Kemenpora Pastikan Timnas Futsal Indonesia Berangkat ke SEA Games 2022

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memutuskan futsal ikut ke dalam SEA Games 2022 di Vietnam. Hal itu disampaikan Chef de Mission (CdM) atau Ketua kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021 Ferry J. Kono.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 13 Apr 2022, 18:15 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2022, 18:13 WIB
Timnas Futsal Indonesia.
Timnas Futsal Indonesia. (PSSI).

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memutuskan futsal ikut ke dalam SEA Games 2022 di Vietnam. Hal itu disampaikan Chef de Mission (CdM) atau Ketua kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021 Ferry J. Kono.

"Kami sudah mendengarkan rekomendasi dari tim review, dalam hal ini Prof. Asmawi dimana dalam rekomendasinya cabang olahraga yang sudah ditetapkan baik DBON maupun non DBON akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu Futsal Putra, itu hasil review," kata Ferry dalam rilis resmi Kemenpora.

Sebelumnya, futsal tidak diberangkatkan ke SEA Games 2022 karena dianggap minim prestasi. Namun kiprah Andriansyah Runtuboy dkk. di AFF Futsal Championship 2022 mengubah hal itu.

Di ajang tersebut, timnas futsal Indonesia keluar sebagai runner up. Di final, timnas futsal Indonesia takluk dari Thailand.

Setelah dipastikan berangkat, Ferry mengatakan pihaknya akan sgerea mengurus akreditasi timnas futsal Indonesia. Hal itu dilakukan agar timnas futsal Indonesia bisa segera bertanding.

"Akreditasi akan kami lakukan karena memang khusus untuk sepakbola, dia menyiapkan sistem drawing di awal," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prestasi di AFF

Foto: Aksi Gemilang Muhammad Albagir di Final AFF Futsal 2022 Belum Mampu Ulangi Memori Juara 12 Tahun Lalu
Laga final sendiri akhirnya memang menjadi deja vu. Timnas Indonesia sempat memimpin dua gol lewat Evan Soumilena di menit ke-8 dan digandakan oleh Ardiansyah Runtuboy di menit ke-26. (AFF/FAT)

Diakui Kemenpora, prestasi di AFF menjadi salah satu alasan timnas futsal diberangkatkan ke SEA Games 2022. Demikian dikatakan Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Moch. Asmawi.

"Kemudian yang menjadi penguatan kami, ternyata kemarin waktu (AFF 2022) di Thailand tim putra menjadi runner up  dikalahkan Thailand. Ini yang menjadi lebih penguatan kami. katanya.


Timnas Futsal Putri Tak Jadi Berangkat

Terkait keberangkatan tim putri, Tim review sendiri memastikan hanya akan memberangkatkan tim futsal putra. Sementara itu, pihaknya telah memanggil Federasi Futsal Indonesia (FFI) terkait hal tersebut.

"Tim putri tidak usah berangkat, karena kami sudah sepakat. Kami merekomendasikan untuk tim putra, ini rekomendasi tim review," katanya.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya