Kementerian PUPR Bangun 949 Embung Selama 4 Tahun

Pada 2019, target akan dibangun 104 unit embung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 05 Feb 2019, 11:20 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2019, 11:20 WIB
(Foto: Dok Kementerian PUPR)
Pembangunan embung oleh Kementerian PUPR (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terus tingkatkan jumlah tampungan air melalui pembangunan embung di seluruh Indonesia.  Kementerian PUPR menargetkan membangun 65 bendungan dalam lima tahun pada periode 2014-2019.

Selain untuk irigasi sawah, keberadaan embung ini diharapkan bermanfaat untuk konservasi air yang dapat digunakan sebagai sumber air baku, sumber air bagi ternak terutama pada saat musim kemarau.

Adapun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan perhatian pada peningkatan jumlah embung di Indonesia dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Percepatan Penyediaan Embung dan Bangunan Penampung Air Lainnya di Desa. 

Dalam inpres tersebut, Menteri PUPR ditugaskan untuk menetapkan pedoman perencanaan, spesifikasi teknis, dan perhitungan standar harga satuan untuk pembangunannya.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, penyediaan sarana dan prasarana air untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan.

Dimensi embung yang dibangun bervariasi dengan kapasitas tampung antara 1.000 hingga 500 ribu m3 dan kedalaman dibawah 15 meter. 

"Di beberapa daerah masih terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih. Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR agar selalu berupaya menyediakan infrastruktur salah satunya melalui pembangunan embung," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (5/2/2019). 

Pada 2018, jumlah embung yang dibangun Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air yakni sebanyak 103 embung.

Dengan tambahan jumlah embung tersebut,  sejak 2015 hingga 2018 telah terbangun sebanyak 949 unit embung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Target 2019

(Foto: Dok Kementerian PUPR)
Pembangunan embung oleh Kementerian PUPR (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Sementara pada 2019 target akan dibangun 104 unit embung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga total terbangun hingga 2019 sejumlah 1.053 unit embung.

Jokowi pada awal 2018 telah meresmikan lima embung di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak lima embung yang dibangun menampung air sebesar 331 ribu m3 dan bermanfaat mensuplai air baku bagi 1.350 orang. 

Selain itu, pada tahun kemarin Kementerian PUPR juga membangun Embung Giriroto di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dengan luas 1,3 hektare, kedalaman 6 meter dan kapasitas tampung 48.000 m3. 

Embung tersebut bermanfaat sebagai sumber air irigasi para petani di Desa Giriroto. Desa Giriroto berada di bagian hilir sehingga kerap tidak mendapat aliran air irigasi dari Waduk Cengklik. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya