Cruyff Bandingkan Messi dan Ronaldo, Siapa Lebih Baik?

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo kembali akan bersaing pada FIFA Ballon d'Or 2015.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Des 2015, 16:15 WIB
Diterbitkan 03 Des 2015, 16:15 WIB
Perbedaan Reaksi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Hadapi Fans
Keduanya jadi bintang di lapangan hijau, namun Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo punya perbedaan ketika hadapi fans.

Liputan6.com, Jakarta Persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di ajang penghargaan FIFA Ballon d'Or 2015 turut memancing komentar legenda Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff. Seperti diketahui, Ronaldo, penyerang Real Madrid dan Messi (Barcelona), bersama Neymar (Barcelona) terpilih menjadi tiga finalis akhir pemenang Ballon d'Or.

Cruyff, yang pernah membawa Barcelona juara Liga Spanyol empat kali sebagai pelatih pun coba memetakan kelebihan serta kekurangan Ronaldo dan Messi. Ronaldo, kata Cruyff, sulit dimungkiri merupakan predator ulung di muka gawang. Namun, keunggulan Ronaldo terbatas hanya kepada mencetak gol.

Baca Juga

  • Pemain Kolombia Tekel Lawan yang Tak Terlihat, Hantu?
  • Martial 'Paksa' Anaknya Cintai MU
  • Batal Jadi Bintang Porno, Eks Madrid Gaet Model Seksi Lewat Bola


Di lapangan, kata Cruyff, 68 tahun, Ronaldo sosok yang individualistis. Perannya justru seperti mengurangi andil pemain lain, karena permainan Madrid seolah terpusat kepada pemain asal Portugal itu.


Messi di Mata Cruyff


Sementara Messi, kata Cruyff, lebih bisa memaksimalkan kemampuannya untuk membantu tim. "Messi adalah team player. Dia bermain untuk tim," ujar Cruyff, yang pernah membawa Belanda ke final Piala Dunia 1974 kepada France Football. "Soal ketajaman, dia juga tak kalah dengan Ronaldo.

Fakta membuktikan, sepanjang musim ini, Messi dan Ronaldo memang seperti berlomba-lomba menunjukkan ketajaman. Sejak 22 November 2014, saat dimulainya penilaian oleh FIFA, Ronaldo total telah mencetak 50 gol dan 15 assist dari 48 laga di semua ajang. Sementara Messi, dari 43 laga mencetak 45 gol dan 16 assist.


Namun, tentu saja pernyataan Cruyff ini bisa jadi sama sekali tidak akan berpengaruh terhadap hasil akhir yang akan diumumkan 11 Januari 2016. Sebab, pemenangnya akan ditentukan melalui voting yang dilakukan kapten dan pelatih tim nasional negara-negara anggota FIFA.

Sejauh ini, Messi telah memenangkan penghargaan ini empat kali, empat tahun berturut-turut, 2009-2012. Sementara Ronaldo tiga kali memenangkannya: 2008, 2013, dan 2014.

*Ditulis oleh Edu Krisnadefa, Redpel Bola.Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya