Lonjakan Kasus Covid-19 Bikin Aktivitas Pabrik di China Menyusut

Aktivitas pabrik di China menyusut karena pandemi Covid-19 yang berdampak pada ekonomi negara itu.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 01 Apr 2022, 00:19 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2022, 22:00 WIB
Intip Aktivitas Pabrik Daging dan Unggas di China
Sejumlah pekerja beraktivitas di pabrik daging dan unggas di Shenyang di provinsi Liaoning timur laut China (26/8/2021). (AFP/STR/China Out)

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas pabrik di China dilaporkan menyusut pada bulan Maret 2022, ketika penyebaran Covid-19 terburuk di negara itu memicu lockdown dan pembatasan mobilitas.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (31/3/2022) data dari Biro Statistik Nasional China (NBS) bahwa Purchasing Manager Index (PMI) negara itu turun ke angka 49,5, tepat di bawah 50 poin persentase yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi.

Itu adalah kontraksi pertama dalam lima bulan dan lebih rendah dari prediksi para ekonom yang dikumpulkan Bloomberg.

Penurunan aktivitas pabrik terjadi ketika otoritas China berjuang meredam wabah Covid-19 dengan pembatasan dan lockdown di pusat-pusat manufaktur utama seperti Shenzhen dan Changchun.

Selama beberapa pekan, China telah mencatat penambahan ribuan kasus Covid-19 dalam sehari, setelah hampir dua tahun berhasil mencegah semua infeksi di dalam perbatasannya.

"Baru-baru ini, wabah berkelompok telah terjadi di banyak tempat di China," kata ahli statistik senior NBS, Zhao Qinghe.

"Ditambah dengan peningkatan signifikan dalam ketidakstabilan geopolitik internasional, kegiatan produksi dan operasi perusahaan China telah terpengaruh," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ekonom Perkirakan PMI China Bakal Anjlok

Produksi Industri China Terendah dalam 17 Tahun Terakhir
Pekerja memantau jalur produksi susu kedelai di sebuah pabrik di Nanning, Guangxi, China, Selasa (12/3). Produksi industri China turun ke level terendah dalam 17 tahun terakhir. (STR/AFP)

Kepala ekonom Nomura di China, yakni Lu Ting, juga memperkirakan PMI negara itu akan turun lebih jauh "pada peningkatan lockdown dan langkah-langkah pembatasan".

Dia memperingatkan bahwa lockdown di Shanghai bisa menyebabkan penundaan pengiriman logistik dan kemacetan pelabuhan. 

Sebuah data juga mengungkapkan, sudah ada  lebih dari 150 kapal kargo yang mengantri di luar pelabuhan di China timur.

"Tekad Beijing dalam mempertahankan strategi nol-COVID-19 untuk memerangi varian Omicron kemungkinan besar akan memberikan pukulan telak bagi ekonomi China," kata Lu Ting kepada AFP.

Pembatasan COVID-19 telah berdampak besar pada industri travel China.

tahun lalu, ada tiga maskapai terbesar China yang melaporkan kerugian tahunan hingga USD 6,5 miliar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya