tempat kerja atau tujuan Anda beraktivitas cukup dekat alias mudah dijangkau tanpa harus menggunakan alat transportasi, tak ada salahnya bila berjalan kaki. Selain hemat, lebih sehat, bukan? (Baca Juga:7 Jenis Tawaran Kontrak Kerja yang Harus Ditolak bagi Para Fresh Graduate)

 


Cara Kedua

Suku Bank Bank
Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

2. Kurangi Nonton Film Bioskop

Nonton film di bioskop memang memberikan pengalaman yang menarik dan luar biasa menyenangkan karena fasilitasnya yang lengkap dan komplet.

Namun, tentu untuk mendapatkan layanannya tersebut, Anda perlu menyisihkan uang yang tidaklah sedikit.Nah, daripada harus merogoh kocek lebih dan harus berjibaku dengan jalanan yang macet, sekaligus harus antre lama untuk mendapatkan tiket nonton, mengapa tak coba cari cara lain yang lebih simpel dan gampang?

Cara mudah misalnya dengan menonton lewat aplikasi di internet, ada banyak aplikasi gratis yang menyediakan layanan bioskop online dengan beragam genre film yang bisa disesuaikan dengan selera.

Bahkan, tak harus menggunakan internet untuk sekadar menonton film. Anda bisa mengunduh film dari YouTube menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis di kantor atau kafe-kafe dan lainnya untuk ditonton secara offline saat di rumah.

3. Jangan Lewatkan Promo dan Diskon untuk Barang yang Dibutuhkan

Hemat bukan berarti tak boleh belanja, tapi berbelanjalah dengan cerdas. Ketika sedang ada promo, diskon, atau bahkan cuci gudang, janganlah hal tersebutdilewatkan.

Sebab tentu tak ada kesempatanlain, manfaatkan dengan baik kesempatan tersebut. Namun, ingat jangan lapar mata atau bahkan kalap. Sesekali boleh, tetapi tetap utamakan kebutuhan yang penting sekaligus bermanfaat, bukan hanya karena inginsaja.

Saat ini ada banyak website yang menyediakan informasi tentang diskon dan promo-promo yang menarik. Agar tak terlewatkan,jelajahi internet untuk mendapatkan info promo dan diskon terkini.

 


Selanjutnya

Suku Bank Bank
Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

4. Rumah juga Bisa jadi Tempat Bersenang-Senang

Mungkin kedengarannya sedikit membosankan, berdiam diri di rumah seolah terlihat seperti jomlo ngenes yang sedang patah hati. Namun, jangan salah.

Sebab rumah pun juga bisa jadi tepat bersenang-senang yang mengasyikkan. Jika suka keramaian, coba ajak teman main di rumah untuk sekadar menonton film atau makan-makan bareng, dan lainnya.

Nah, kalau lebih ingin tenang dan sendiri, coba saja olah raga yoga di rumah yang bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.Cara tersebut tak hanya menyenangkan, tetapi juga tentu lebih hemat daripada pergi ke luar.

Tentunya ada banyak pengeluaran hanya untuk sekadar menyeruput secangkir kopi dan memakan sepotong roti misalnya.Dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat bersenang-senang, Anda pun bisa menciptakan keseruan lainnya dengan buget yang disesuaikan dan terlebih lagi murah, bukan?

Sebab bersenang-senang bukan berarti harus menghamburkan uang. Anda bisa memilih dan menentukannya sendiri bagaimana caranya untuk bahagia menikmati waktu santai hanya di rumah saja. (Baca Juga: Apakah Keuangan Anda Sehat? Cek di Sini)

5. Jika Bisa Sewa, Kenapa Harus Beli?

Ketika ada saudara yang akan menikah, tentu Anda akan direpotkan dengan hal-hal yang diperlukan, seperti gaun atau hal-hal lainnya. Tentunya itu butuh dana yang tidak sedikit yang jika dituruti, bisa-bisa tabungan habis dan ludes seketika.

Nah, jika bisa menyewa, kenapa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli barang yang hanya digunakan sekali saja? Jadi, daripada uang simpanan lenyap tanpa manfaat, lebih baik menekan pengeluaran untuk sesuatu yang lebih penting.

Hemat itu Gaya Hidup yang Positif

Berhemat adalah soal gaya hidup sederhana yang bukan hanya sekadar menekan diri dan tak memberikan kesempatan untuk bersenang-senang. Namun, berhemat itu lebih mengajarkan kita untuk hidup dengan lebih memaksimalkan potensi yang ada di sekitar. Bukan untuk hidup pelit atau kikir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya