Tiga Kebijakan Agus Marto Setelah BI Rate Naik Lagi

BI akhirnya menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 bps, atau lebih tinggi dari kenaikan sebelumnya sebesar 25 bps. Apa alasan Agus Marto?

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 11 Jul 2013, 15:57 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2013, 15:57 WIB
agus-marto-isu-130416b.jpg
Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) akhirnya kembali memutuskan menaikkan tingkat suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 6,5%. Apa sebetulnya alasan bank sentral kembali menaikkan Bi rate?

Gubernur BI, Agus Martowardojo dalam keterangan pers di Kantornya, Kamis (11/7/2013) menjelaskan, kebijakan menaikkan suku bunga acuan tersebut dilakukan untuk memastikan inflasi yang meningkat pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dapat segera kembali ke dalam lintasan sasarannya.

Bersamaan dengan kebijakan tersebut, BI juga bakal memperkuat bauran kebijakan yang dilakukan melalui tiga langkah. Pertama, melanjutkan stabilisasi nilai tukar rupiah yang sesuai kondisi fundamentalnya dan menjaga kecukupan likuiditas di pasar valas.

Kedua, menyempurnakan ketentuan loan to value ratio sektor properti terkait Kredit Pemilikan Rumah (KPR)/Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) untuk tipe-tipe tertentu.

Ketiga, memperkuat langkah koordinasi dengan pemerintah yang berfokus meminimalkan tekanan inflasi serta memelihara stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Bank Indonesia meyakini bauran kebijakan tersebut cukup memadai untuk mengendalikan tekanan inflasi, menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan stabilitas sistem keuangan agar momentum pertumbuhan ekonomi dapat tetap terjaga dan bergerak kepada arah yang lebih sehat," kata Agus. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya