Harga Emas Dunia Anjlok 1,3 Persen, Siap-Siap Borong

Harga emas turun lebih dari 1% pada hari Selasa, tertekan oleh penguatan dolar dan imbal hasil Treasury AS yang lebih tinggi.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 17 Jan 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 07:30 WIB
Harga Emas Dunia Hari Ini: Foto: Freepik/Wirestock
Harga emas turun lebih dari 1% pada hari Selasa, tertekan oleh penguatan dolar dan imbal hasil Treasury AS yang lebih tinggi. : Foto: Wirestock

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun lebih dari 1% pada hari Selasa, tertekan oleh penguatan dolar dan imbal hasil Treasury AS yang lebih tinggi. Hal ini terjadi setelah pernyataan hawkish Gubernur Federal Reserve Christopher Waller mengenai penurunan suku bunga tahun ini. Namun pembelian safe-haven membatasi penurunan harga emas batangan.

Dikutip dari CNBC, Rabu (17/1/2024), harga emas dunia di pasar spot turun 1,3% menjadi USD 2,027.26 per ounce pada 14:36. ET (1936 GMT), setelah menguat pada tiga sesi sebelumnya.

Emas berjangka AS ditutup lebih rendah 1% pada USD 2030,2.

“Kenaikan kuat dalam indeks dolar AS menekan pasar emas serta kenaikan imbal hasil Treasury AS hari ini pada hari pertama setelah liburan tiga hari akhir pekan,” kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals.

“Namun, ada yang berpendapat bahwa kerugian emas tidaklah buruk dibandingkan dengan seberapa kuat dolar karena ketegangan di Timur Tengah yang membatasi harga,” tambahnya.

Dolar Naik ke Level Tertinggi Bulanan

Indeks dolar AS naik hampir 1% ke level tertinggi dalam lebih dari satu bulan, membuat emas batangan kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun juga naik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sentimen Bank Sentral AS

Harga Emas 'Lagi Bagus', Ini Saatnya Investasi dan Rebut Hadiah Samsung S23 Terbaru!
Ilustrasi emas. (Pexels/Michael Steinberg)

Waller mengatakan Amerika Serikat berada “dalam jarak yang sangat dekat” dari sasaran inflasi 2% yang ditetapkan The Fed, namun bank sentral tidak boleh terburu-buru menurunkan suku bunga acuannya sampai jelas bahwa inflasi yang lebih rendah akan dipertahankan.

Bank Sentral The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga kebijakannya tetap stabil pada akhir pertemuan 30-31 Januari. Pedagang melihat kemungkinan 67% penurunan suku bunga pada bulan Maret, menurut alat CME Fedwatch.

Di tempat lain, pejabat Bank Sentral Eropa juga menolak ekspektasi pasar akan penurunan suku bunga yang cepat pada tahun ini.


Prediksi Harga Emas Pekan Ini, Naik atau Turun?

Harga Emas Dunia Hari Ini: Foto: Freepik/Taniakitura
Harga Emas Dunia Hari Ini: Foto: Freepik/Taniakitura

Harga emas minggu lalu ditutup dengan menguji resistensi di level USD 2.050 per ounce. Meski demikian, menurut beberapa analis, harga emas masih memiliki ruang untuk bergerak lebih tinggi karena momentum bullish mulai meningkat.

Dikutip dari Kitco, Senin (15/1/2024) harga emas berjangka bulan Februari ditutup pada USD 2.047 per ounce pada pekan lalu, hampir tidak berubah dari penutupan Jumat sebelumnya. Meskipun logam kuning tidak mampu menutup minggu lalu dengan keuntungan, beberapa analis mencatat bahwa investor tidak perlu terlalu kecewa karena harga sudah jauh dari posisi terendah empat minggu yang terlihat pada awal minggu.

Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, mengatakan meskipun mungkin terlalu dini untuk melihat kenaikan, investor tidak boleh melawan momentum bullish.

“Dari perspektif RSI, harga emas sama sekali tidak akan naik tajam sehingga jika harga emas berhasil menembus USD 2.064, kita mungkin akan memperkirakan harga berikutnya adalah USD 2.088," lanjut dia.

Reli Harga Emas

Reli harga emas terjadi setelah pesawat tempur, kapal, dan kapal selam Amerika Serikat dan Inggris melancarkan puluhan serangan udara di Yaman sebagai pembalasan terhadap pasukan Houthi selama berbulan-bulan melakukan serangan terhadap kapal kargo di Laut Merah.

Ketegangan terus meningkat akibat perang yang masih berlangsung antara Israel dan Hamas di Gaza. “Sekarang Inggris dan AS melakukan all-in, para pedagang mencari keselamatan,” kata Kepala Investasi Zaye Capital Markets, Naeem Aslam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya