Harga Minyak Dunia Melejit ke USD 85,06 per Barel, Harga BBM Naik?

Harga minyak mentah global mengalami kenaikan. Hal ini akan menjadi dasar pemerintah dalam menentukan harga BBM di dalam negeri.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 18 Jul 2024, 08:29 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 08:29 WIB
Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak West Texas naik sekitar 2,4% pada hari Rabu akibat penurunan mingguan persediaan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan dan karena melemahnya dolar AS mengimbangi tanda-tanda pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat di China.

Dikutip dari CNBC, Kamis (18/7/2024), harga minyak Futures Brent naik USD 1,34, atau 1,6%, menjadi USD 85,06 per barel.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik USD 1,94, atau 2,4%, menjadi USD 82,70. Pada hari Selasa, Brent ditutup pada level terendah sejak 14 Juni dan WTI pada level terendah sejak 21 Juni.

Selisih harga Brent terhadap WTI menyempit menjadi sekitar USD 3,82 per barel, yang merupakan level terendah sejak Oktober.

Penyempitan selisih harga ini berarti perusahaan energi memiliki alasan yang lebih sedikit untuk mengeluarkan uang guna mengirim kapal ke AS untuk mengambil minyak mentah untuk diekspor.

Pelemahan Dolar AS

Di Amerika Serikat, Badan Informasi Energi (EIA) mengatakan perusahaan energi menarik 4,9 juta barel minyak mentah dari penyimpanan selama pekan yang berakhir pada 12 Juli.

Ini dibandingkan dengan penurunan 30.000 barel yang diperkirakan oleh analis dalam jajak pendapat Reuters dan penurunan 4,4 juta barel dalam laporan dari kelompok perdagangan American Petroleum Institute (API).

Dalam berita penyulingan AS, selisih harga diesel dan crack spread 3-2-1, yang mengukur margin keuntungan penyulingan, turun ke level terendah sejak Desember 2021 dan Januari 2024, masing-masing.

Dolar AS yang lebih lemah juga membantu mendukung harga minyak setelah turun ke level terendah 17 minggu terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya.

Dolar yang lebih lemah dapat meningkatkan permintaan minyak dengan membuat komoditas yang dihargakan dalam dolar seperti minyak menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sentimen Perang Timur Tengah

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Selain itu, peningkatan risiko geopolitik juga mendukung harga minyak, kata George Khoury, kepala pendidikan dan penelitian global di CFI, menambahkan bahwa ketegangan di Timur Tengah dan Eropa dapat terus memicu risiko.

Sebuah kapal tanker minyak berbendera Liberia sedang menilai kerusakan dan menyelidiki potensi tumpahan minyak setelah diserang oleh Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman di Laut Merah.

Sementara itu, China, importir minyak terbesar di dunia, melihat ekonominya tumbuh 4,7% pada kuartal kedua, data resmi menunjukkan awal pekan ini, pertumbuhan paling lambat sejak kuartal pertama 2023, membatasi kenaikan harga minyak mentah.

“Pengumuman apapun dari Pleno Ketiga di Beijing minggu ini kemungkinan akan membentuk sentimen pasar karena ukuran dan pentingnya pertumbuhan permintaan minyak China,” kata analis senior minyak Rystad Energy, Svetlana Tretyakova, mengacu pada pertemuan kepemimpinan ekonomi utama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya