Belgia Dipermalukan Belanda, Roberto Martinez: Itu yang Dibutuhkan Tim

Pada laga UEFA Nations League, Belanda mempermalukan Belgia di rumah sendiri dengan skor 4-1. Menurut pelatih Belgia, Roberto Martinez itu merupakan sesuatu yang dibutuhkan tim untuk persiapan menuju Piala Dunia.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jun 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2022, 21:00 WIB
Foto: 7 Juru Taktik Jempolan yang Bisa Gantikan Ronald Koeman di Barcelona
Pelatih Belgia Roberto Martinez menilai kekalahan dari Belanda 1-4 dalam UEFA Nations League, Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB, dibutuhkan timnyas.(AFP/Stuart Franklin)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Belgia Roberto Martinez mengatakan kekalahan 1-4 dari Belanda di UEFA Nations League, Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB, adalah hal yang 'dibutuhkan' timnya. Ini untuk mempersiapkan diri ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ini merupakan kekalahan kandang perdana Belgia sejak Martinez menjalani pertandingan pertama pada September 2016 melawan Sapanyol. Timnas Belgia telah menghabiskan tiga tahun di puncak peringkat FIFA sampai saat ini, ketika mereka tergelincir di bawah Brasil ke urutan kedua. 

"Inilah yang kami butuhkan untuk mempersiapkan Piala Dunia. Ini hasil yang sulit tetapi jelas apa yang perlu kami kerjakan," kata Roberto Martinez dikutip dari Reuters.com.

"Piala dunia tidak dimulai hingga November tetapi dengan tim nasional kami hanya memiliki waktu 17 hari untuk bersiap-siap.” 

"Jelas apa yang perlu kami kerjakan, kami memulai dengan baik dan menemukan ruang. Setelah itu menjadi sulit secara fisik bagi para pemain."

Sebagai informasi, Belgia memiliki tiga pertandingan Nations League lagi selama dua minggu berikutnya dan dua pada September sebelum mereka bertemu Kanada, Maroko, serta Kroasia di grup F Piala Dunia. 

"Kami harus menggunakan Nations League untuk mempersiapkan Piala Dunia. Kami harus terus membangun tim menuju Piala Dunia," ucap Martinez.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cedera Lukaku

Belgia vs Belanda
Pemain depan timnas Belgia Romelu Lukaku (tengah) berebut bola dengan bek Belanda Nathan Ake (atas) pada matchday pertama Grup D Liga A UEFA Nations League 2022/2023 di Stadion Raja Baudouin, Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB. Belanda sukses menghajar Belgia dengan skor telak 4-1. (Kenzo TRIBOUILLARD / AFP)

Pada kesempatan yang sama, Martinez juga menyayangkan cedera yang dialami Romelu Lukaku. "Kepergian Lukaku adalah pukulan bagi tim. Sejak saat itu menjadi pertandingan yang lebih sulit,” katanya. 

Bukan hanya pelatih yang merasa kehilangan, bek veteran, Jan Vertonghen juga mengatakan keluarnya Lukaku membuat Belgia kehilangan langkah mereka. 

"Kekalahan yang sangat menyakitkan. Kami kekurangan momentum setelah cedera Romelu. Belanda memiliki musim yang sama sulitnya dengan yang kami miliki, jadi itu seharusnya tidak menjadi alasan,” katanya. 

"Bagian fisik bukanlah kekurangan malam ini. Secara khusus, kami mengalami kesulitan mengendalikan striker mereka."

"Kekalahan ini menempatkan kaki kita di tanah. Jelas bahwa kita harus terus bekerja keras," ujar Martinez lagi. 

 

 


Belgia vs Belanda

Berlaga di Stadion King Baudoun, Belanda berhasil mempermalukan Belgia dengan skor telak 4-1. Belanda berhasil mencetak 4 gol melalui Steven Bergwijn (40’), Memphis Depay (51’, 65’), dan Denzel Dumfries (61’). 

Sementara itu, Belgia hanya mampu membalas denan satu gol dari penyerang, Michy Batshuayi pada masa injury time (90+3’). 

Penulis: Jesslyn Koesman

Infografis transfer Liverpool - November 2021
Infografis transfer Liverpool. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya