Jadwal Timnas Indonesia Vs Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023: Bukan Laga Mudah

Pada kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia bergabung di grup A bersama Kuwait, Nepal, dan Yordania. Di laga perdana, Indonesia akan berhadapan dengan timnas Kuwait.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 07 Jun 2022, 11:30 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2022, 11:30 WIB
Laga Uji Coba FIFA Matchday: Timnas Indonesia vs Bangladesh
Pemain Timnas Indonesia, Dimas Drajad (kiri) berusaha mengontrol bola saat melawan Bangladesh pada laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya di babak kualifikasi Piala Asia 2023. Bergabung di grup A, pasuka Shin Tae-yong sudah dinanti lawan berat, yakni timnas Kuwait, Nepal, dan Yordania.

Di laga perdana, Timnas Indonesia langsung berhadapan dengan Kuwait. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di markas lawan, yakni Stadion  Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait.

Ini tentu bukan laga yang mudah bagi Tim Merah Putih. Terlebih, Stefano Lilipaly dan kawan-kawan hanya sempat menjajal sekali uji coba, yakni melawan Bangladesh sebelum bertolak ke Kuwait. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung tersebut, Timnas Indonesia meraih hasil 0-0. 

Selain minimnya waktu persiapan, Timnas Indonesia juga dihadapkan pada kondisi cuaca di Kuwait yang terbilang panas. Suhu di Negeri Kaya Minyak itu diperkirakan bisa mencapai 40 derajat celcius di pagi hari. Situasi ini tentu saja memberi tantangan tersendiri bagi para pemain untuk beradapatasi.

Pelatih Sin Tae-yong sebenarnya paham tantangan yang akan mereka hadapi. Namun pria asal Korea Selatan itu tetap optimistis mampu memberikan perlawanan di babak kualifikasi Piala Asia 2023.

"Bola itu bundar, pastinya kita akan bekerja maksimal melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal," ucap Shin Tae-yong usai memimpin pasukannya melawan Bangladesh, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Apalagi kita memang di pot 3, ada pot 1, 2, yang lebih bagus dari kita. Begitu tiba di Kuwait, akan mempersiapkan tim dengan benar-benar matang," sambung Shin Tae-yong menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan Pelatih Bangladesh

Laga Uji Coba FIFA Matchday: Timnas Indonesia vs Bangladesh
Pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani (kiri) berusaha melewati pemain Bangladesh, Rakib Hossain pada laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Sementara itu, Pelatih Bangladesh Javier Cabrera memprediksi Indonesia bakal lolos ke Piala Asia 2023. Juru taktik asal Spanyol itu melihat secara kualitas Indonesia merupakan tim yang kuat.

"Secara kualitas, Indonesia adalah tim kuat. Saya kira mereka mempunyai peluang melaju ke Piala Asia 2023,” ujar Javier .

Menurut pria berkepala plontos itu, skuad Garuda tangguh lantaran memiliki sederet pemain muda berbakat. Dalam pandangan Javier, pemain Indonesia punya kecepatan yang menyulitkan lawan mereka di lapangan.

 


Jadwal Timnas Indonesia

Foto: Gagal Bongkar Pertahanan Bangladesh, Timnas Indonesia Diimbangi Tanpa Gol dalam Laga Uji Coba FIFA Matchday
Starting line-up Timnas Indonesia berfoto sebelum dimulainya laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Sadar akan kekuatan tim lawan, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta semua pemain untuk berjuang lebih keras lagi. Sebab, timnas Indonesia memang dibebani target lolos ke Piala Asia.

"Dengan kerja keras dan doa seluruh rakyat Indonesia, saya optimistis kita bisa lolos ke putaran final Piala Asia," ujar Iriawan.

Berikut ini adalah jadwal pertandingannya:

Rabu (8/6/2022)

23.15 WIB – Timnas Kuwait Vs Indonesia: Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait

 


Daftar Pemain Timnas Indonesia

1. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

2. Muhammad Rafli, Arema FC

3. Rizky Ridho, Persebaya

4. Irfan Jaya, Bali United

5. Nadeo Argawinata, Bali United

6. Stefano Lilipaly, Borneo FC

7. Terens Puhiri, Borneo FC

8. Witan Sulaeman, FK Senica

9. Elkan Baggott, Ipswich Town

10. Fachruddin Aryanto, Madura United

11. Koko Ari, Persebaya

12. Marselino Ferdinan, Persebaya

13. Marc Klok, Persib

14. Rachmat Irianto, Persib

15. Ricky Kambuaya, Persib

16. Syahrian Abimanyu, Persija

17. Muhammad Adisatryo, Persik

18. Moh Edo Febriansah, Rans Cilegon FC

19. Dimas Drajad, Persikabo

20. Syahrul Trisna, Persikabo

21. Alfeandra Dewangga, PSIS

22. Saddil Ramdani, Sabah FC

23. Pratama Arhan, Tokyo Verdy

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya