Kepedulian Lingkungan Jadi Tema Pembukaan Olimpiade 2016

Brasil memang tidak main-main mempersiapkan acara pembukaan ini.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 06 Agu 2016, 08:19 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2016, 08:19 WIB
Pembukaan Olimpiade 2016
Pembukaan Olimpiade 2016 (REUTERS/Pawel Kopczynski)

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016, Sabtu (6/8/2016) di Stadion Maracana berjalan spektakuler. Meski di luar stadion ada sedikit unjuk rasa, namun sama sekali tidak menganggu kemegahan acara.

Brasil memang tidak main-main mempersiapkan acara pembukaan ini. Pasalnya, ada tiga miliar penonton dari seluruh dunia yang menyaksikan langsung upacara yang digelar selama tiga jam tersebut.

Kepedulian pada lingkungan menjadi tema besar yang diusung dalam upacara pembukaan kali ini. Menariknya biaya yang dikeluarkan Brasil untuk pembukaan ini jauh lebih kecil ketimbang yang dikeluarkan Inggris empat tahun lalu.

"Athena sangat klasik, Beijing megah, dan London sangat pintar. Sementara untuk Brasil, upacara kali ini sangat mengasyikkan," kata Direktur Kreatif upacara pembukaan, Fernando Meireles seperti dilansir Daily Mail.

"Keadaan dunia sangat tegang karena pemanasan global, demikian juga di Brasil. Namun kami harus memberitahu dunia untuk berhenti menyerang Brasil, kami harus menyerukan tindakan," ujarnya menambahkan.

Fakta di balik upacara pembukaan ini juga begitu mencengangkan. Sedikitnya ada lima ribu relawan yang berpartisipasi, 300 produser artistik, 200 penari profesional, 500 musisi, dan 180 penata rias.

Selain itu ada 5.500 kostum, 50 ribu meter kain dan 12 sekolah samba yang digunakan untuk menyukseskan acara pembukaan kali ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya