MU Klub Liga Inggris Paling Banyak Diuntungkan VAR

Dalam catatan ESPN, VAR sudah membumbui pertandingan yang dilakoni MU di Liga Inggris sebanyak sembilan kali.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 03 Mar 2020, 14:25 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2020, 14:25 WIB
Everton vs MU
Momen gol Everton ke gawang MU dianulir VAR. (Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Manchester - ESPN memperlihatkan data mengenai klub Liga Inggris yang paling diuntungkan oleh video assistant referee (VAR. Manchester United (MU) berada di urutan teratas.

Dalam catatan ESPN, VAR sudah membumbui pertandingan yang dilakoni MU di Liga Inggris sebanyak sembilan kali. Setan Merah, sebutan MU, pun mendapat delapan keuntungan dari hasil VAR.

Terbaru ada dalam duel Everton ve MU di Goodison Park, akhir pekan lalu. Gol Everton yang dicetak Dominic Calvert-Lewin pada injury time dianulir oleh VAR. Alhasil, pertandingan tersebut berakhir imbang 1-1.

Wasit menganulir gol tersebut setelah melihat VAR. Gylfi Sigurdsson, yang sedang terjatuh di depan kiper Setan Merah, David De Gea, dinilai berada di posisi offside.

Gylfi Sigurdsson dianggap offside karena posisinya sedang terjatuh di depan gawang MU. Ketika bola melintas, dia langsung menggerakkan kakinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Paling Dirugikan

Manchester United Tekuk Chelsea di Stamford Bridge
Penyerang Chelsea, Michy Batshuayi berebut bola udara dengan bek Manchester United, Luke Shaw pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, London (18/2/2020). MU menang 2-0 atas Chelsea. (AFP Photo/Adrian Dennis)

Berbeda dengan MU, Chelsea menjadi klub yang paling dirugikan dengan adanya VAR. Tercatat, dari 10 drama VAR, tim asuhan Frank Lampard dirugikan hingga delapan kali.

Bahkan, dua di antara keputusan VAR yang merugikan Chelsea terjadi dalam duel melawan MU di Stamford Bridge Stadium pada ajang Liga Inggris, 18 Februari lalu.

Dalam laga itu, Chelsea mencetak dua gol lewat Kurt Zouma dan Olivier Giroud di babak kedua, namun keduanya dianulir oleh VAR.


Daftar Klub yang Diuntungkan VAR

MU: 8 kali

Brighton: 7 kali

Leicester City: 7 kali

Burnley: 6 kali

Southampton: 6 kali

Manchester City: 6 kali

Tottenham Hotspur: 6 kali

Crystal Palace: 5 kali

Liverpool: 4 kali

Bournemouth: 3 kali

Watford: 2 kali

Arsenal: 2 kali

Everton: 2 kali

Chelsea: 2 kali

Aston Villa: 1 kali

Newcastle United: 1 kali

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya