Salut, Pegawai Kemnaker Patungan Demi Kurban 40 Ekor Sapi dan Kambing

Kementerian Ketenagakerjaan melakukan penyembelihan 40 ekor hewan kurban, terdiri dari 34 ekor sapi dan 6 ekor kambing, di Jakarta, Kamis (29/6/2023).

oleh Tira Santia diperbarui 29 Jun 2023, 20:59 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2023, 20:40 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan melakukan penyembelihan 40 ekor hewan kurban, terdiri dari 34 ekor sapi dan 6 ekor kambing, di Jakarta, Kamis (29/6/2023).
Kementerian Ketenagakerjaan melakukan penyembelihan 40 ekor hewan kurban, terdiri dari 34 ekor sapi dan 6 ekor kambing, di Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan melakukan penyembelihan 40 ekor hewan kurban, terdiri dari 34 ekor sapi dan 6 ekor kambing, di Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Proses penyembelihan pun disaksikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

"Alhamdulillah kita diberikan nikmat di pagi hari ini. Kita bisa menunaikan Salat Idul Adha, dan pada pagi hari ini kita sama-sama berkumpul untuk penyembelihan hewan kurban," kata Ida Fauziyah.

Menaker berharap, peringatan Idul Adha tahun ini dapat menjadi momen untuk bangkit bersama, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa pemerintah secara resmi mencabut status pandemi COVID-19 di Indonesia. Mulai 21 Juni 2023, Indonesia dinyatakan telah beralih dari masa pandemi menjadi endemi.

"Kita bersyukur juga pandemi COVID-19 sudah dicabut, dan pada Iduladha ini masyarakat bisa merayakan Iduladha tanpa masker, dan kita beraktivitas di kantor atau tempat kerja tanpa masker lagi," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menaker juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Iduladha sebagai momen peningkatan ketakwaan kepada Allah Swt., Tuhan YME.

"Mudah-mudahan ini fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan), bisa memberikan kelonggaran rezeki agar lebih banyak lagi di tahun depan," katanya.

Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi, mengatakan, ke-40 hewan kurban adalah hasil patungan seluruh pegawai di Unit Teknis Kemnaker, termasuk pegawai yang berada di UPT (Unit Pelaksana Teknis) di daerah-daerah.

"Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada seluruh karyawan yang telah mempercayakan penyembelihan hewan kurban dan juga pembagiannya," katanya.

Salah seorang penerima daging hewan kurban, Rohayati, mengucapkan terima kasih atas pembagian daging hewan kurban yang dibagikan oleh Kemnaker.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan yang telah memberikan kurbannya kepada warga setempat, terima kasih banyak, semoga diberikan limpahan rahmat Allah Swt. dan diberikan kemudahan rezeki dan barokah yang senantiasa berlimpah," kata Warga Pancoran, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Potret Benowo, Sapi Kurban Jokowi Mirip Banteng Berbobot 1 Ton

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban 3 ekor sapi di kampung halaman, Solo pada momen Hari Raya Iduladha 1444 H/2023. Salah satunya bernama Benowo.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban 3 ekor sapi di kampung halaman, Solo pada momen Hari Raya Iduladha 1444 H/2023. Salah satunya bernama Benowo.

Sebelumnnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban 3 ekor sapi di kampung halaman, Solo pada momen Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023. Ketiganya sapi kurban itu berukuran jumbo yang berbobot masing-masing lebih dari satu ton.

Tiga sapi tersebut berasal dari seorang peternak asal Ungaran, Kabupaten Semarang, Sutrisno. Ketiga sapi masing-masing untuk Masjid Agung Keraton Surakarta, Masjid Al-Wustho Mangkunegaran dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Salah satu sapi memiliki warna hitam legam, bernama Benowo berumur 5 tahun tersebut terlihat layaknya banteng. Sapi berbobot 1,1 ton tersebut disembelih di Masjid Al Wustho, Mangkunegaran, usai Salat Iduladha, Kamis (29/6).

"Sapi kurban dari Pak Presiden Jokowi di sini memang warnanya hitam. Ini kali ke-9 pak presiden kurban di Masjid Al Wustho Mangkunegaran," ujar Yusuf, Ketua panitia kurban.

Yusuf mengatakan, sapi kurban Jokowi berjenis brangus dengan beratnya mencapai 1,1 ton. Daging kurban tersebut nantinya akan didistribusikan ke pondok pesantren serta yayasan yang sudah mengajukan proposal. Menurutnya, ada beberapa yang sudah mengajukan jauh hari sebelumnya hari raya.

"Tidak ada pesan khusus, yang pasti kami dari panitia tetap menyalurkannya sesuai planing sebelumnya. Yaitu ke warga sekitar dan yayasan yang sudah mengajukan proposal," terangnya.

Sementara, sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Agung Keraton Surakarta dikirim pada Selasa, 27 Juni lalu. Sapi berjenis simental berumur 6 tahun itu 1,08 ton itu diberi nama Malon.

"Ini sapi kurban dari pak Presiden tahun ini. Pak Jokowi Jokowi mengirimkan satu ekor sapi jenis simental dengan bobot 1,08 ton. Insya Allah sapi kurban presiden akan disembelih pada hari Kamsi, 29 Juni 2023 sekitar pukul 07.30 WIB setelah salat Aduladha," kata Ketua Tata Usaha (TU) Masjid Agung Solo Muhammad Alif.

 

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka.com


Menyentuh, Ini Makna Idul Adha bagi Jokowi dan Sri Mulyani

Penampilan Keluarga Presiden Jokowi dari Istri, Anak, hingga Mantu
Presiden Jokowi saat perayaan Idul Adha. credit: @jokowi

Tepat hari ini, Kamis (29/6/2023), masyarakat muslim di Tanah Air merayakan Idul Adha 1444 H/2023 Masehi. Selain melaksanakan sholat Idul Adha, momen ini juga identik dengan penyembelihan kurban.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan berkurban di hari raya Idul Adha mengajarkan arti ketulusan dan keikhlasan sebagai wujud bertakwa kepada Tuhan.

"Pengorbanan mulia yang dilakukan Nabi Ibrahim a.s. telah mengajarkan kita arti ketulusan dan keikhlasan sesungguhnya, wujud ketakwaan yang amat besar kepada Allah SWT," dikutip dari instagram @smindrawati, Kamis (29/6/2023).

Sri Mulyani, berharap apapun yang dikurbankan pada momen Iduladha kali ini mendapatkan berkah dan rida-Nya, memberikan manfaat kepada saudara-saudara di tanah air, serta menjadi ladang pahala kelak.

"Dengan niat yang suci, tulus, dan ikhlas, kita beserah diri untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Sang Khalik," ujarnya.

Tak hanya Sri Mulyani, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi juga memaknai momen Idul Adha sebagai wujud rasa syukur, ikhlas, dan berkah kepada Sang Pencipta.

"Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT. Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya," tulis Jokowi di akun @jokowi.  

Infografis Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021
Infografis Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya