Mengenang Kiprah Mendiang Alex Asmasoebrata, Balap Mobil hingga Jajal Politik

Mantan pembalap nasional, Alex Asmasoebrata, meninggal dunia, Sabtu (2/1/2021) pagi WIB. Alex meninggal di usia 69 tahun setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 02 Jan 2021, 09:06 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2021, 08:29 WIB
Jelang PON 2016: Pordasi DKI Sebut Venue Berkuda Amburadul
Ketua Umum Pengprov Pordasi DKI, Alex Asmasoebrata, menyebut venue berkuda untuk PON 2016 tidak sesuai standar nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pembalap nasional, Alex Asmasoebrata, meninggal dunia, Sabtu (2/1/2021) pagi WIB. Alex meninggal di usia 69 tahun setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Nama Alex Asmasoebrata lekat dengan dunia balap, terutama mobil. Pria kelahiran 23 Juni 1951 ini pernah menjadi juara nasional dan seangkatan dengan para pembalap, seperti Aswin Bahar, Tinton Suprapto, dan Dolly Indra Nasution.

Alex pensiun dari dunia balap pada tahun 2000. Ia terakhir kali turun di kelas Expert Kejurnas Gokart dan Balap Turing.

Setelah pensiun, Alex masih sempat kembali mengaspal pada awal Februari lalu. Ia turun di ajang Kejurnas Gokart Eshark ROK Cup seri pertama di sirkuit Sentul.

Alex sendiri mengawali karier di dunia balap lewat ajang go kart. Ia pernah turun di sirkuit Ancol hingga Sentul dan merengkuh berbagai gelar juara.

 

 

Saksikan Video Alexandra Asmasoebrata di Bawah Ini


Hobi Tenis dan Berkuda

Pordasi DKI
Ketua Umum Pordasi DKI, Alex Asmasoebrata (kanan) saat memimpin rapat kerja (istimewa)

Selain balapan, Alex diketahui juga hobi menekuni olahraga lain, yakni tenis dan berkuda. Bahkan, ia pernah menjabat sebagai Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI).

Alex juga pernah mencicipi dunia politik dengan sempat bergabung ke PDI, PDI-Perjuangan, dan Partai Demokrat pada 2014.


Diturunkan ke Sang Anak

[Bintang] Alexandra Asmasoebrata
Anak pasangan Alex Asmasoebrata dan Sofia Muri Mardiana ini mengaku sering mencuci muka. Apalagi setelah seharian menjalankan latihan. (Foto: Nurwahyunan/Bintang.com)

Kecintaan Alex kepada dunia balap menurun kepada putrinya, Alexandra Asmasoebrata. Alexandra diketahui pernah berkiprah di ajang Formula Renault Asia.

Sama seperti ayahnya, Sandra--anggilan akrab Alexandra--mengukir berbagai prestasi baik di level nasional dan internasional.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya