15 Kota Terbaik Indonesia Dinilai dari Indikator SDGs, Mana Saja?

PT Surveyor Indonesia menilai 15 kota terbaik berdasarkan penilaian indikator SDGs dari 74 kota

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Nov 2022, 21:09 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 14:10 WIB
Surveyor Indonesia bantu pemerintah capai target SDGs 2030
Surveyor Indonesia telah menjadi mitra pemerintah yang luar biasa dalam menerjemahkan visi, misi dan ambisi Indonesia untuk menerapkan standar keberlanjutan yang diidam-idamkan sesuai dengan SDGs 2030. (dok: SI)

 

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 15 Kota dari 74 Kota lolos mengikuti penjurian I-SIM for Cities yang diselenggarakan oleh PT Surveyor Indonesia bekerjasama dengan Bappenas dan APEKSI, yaitu : Semarang, Pare-pare, Blitar, Tebing Tinggi, Salatiga, Probolinggo, Manado, Pagar Alam, Tegal, Tasikmalaya, Bogor, Sukabumi, Gorontalo, Banjarbaru, dan Tanggerang.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bappenas dan APEKSI yang telah memberi kepercayaan kepada PT Surveyor Indonesia menjadi bagian dari program I-SIM for Cities dan mengucapkan selamat kepada 15 kota terpilih yang lolos pada tahap penjurian.

“Kota terpilih merupakan 15 terbaik berdasarkan penilaian indikator SDGs dari 74 Kota yang mendaftar untuk selanjutnya akan dikupas lebih mendalam lagi program unggulan setiap kota dalam penjurian ini,” ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Haris melanjutkan bahwa program I-SIM for Cities merupakan program unggulan PT Surveyor Indonesia. “ Kami memiliki inisiatif membangun jembatan antara stakeholders dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Pembangunan SDGs lanjut Haris perlu didukung oleh stakeholders yang berada di wilayah tersebut. Keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan, pengentasan kemiskinan, isu terkait gender, akses pendidikan, menjadi tanggung jawab semua pihak, bukan hanya pemerintah daerah.

“Disinilah peran Surveyor Indonesia untuk memberikan inspirasi bahwa setiap unsur anak bangsa harus mampu memberikan kontribusi positif kepada perusahaan, masyarakat, dan negara. SDGs harus menjadi gerakan Bersama," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Unggulan

PT Surveyor Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) bentuk platform penilaian kinerja pemerintah kota
PT Surveyor Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) bentuk platform penilaian kinerja pemerintah kota.

Dalam penjurian ini, masing-masing kota menampilkan program unggulan yang kemudian diuji lebih dalam oleh panelis. Beberapa kota menampilkan program unggulan seperti : Rumah Pemulihan Gizi Sinergitas Penanganan Stunting, Kampung Tematik, Laku Tepak (Layanan Kunjungan Terpadu di Lembaga Pembinaan Khusus Anak), dan Pemanfaatan Limbah Tahu Sebagai Alternatif Bahan Bakar Murah dan Ramah Lingkungan.

Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan dan Kepala Sekretariat Nasional SDGs sebagai wakil dari pemerintahan, Vivi Yulaswati yang merupakan salahsatu panelis mengatakan penjurian ini merupakan pengalaman yang luar biasa karna bisa mengenal lebih dalam dan mendapatkan insight yang komprehensif mengenai SDGs yang dilakukan oleh pemerintah kota.

Ia menambahkan bahwa I-SIM itu integrated sustainability, “Tentunya berbasis data yang tidak hanya fokus pada satu atau dua goals tetapi berbicara mengenai keterkaitan antar goals SDGs dan dampaknya,” ujarnya.

Hal ini membuat penjurian harus jeli dan dapat melihat secara komprehensif program yang dilakukan beserta dampaknya. Vivi menambahkan bahwa I-SIM ini merupakan bagian pembelajaran untuk setiap kota dan mungkin nanti akan berkembang ke daerah-daerah lainnya supaya bisa membangun data yang lebih baik, dapat mengukur, dan menjadi pembuktian ketercapaian SDGs di masing-masing kota dan tentunya Indonesia.

 


Selanjutnya

Pidato di Markas PBB, Menparekraf Sandiaga Uno Promosi Sedotan Purun dari Belitung
Menparekraf Sandiaga Uno mempromosikan SDGs. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Penjurian I-SIM for Cities akan menjadi bagian dari SDGs Action Awards (SDGs Award) kategori Pemerintah Daerah yang akan disampaikan pada acara SDGs Annual Conference 30 November 2022 di Istana Bogor dan 1-2 Desember 2022 di Hotel Sultan Jakarta oleh Kementerian PPN/Bappenas untuk meningkatkan integrasi dan kolaborasi multi pihak dalam SDGs Indonesia.

I-SIM for Cities merupakan gerakan inisiatif untuk mendukung keberlanjutan multi-stakeholders dalam mengelola aspek pembangunan berkelanjutan, lingkungan, sosial dan tata kelola, termasuk akselerasi pencapaian SDGs di tingkat kota. Melalui program ini, pemerintah kota dapat mengungkapkan data dan mengukur capaian dalam rangka akselerasi performa capaian tersebut.

Dengan semangat inklusivitas atau no one left behind, I-SIM for Cities menciptakan keterlibatan pentahelix multi-stakeholders, seperti: pemerintahan, akademisi, komunitas, bisnis, filantropi dan media. Lebih dari itu, program ini pun mendorong pengembangan kapabilitas pemerintah kota terhadap standar kota yang berkelanjutan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya