Siap-Siap, Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Akhir Januari 2021

Indonesia menjadi salah satu negara di ASEAN yang sudah berhasil mendapatkan vaksin Covid-19.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 22 Des 2020, 15:28 WIB
Diterbitkan 22 Des 2020, 13:57 WIB
Pemkot Depok Gelar Simulasi Vaksin COVID-19
Pasien melakukan pendaftaran saat simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Pemkot Depok menggelar simulasi vaksin COVID-19 dalam rangka persiapan vaksinasi yang rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara di ASEAN yang sudah berhasil mendapatkan vaksin Covid-19.

Hal ini tentu menjadi harapan baru bagi masyarakat agar bisa kembali beraktivitas normal. Airlangga menyebutkan, pemerintah Indonesia telah mengimpor 1,2 juta vaksin dalam bentuk jadi dari China. Kemudian pada Januari mendatang, akan hadir lagi 1,8 juta vaksin.

Sementara untuk Desember ini, Menko mengatakan akan ada 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku. “Sehingga sesuai arahan Presiden, di Januari akhir nanti vaksinasi sudah bisa dilaksanakan," kata Menko dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2021, Selasa (22/12/2020).

Rencananya, pada tahap awal vaksinasi, penerima vaksin akan diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan, pekerja di garda terdepan, Satpol PP, TNI, Polri, pedagang pasar, dan UMKM.

“Sehingga diharapkan rasa aman dan perekonomian akan bangkit lagi serta masyarakat akan mulai bergerak untuk meningkatkan daya beli,” kata Menko.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo mengatakan, program vaksinasi Covid-19 secara gratis yang dimulai awal 2021 menjadi kunci pemulihan ekonomi di tahun depan. Sekaligus meningkatkan kepercayaan publik terkait penanganan Covid-19.

"Adanya program vaksinasi ini, kami harapkan kepercayaan publik tentang penanganan Covid-19 muncul dan timbulkan rasa aman di masyarakat," jelas Jokowi.

Menurut dia, jika kepercayaan masyarakat meningkat, maka proses pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan lebih cepat dan dapat mengungkit konsumsi. Serta investasi yang diperkirakan juga akan meningkat seiring penerapan Undang-Undang Cipta Kerja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Jokowi Janji Vaksin Covid-19 Gratis Mulai Disuntikkan Awal 2021

Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan janjinya untuk segera memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada masyarakat Indonesia pada awal 2021 mendatang.

Jokowi pun menekankan, pemberian vaksin gratis secepat mungkin ini menjadi faktor terpenting dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Dan yang paling penting, pemerintah akan segera berikan vaksin gratis, dimulai di awal tahun 2021," tegas Jokowi dalam sesi teleconference, Selasa (22/12/2020).

Menurut dia, program vaksinasi ini dapat membangkitkan kepercayaan publik terhadap penanganan pandemi Covid-19, sekaligus menimbulkan rasa aman di tengah masyarakat.

"Sehingga pemulihan ekonomi bisa lebih cepat, konsumsi akan naik dan kembali normal. Investasi juga diperkirakan akan meningkat karena ada Undang-Undang Cipta Kerja," ujar Jokowi.

Beberapa sektor pun diceritakannya telah mengalami perbaikan pada akhir 2020 ini. Seperti angka ekspor yang sudah menunjukkan tren peningkatan jelang memasuki 2021.

"Diharapkan tren ini terjaga dan meningkat di 2021. Terlebih lagi kita mendapatkan fasilitas GSP dari Amerika Serikat. Ini tentu akan mendorong kinerja ekspor kita," tandas Jokowi. 


Infografis Masyarakat Indonesia Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Infografis Masyarakat Indonesia Dapat Vaksin Covid-19 Gratis. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Masyarakat Indonesia Dapat Vaksin Covid-19 Gratis. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya