Rute Jalan Tol IKN yang Bisa Dilalui saat HUT RI ke-79

PUPR mengumumkan bahwa infrastruktur penghubung di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah siap untuk menyambut upacara HUT ke-79 di IKN, salah satunya jalan tol.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 28 Jul 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 10:00 WIB
Memantau Progres Pembangunan Jalan Tol Menuju IKN
Jembatan sepanjang 512 meter yang mulai dibangun pada Januari 2024 lalu, posisinya berdampingan dengan jembatan lama dengan progres mencapai 83,4%. (Foto: AFP)

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rachman Arief, mengumumkan bahwa infrastruktur penghubung di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah siap untuk menyambut upacara HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

"Secara prinsip, dari sisi konektivitas kita sudah siap mendukung perayaan 17 Agustus nanti," ujar Rachman saat ditemui di Menara Pandang, Jalan Sumbu Barat, IKN, dikutip dari Antara, Minggu (28/7/2024).

Infrastruktur yang dimaksud meliputi jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan kawasan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Menurut Rachman, peserta upacara HUT RI dari arah Balikpapan akan melewati jalan tol IKN koridor 3A Tempadung Tol IKN sepanjang 13,4 kilometer.

"Sisi kanan koridor 3A sudah sepenuhnya siap digunakan untuk persiapan 17 Agustus nanti," katanya.

Setelah koridor 3A, peserta akan melintasi koridor 3B sepanjang 7,3 kilometer, yang saat ini sudah mencapai tahap penyelesaian operasional satu sisi jalur.

Hal serupa juga berlaku untuk koridor 5A sepanjang 6,7 kilometer, yang kini telah menyelesaikan pembangunan fisik di satu jalurnya.

"Kemudian, kita akan masuk jalan nasional menuju Jembatan Pulau Balang yang besok akan diresmikan oleh Presiden, dan sudah siap untuk diresmikan," tambahnya.

Lewati Bandara VVIP

Dari Pulau Balang, peserta akan melewati Bandara VVIP IKN di sisi kiri.

"Khusus untuk bandara, kami diminta menyiapkan apron yang harus selesai pada 4 Agustus 2024. Berdasarkan laporan tim lapangan, jika cuaca mendukung, runway diperkirakan selesai pada akhir Agustus," kata Rachman.

Rachman juga menyebutkan bahwa kawasan Sumbu Kebangsaan akan menjadi lokasi utama upacara HUT RI di Istana Kepresidenan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menko Muhadjir Pastikan Bandara dan Jalan Tol IKN Siap Digunakan

Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (Foto: Kementerian Perhubungan/Kemenhub)
Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (Foto: Kementerian Perhubungan/Kemenhub)  

Pemerintah memastikan bandara dan jalan tol sudah siap digunakan untuk menyambut upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Menurut dia, bandara dan jalan tol diperkirakan bisa difungsionalkan pada Juli 2024.

"Akomodasi Insyaallah sudah siap. Karena nanti bandara kepastiannya akhir Juli akan dipastikan fungsionalnya bandara. Jalan tol juga Insyaallah sudah aman. Tapi nunggu sampai akhir Juli," jelas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Dia menyampaikan pembangunan jalan tol dan Bandara IKN saat ini sudah mencapai 90 persen. Muhadjir membantah bahwa pembangunan Bandara VVIP IKN terburu-buru.

"Enggak buru-buru lah sudah disiapkan lama kok itu (bandara)," ujar dia.

 


Hotel di IKN

Pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), atau rumah PNS dan TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian PUPR)
Pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), atau rumah PNS dan TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian PUPR)

Terkait hotel untuk para tamu, Muhadjir menuturkan nantinya duta besar negara sahabat yang akan hadir upacara HUT ke-79 RI di IKN tidak akan menginap. Mereka akan langsung kembali ke Jakarta usai menghadiri upacara di IKN.

"Ada kemungkinan duta besar juga nanti di IKN dan tidak menginap jadi langsung upacara terus balik," tutur Muhadjir.

Sementara itu, pemerintah masih membahas apakah mantan presiden dan wakil presiden hadir upacara di IKN atau Istana Merdeka Jakarta. Sebab, pemerintah akan menggelar upacara HUT ke-79 RI di dua lokasi yakni, IKN dan halaman Istana Merdeka.

"Itu tadi masih diusulkan tadi Pak Presiden merekomendasikan pokok ya diberikan perhatian para tokoh-tokoh dapat perhatian, apakah di sini atau di IKN itu belakangan," pungkas Muhadjir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya