Bintang Persib: Kami akan Tampil Habis-habisan di Laga Pertama BRI Liga 1

Gelandang Persib Bandung Marc Klok menyambut baik bergulirnya BRI Liga 1 2022/2023. Untuk pertama kalinya setelah dua tahun, kompetisi bergulir secara normal, termasuk kehadiran suporter dan format kandang dan tandang.

oleh Jefry Hutabarat diperbarui 24 Jul 2022, 16:30 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2022, 16:30 WIB
Foto: Ekspresi Drama Adu Penalti di Perempat Final Piala Presiden 2022, Persib Bandung Dikalahkan PSS Sleman
Dari empat pemain Persib Bandung yang melakukan eksekusi penalti hanya Marc Klok dan Rachmat Irianto yang berhasil menjebol gawang PSS Sleman. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung Marc Klok menyambut baik bergulirnya BRI Liga 1 2022/2023. Untuk pertama kalinya setelah dua tahun, kompetisi bergulir secara normal, termasuk kehadiran suporter dan format kandang dan tandang.

Mengawali BRI Liga 1 2022/2023, Maung Bandung akan menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (24/7/2022).

Menghadapi Bhayangkara FC pada laga pertama, Klok siap berjuang untuk membantu Persib meraih kemenangan. Ia percaya dengan kualitas tim untuk melewati laga tandang ini, meski sejumlah pemain utama masih absen karena cedera. 

Untuk melakoni laga nanti, Persib memboyong 21 pemain, sedangkan sisanya berlatih di Bandung. Beberapa pemain yang tinggal di Kota Kembang adalah mereka yang menjalani pemulihan dari cedera, seperti Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Ciro Alves, dan Ezra Walian.

"Kami senang punya skuad yang lebih baik musim ini. Memang ada pemain cedera. Tapi dengan pemain yang ada saat ini kami semua mau tampil habis-habisan karena mau menang di pertandingan pertama besok," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Persib Robert Rene Alberts mengaku antusias menyongsong Liga 1 2022/2023. Tahun lalu, kompetisi bergulir di tengah pandemi Covid-19 dengan sistem gelembung yaitu seluruh pertandingan digelar di satu wilayah tertentu.

"Sudah banyak tim yang berkembang musim ini. Kami melakukan hal yang sama. Kami sangat senang dan antusias menjalani pertandingan besok dan melihat bagaimana kombinasi bisa terbangun, meski beberapa pemain kami masih absen karena cedera," kata Robert.

 


Pesan Tersembunyi Pelatih Persib

Robert Rene Alberts
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Robert Alberts berharap semua pemain yang diberikan kepercayaan bisa tampil maksimal. Pesan itu juga yang disampaikan kepada pemain muda Persib musim ini.

Apalagi Pangeran Biru saat ini belum selesai melewati badai cedera. Sejumlah pemain pilar dipastikan absen pada pertandingan perdana Persib di Liga 1 2022/2023 kontra Bhayangkara FC.

Pelatih asal Belanda tersebut menilai situasi tersebut tidak menyenangkan. Namun, ada sisi positif yang bisa didapatkan yaitu kesempatan besar bagi pemain lain untuk tampil dan membantu meraih kemenangan.

"Tentunya sebagai pelatih, tidak ingin ada banyak pemain yang absen. Tapi di waktu yang bersamaan, ini merupakan kesempatan untuk memberi tempat bagi pemain lain untuk bersinar," kata Robert.

Ia pun cukup percaya anak asuhnya dapat melakukan tugas dengan baik. Beberapa pemain dipercaya akan mampu memainkan peran yang ditinggalkan pemain lain karena cedera. Robert menilai, Persib musim ini memiliki kedalaman skuad.

“Tapi tentu saja ada dampak besar ketika dua pemain kunci di posisi yang sama harus cedera secara bersamaan. Tapi jika hanya satu pemain dan pemain lainnya tidak ada masalah, maka kami bisa mengatasinya,” ucapnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Delapan Pemain Menunggu Debut

Foto: Ekspresi Drama Adu Penalti di Perempat Final Piala Presiden 2022, Persib Bandung Dikalahkan PSS Sleman
Persib Bandung harus menelan pil pahit usai tersingkir oleh PSS Sleman di perempat final Piala Predien 2022 lewat babak adu penalti. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persib membawa 21 pemainnya untuk menghadapi Bhayangkara FC. Pada laga tersebut, sejumlah pemain berpeluang untuk menjalani debut bersama Maung Bandung di kompetisi tertinggi Indonesia tersebut.

Setidaknya ada delapan pemain yang berpeluang tampil untuk menjalani debut bersama Pangeran Biru. Mereka adalah Fitrul Dwi Rustapa, Reki Rahayu, Rachmat Irianto, Daisuke Sato, David Rumakiek, Robi Darwis, Arsan Makarin, dan Ridwan Anshori.

Kedelapan pemain tersebut merupakan rekrutan baru Persib musim ini. Beberapa di antara mereka sempat merasakan tampil di turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Peluang kedelapan pemain tersebut menjalani debut cukup terbuka. Pertandingan malam nanti, Persib tidak diperkuat sejumlah pemain. Pelatih Robert Alberts pun mencoba komposisi dengan pemain yang ada untuk menghadapi Bhayangkara FC.


Waspada Bola Mati

Bhayangkara FC Vs Persib
Pemain Bhayangkara FC, Adam Alis Setyano (kanan) berebut bola dengan pemain PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo saat laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 antara Bhayangkara FC melawan PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (26/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Robert Alberts menyebut Bhayangkara FC sebagai salah satu pesaing dalam perebutan gelar juara Liga 1. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, 21 Juni 2022 lalu.

"Kami menaruh hormat kepada para pelatih Bhayangkara FC yang sudah menambah sejumlah pemain baru ke dalam tim. Jadi, kami tahu kekuatan dan kualitas yang mereka miliki. Ini adalah tim yang siap berjuang untuk berada di papan atas klasemen liga," kata Robert dalam sesi temu wartawan jelang pertandingan, Sabtu 23 Juli 2022. 

Robert juga mengakui, Bhayangkara FC adalah tim yang memiliki kemampuan memanfaatkan situasi bola mati untuk bisa mencetak gol. Karenanya, pelatih berusia 67 tahun itu pun telah membekali para pemainnya untuk mengantisipasi situasi tersebut.

"Kami juga tahu, Bhayangkara FC punya kemampuan di dalam mengambil set piece, itu akan kami waspadai. Menjadi tugas kami agar bisa tampil kuat, lalu mencoba memanfaatkan kelemahan mereka. Pemain kami yang akan turun di pertandingan besok, sudah tahu soal itu," papar pelatih asal Belanda tersebut.


Datang untuk Menang

Piala Presiden 2018: Persib Bandung Vs Sriwijaya FC
Suporter Persib Bandung, Bobotoh, memberi dukungan saat melawan Sriwijaya FC pada laga Grup A Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persib bertekad meraih kemenangan pada laga pertamanya di Liga 1 2022/2023. "Sudah banyak tim yang berkembang musim ini. Kami melakukan hal yang sama. Kami sangat senang dan antusias menjalani pertandingan besok dan melihat bagaimana kombinasi bisa terbangun, meski beberapa pemain kami masih absen karena cedera," kata Robert.

Menghadapi Bhayangkara FC pada laga pertama, Persib harus kehilangan Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Ezra Walian, dan Ciro Alves akibat cedera. Namun, Robert memastikan, timnya sudah menjalani persiapan matang untuk melakoni laga esok. 

Pangeran Biru memiliki waktu 11 pekan masa persiapan menghadapi musim ini. Dengan waktu sepanjang itu, Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan telah berusaha meningkatkan kualitas permainannya agar lebih baik ketimbang musim lalu yang hanya berlangsung selama tiga pekan.

"Mereka yang datang ke lapangan besok sudah tahu betul apa yang sedang diperjuangkan. Semuanya menginginkan raihan tiga poin. Setelah menjalani persiapan dengan baik, kami datang ke sini untuk tampil secara maksimal demi bisa meraih tiga poin musim ini," ungkap pelatih asal Belanda tersebut. 

Infografis - BRI Liga 1 Dalam Angka
Infografis - BRI Liga 1 Dalam Angka (Bola.com/Adreanus Titus)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya