Sebelum Bertemu Timnas Indonesia, Timnas Curacao Sudah Dibuat Terkejut oleh Sambutan Publik Tanah Air

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Curacao dalam dua laga FIFA Matchday.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 23 Sep 2022, 22:43 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2022, 11:15 WIB
Timnas Curacao
Timnas Curacao mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Rabu (21/9/2022) malam WIB. (Twitter/@@Curacaofootbal1)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Curacao sudah tiba di Indonesia. Pasukan Remko Bicentini mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu malam (21/9/2022). Selanjutnya, timnas Curacao bakal mempersiapkan diri untuk menghadapi timnas Indonesia pada dua matchday FIFA, pada 24 dan 27 September 2022.

Sebanyak 23 pemain diboyong Bicentini untuk menghadapi Timnas Indonesia. Sejumlah perubahan dilakukan jelang keberangkatan menyusul kondisi beberapa pemain yang mengalami cedera. 

Salah satu nama yang batal diboyong adalah, winger berpengalaman Vunon Anita. Pemain yang pernah memperkuat Ajax Amsterdam dan Newcastle United tersebut tidak jadi dibawa ke Indonesia karena mengalami gangguan pada bagian panggul. Posisinya kemudian digantikan oleh Aryton Statie.  

Kehadiran Timnas Curacao telah diumumkan melalui akun Twitter Federasi Sepak bola Curacao. 

"The National Team telah tiba di Jakarta, Indonesia dua jam lalu," tulisakun @Curacaofootball1 sembari mengunggah foto para pemain Timnas Curacao saat masih berada di Bandara Soekarno Hatta. 

Akun tersebut juga menyampaikan kalau para pemain timnas Curacao kaget dengan sambutan yang diberikan publik Tanah Air. "Mereka (para pemain) dikejutkan oleh sambutan orang-orang di bandara yang menunggu dan meminta foto bersama dengan mereka. Ini merupakan sambutan paling manis dan terbaik yang pernah mereka terima selama ini," akun Twitter Timnas Curacao menambahkan.

Kehadiran para pemain Curacao juga disambut oleh perwakilan PSSI. Pelatih Bicentini dan kapten timnas Curacao, Cuco Martina mendapat kalungan bunga sebagai ucapan selama datang. 

 


Beda Peringkat

Foto: Terpaut Jauh di Ranking FIFA, Pasukan Shin Tae-yong Siap Bawa Timnas Indonesia Bungkam Curacao di GBLA
Timnas Garuda akan menghadapi Curacao dua kali. Laga pertama akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (24/9/2022). Kemudian partai kedua akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022). (Dokumentasi PSSI)

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Curacao bakal berlangsung di dua tempat. Pada laga pertama, kedua tim akan bentrok di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, 24 September 2022. Sementara laga kedua bakal digelar di Stadion Pakansari, Bogor, tiga hari kemudian. 

Kedua laga ini juga akan disiarkan langsung oleh Indosiar dan live streaming di Vidio. 

Curacao boleh saja terdengar asing di telinga publik sepak bola Tanah Air. Namun tim dari Karibia ini bukanlah tim sembarangan. Peringkat Curacao masih jauh di atas Indonesia. Tim yang pernah ditukangi Guus Hiddink itu berada di urutan 84 rangking FIFA. Sedangkan Indonesia di posisi 155.

Untuk menghadapi Curacao tersebut, Timnas Indonesia telah berlatih sejak Senin (19/9/2022). Pelatih Tim Merah Putih, Shin Tae-yong telah memanggil 23 nama untuk menghadapi Curacao. 

Pemain-pemain yang dipanggil di antaranya bermain di luar negeri seperti Elkan Baggott, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Egy Maulana Vikri. Selain itu, juga pemain yang sudah bermain di tim lokal Indonesia dan berlatih bersama kawan-kawan yang lainnya.

 


Daftar Pemain Timnas Indonesia

Foto: Melihat Aksi Kapten Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia Indonesia Singkirkan Singapura di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020
Keceriaan Asnawi Mangkualam bersama Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman usai memastikan lolos ke final. Ya, final keenam di Piala AFF seperti yang diisyaratkan lewat jari-jarinya, yang semoga berbuah gelar juara untuk yang pertama kali. (AP/Suhaimi Abdullah)

1. Muhammad Riyandi (Persis Solo)

2. Nadeo Arga Winata (Bali United)

3. Syahrul Trisna Fadillah (Persikabo)

4. Muhammad Ferrari (Persija)

5. Asnawi Mangkualam (Ansan)

6. Elkan Baggott (Gillingham)

7. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

8. Fachrudin Aryanto (Madura United)

9. Rizky Ridho (Persebaya)

10. Koko Ari (Persebaya)

11. Rachmat Irianto (Persib)

12. Marselino Ferdinan (Persebaya)

13. Ricky Kambuaya (Persib)

14. Marc Klok (Persib)

15. Syahrian Abimanyu (Persija)

16. Dendy Sulistyawan (Bhayangkara)

17. Egy Maulana Vikri (ViOn Zlate)

18. Yakob Sayuri (PSM)

19. Witan Sulaeman (AS Trencin)

20. Saddil Ramdani (Sabah FC)

21. Muhammad Ramadhan Sanantha (PSM)


Daftar Pemain Timnas Curacao

Team Aryton Statie, Juninho Bacuna, Leaonardo Baduna, Trick Bodak, Roly Bonevacia, Shanon Carmelia, Kevin Felida, Kenji Gorre, Quilindschy Hartman, Shermaine Martina, Rangelo Janga, Gino Van Kessel, Darryl Lachman, Michael Maria, Ehu-Endly Martina, Rowendy Sumter, Bryan Anastatia, Jean-Marc Antersijn, Jarchinio Antonia, Jeremy Antonisse, Gevaro Nepomuceno, Nathangelo Markelo, dan Justin Ogenia

Pelatih: Remko Bicentini

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia
Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya