Jokowi Minta Pemda Tak Pelit Sebar Duit ke Warga 

Realisasi belanja APBD di pemerintah provinsi masih lebih baik dibanding kabupaten/kota, yakni 41 persen. Namun Jokowi menganggap angka itu masih terlalu kecil.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 13 Agu 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 17:30 WIB
Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam realisasi belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) oleh pemerintah daerah (pemda) yang masih terlampau minim. Yang berakibat peredaran uang hingga tingkat daya beli masyarakat di daerah tergolong rendah.

Pernyataan itu diberikan Jokowi saat memberikan kuliah kepada kepala daerah seluruh Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang disiarkan secara virtual, Selasa (13/8/2024).

Pada satu sisi, Jokowi mengapresiasi tingkat inflasi terakhir yang melandai di kisaran 2,13 persen. Namun begitu, ia melihat pemda di tingkat provinsi/kabupaten/kota masih pelit belanja.

"Tolong dijaga daya beli rakyat, dengan segera merealisasikan APBD-nya secepat-cepatnya. Karena sampai saat ini realisasi belanja di kabupaten/kota masih di angka 31 persen, kecil sekali. Uang beredar di kabupaten bapak/ibu semua sangat rendah," tegasnya.

 

"Kalau peredaran uang rendah artinya daya beli juga enggak kuat. Segera keluarkan, ini masih 31 persen realisasi belanja," pinta Jokowi.

 

Adapun realisasi belanja APBD di pemerintah provinsi masih lebih baik dibanding kabupaten/kota, yakni 41 persen. Namun Jokowi menganggap angka itu masih terlalu kecil.

"Tolong didorong uang yang ada di APBD segera beredar di masyarakat. Sehingga perputaran uang di kabupaten/kota dan provinsi semakin baik," kata Jokowi mengulangi.

Di sisi lain, realisasi pendapatan daerah sedikit lebih tinggi ketimbang pengeluaran, yakni di angka 38 persen untuk kabupaten/kota dan 49 persen untuk provinsi. Jokowi lantas mendorong seluruh pemda agar lebih masif merealisasikan APBD di sisa waktu 5 bulan ini.

"Hati-hati, yang seperti ini tolong diceknya juga harian. Perintahnya perintah harian, karena ini menyangkut daya beli rakyat kita. Semakin cepat keluar, semakin cepat realisasi, semakin baik," ujar Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Beri Arahan ke Kepala Daerah di IKN, Tito: Momen Bersejarah dan Luar Biasa

Jokowi.
Presiden Joko Widodo saat memberikan arahan kepada kepala daerah di IKN, Selasa (13/8/2024). (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian menilai, arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada 517 kepala daerah pada Selasa (13/8/2024) merupakan momen yang bersejarah dan luar biasa.

“Kita mendapat undangan dari Bapak Presiden untuk menerima arahan Beliau, sekaligus juga dapat menginjakkan kaki langsung di Ibu Kota Negara Nusantara,” ujarnya.

Di sisi lain, Tito mengungkapkan, para gubernur yang hadir secara langsung di IKN telah menginap di Hotel Nusantara. Sedangkan, para bupati dan wali kota menginap di Kota Balikpapan.

Sementara itu, pada pagi harinya, para bupati dan wali kota berangkat bersama-sama menuju IKN guna mengikuti kegiatan di Sumbu Kebangsaan.

"Rekan-rekan gubernur tiba dari malam dan langsung menginap di Hotel Nusantara, rekan-rekan bupati [dan] wali kota menginap di Balikpapan dan tadi pagi jam enam berangkat dari Balikpapan dan sudah kami siapkan kendaraannya," ungkap Tito. 


Momen Bersejarah

Tito Karnavian.
Mendagri, Tito Karnavian dalam kegiatan arahan Presiden Jokowi kepada kepala daerah di IKN, Selasa (13/8/2024). (Foto: Istimewa)

Tito mengucapkan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas kesempatan yang diberikan kepada kepala daerah untuk hadir di IKN dan merasakan langsung suasana dan momen bersejarah. 

Sebelum menerima arahan dari Presiden Jokowi, kepala daerah sempat meninjau langsung sejumlah infrastruktur di IKN bersama Mendagri dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Otorita IKN.

Infografis Presiden Terpilih Prabowo Komitmen Percepat Pembangunan IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Presiden Terpilih Prabowo Komitmen Percepat Pembangunan IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya