Gedung VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Siap Sambut Paus Fransiskus

Sebagai upaya untuk memastikan kelancaran operasional, Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengambil langkah-langkah agar kegiatan kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus ini tidak mengganggu laju operasional harian.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 02 Sep 2024, 16:15 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 16:15 WIB
Paus Franciskus Disambut Meriah Warga Uni Emirat Arab
Paus Fransiskus memegang kepala seorang anak saat tiba untuk mengadakan misa di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, UEA (5/2). Sebelumnya Paus menghadiri pertemuan lintas agama dengan ulama Islam, Kristen, dan Yahudi. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap menyambut kedatangan Paus Fransiskus yang akan tiba di Indonesia pada 3 September 2024 dalam rangka kunjungan kenegaraan.

SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi mengatakan, Gedung VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi lokasi penyambutan Paus Fransiskus.

Tempat itu telah ditingkatkan kualitas layanannya untuk memenuhi standar internasional. Selain itu, area parking stand yang khusus disiapkan untuk pesawat kenegaraan juga telah dipastikan keamanannya, dengan dukungan teknis dan infrastruktur terbaik.

"Paus Fransiskus akan diterima dengan pelayanan terbaik di Gedung VIP Terminal 3, yang telah dipersiapkan secara khusus untuk memastikan kenyamanan dan keamanan tamu kehormatan tersebut," ujar Holik, Senin (2/9/2024).

Holik menyampaikan, kesiapan tidak hanya terbatas pada fasilitas fisik, tapi juga mencakup personil keamanan yang bertugas. Sebanyak kurang lebih 270 personil keamanan telah ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kunjungan Paus Fransiskus.

Personil ini terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat.

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek keamanan, baik di darat maupun udara, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan," imbuh dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ganggu Operasional Harian

Paus Fransiskus
Paus Fransiskus melambaikan tangan saat memimpin Doa Angelus dari jendela studionya yang menghadap Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Minggu (1/3/2020). Pemimpin umat Katolik itu untuk pertama kalinya tampil di muka publik dalam empat hari terakhir setelah tak enak badan. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Ia memastikan bahwa seluruh fasilitas dan layanan di Bandara Soekarno-Hatta yang digunakan selama kunjungan ini berfungsi optimal. Dari persiapan jalur kedatangan, prosedur keamanan, hingga layanan VIP, semua telah melalui pemeriksaan dan uji coba yang ketat untuk memastikan kelancaran acara kenegaraan ini.

"Bandara Soekarno-Hatta siap sepenuhnya mendukung kelancaran kunjungan Paus Fransiskus. Seluruh tim telah bekerja keras untuk memastikan bahwa kunjungan ini berlangsung dengan lancar, aman, dan sesuai dengan standar tertinggi yang kami tetapkan. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik selama kunjungan ini," tegasnya.

Sebagai upaya untuk memastikan kelancaran operasional, Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengambil langkah-langkah agar kegiatan kunjungan kenegaraan ini tidak mengganggu laju operasional harian. Seluruh persiapan telah disesuaikan untuk menjaga keseimbangan antara penyambutan kenegaraan dan pelayanan terhadap penumpang umum.

"Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan bahwa tidak hanya keamanan yang terjaga, tetapi juga kenyamanan dan kelancaran operasional bandara tetap terjamin selama kunjungan ini. Bandara Soekarno-Hatta siap memberikan dukungan penuh agar seluruh rangkaian acara kunjungan Paus Fransiskus berjalan dengan sukses pada saat tiba dan selesainya nanti," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya