Daftar Pemain Termahal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia akan berjuang di Piala Asia 2023. Pelatih Shin Tae-Yong telah memutuskan untuk membawa 26 pemain Timnas Indonesia di kejuaran sepak bola tertinggi Asia tersebut.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 07 Jan 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2024, 12:00 WIB
Timnas Indonesia VS Libya
Timnas Indonesia akan berjuang di Piala Asia 2023. Pelatih Shin Tae-Yong telah memutuskan untuk membawa 26 pemain Timnas Indonesia di kejuaran sepak bola tertinggi Asia tersebut. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan berjuang di Piala Asia 2023. Pelatih Shin Tae Yong telah memutuskan untuk membawa 26 pemain Timnas Indonesia di kejuaran sepak bola tertinggi Asia tersebut.

Tearkhir, dalam pemusatan latihan di Turki, dua nama pemain dicoret dari Skuad Garuda Piala Asia 2023 yakni Arkhan Fikri dan Adam Alis.

Sejatinya Arkhan Fikri dan Adam Alis masuk daftar 28 pemain Timnas Indonesia yang diboyong Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan di Turki. Mereka dicoret pascalaga uji coba lawan Libya kemarin.

Baik Arkhan maupun Adam sempat tampil dalam uji coba yang berujung kekalahan Indonesia dengan skor 0-4 itu. Mereka dimainkan pada babak kedua diplot sebagai gelandang.

Adam Alis dan Arkhan Fikri dianggap tak cukup untuk bersaing dengan gelandang lainnya, macam Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, Ricky Kambuaya, Marck Klok, dan Ivar Jenner.

Keputusan Shin Tae-Yong mencoret dua pemain itu juga tak lepas dari kuota yang ditetapkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) hanya 26 pemain.

Pemain Termahal

Lantas, dari 26 pemain yang sudah terpilih, siapa yang paling mahal? berikut daftar pemain Timnas Indonesia termahal yang diboyong ke Qatar dalam mengikuti Piala Asia 2023 yang akan dimulai 12 Januari 2024, dikutip dari Transfermarkt.co.id:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  1.  Sandy Walsh - KV Mechelen- Rp 26 Miliar
  2. Jordi Amat - Johor Darul Ta'zim - Rp 13,9 Miliar
  3. Shayne pattynama - Tanpa Klub - Rp 11,3 Miliar
  4. Marc Klok - Persib Bandung - Rp 7,8 Miliar
  5. Rizky Ridho - Persija Jakarta - Rp 6,5 Miliar
  6. Asnawi mangkualam - Tanpa klub - Rp 5,6 Miliar
  7. Saddil Ramdani - Sabah FC - Rp 5,2 Miliar
  8. Ivar Jenner - FC Utrecht - Rp 5,2 Miliar
  9. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze - Rp 5,2 Miliar
  10. Ricky Kambuaya - Dewa United FC - Rp 4,7 Miliar

Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia vs Iran: Tes Terakhir Sebelum ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia kalah lagi dari Timnas Libya.
Timnas Indonesia kalah lagi dari Timnas Libya. (Bola.com/Dok.PSSI).

Timnas Indonesia akan menghadapi Iran pada laga uji coba terakhir jelang Piala Asia 2023. Duel ini akan digelar di Doha, Qatar.

Timnas Indonesia meraih hasil belum memuaskan di dua laga uji coba melawan Libya pada pemusatan latihan di Turki. Indonesia kalah 0-4 dan 1-2 dari Libya pada dua laga yang berlangsung di stadion Titanic Mardan, Antalya Turki ini.

Timnas Indonesia sempat mendaftarkan laga kedua ke FIFA. Laga Tier 1 atau tak masuk kalender FIFA ini membuat Indonesia kehilangan 2,07 poin karena kalah dari Libya.

Melawan Iran, Timnas Indonesia akan mencoba lagi taktik sebelum laga pertama melawan Irak pada laga pertama grup D Piala Asia 2023 pada 15 Januari 2023 nanti. Naun laga ini tidak didaftarkan ke FIFA sehingga berapapun skornya tak berpengaruh ke nilai di ranking FIFA.

Dilihat dari ranking dan kualitas, Iran jelas lebih unggul kualitas dibandingkan Timnas Indonesia. Untuk itu, Garuda diharapkan bisa memanfaatkan sebaik mungkin duel ini untuk melakukan persiapan jelang lawan Irak.

Dilihat dari rekor pertemuan, Timnas Indonesia sudah jumpa Iran sejak 1966 lalu. Indonesia saat itu kalah 0-1 pada perhelatan Asian Games 1966.

Sisanya, indonesia kalah lagi 3 kali dan imbang 1 kali. Hasil imbang terjadi pada saat Asian Games 1970 dengan skor 2-2. Jadwal uji coba Indoensia vs Iran selengkapnya bisa didapatkan di halaman berikutnya.


Utamakan Latihan Fisik

Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Timnas Libya.
Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Timnas Libya. (Bola.com/Dok.PSSI).

Usai pertandingan lawan Libya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong mengungkapkan penyebab dua kekalahan lawan Libya. Dia mengatakan, Garuda memang lebih fokus kepada latihan fisik ketimbang taktik jelang Piala Asia 2023 nanti.

Hal ini dinilai berpengaruh terhadap apa yang ditampilkan Timnas Indonesia di atas lapangan saat pertandingan. Namun, secara permainan, malam ini Skuad Garuda tampil lebih baik dengan beberapa kali berhasil memberikan ancaman ke pertahanan Libya, bahkan satu di antaranya berbuah menjadi gol.

"Memang selama di Turki kita sudah latihan fisik, tanpa bisa latihan taktik. Jadi satu hari sebelum pertandingan saja latihan taktik sebentar," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs PSSI.

Timnas Indonesia ogah keteteran saat menghadapi Piala Asia 2023 nanti. Indonesia segrup dengan Irak dan Jepang yang memiliki stamina bagus, belum lagi Vietnam yang kerap mengandalkan permainan cepat dan keras.


Jadwal Uji Coba

Piala AFF 2022, Semifinal Leg 1: Indonesia vs Vietnam
Para pemain Timnas Indonesia berbaris sebelum dimulainya laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selasa, 9 Januari 2024

Indonesia vs Iran

Waktu: Belum Ditentukan

Tempat: Doha, Qatar

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya