Berpeluang Amankan Gelar WSBK, Alvaro Bautista Enggan Terbeban di Sirkuit Mandalika

WSBK Indonesia bakal berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 11-13 November 2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 27 Okt 2022, 17:06 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2022, 17:06 WIB
Alvaro Bautista
Pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista (nomor 19), berhasil merebut kemenangan dalam balapan kedua (Race 2) WorldSBK Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (9/10/2022). (Vincent Jannink/ANP/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista tinggal selangkah lagi menjadi juara dunia WSBK 2022. Dan bukan tidak mungkin, Bautista mengunci gelar itu di Sirkuit Mandalika, awal November ini. 

Seperti diketahui, Bautista semakin melesat di papan klasemen berkat hasil gemilang di WSBK Argentina, pekan lalu. Dalam seri ini, Bautista sukes meraih dua kemenangan dan satu peringkat 2. 

Pada balapan yang berlangsung di Circuito San Juan Villicum, Bautista berhasil finis pertama pada race 1. Di belakangnya menyusul pembalap Kawasaki, Jonathan Rea diikuti Alex Bassani di tempat ketiga. 

Pada seri Superpole, Bautista harus puas di urutan kedua. Sesi balapan 10 lap ini berhasil dimenangkan oleh pembalap Yamaha sekaligus juara WSBK musim lalu, Toprak Razgatlioglu.  

Bautista kembali finis di urutan pertama pada race kedua. Sementara pertingkat kedua ditempati oleh Toprak Razgatlioglu disusul Jonathan Rea di urutan ketiga.

Hasil balapan di Argentina membuat Bautista memimpin dengan 507 poin. Dia unggul 82 poin dari Razgatlioglu yang menguntit di posisi kedua. Sementara tempat ketiga dihuni Rea dengan 409 poin.    

WSBK 2022 sebenarnya masih menyisakan dua seri lagi. Namun dengan perolehan poin saat ini, Bautista bukan tidak mungkin bakal mengunci gelar pada WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika, 11-13 November 2022. Pada seri ini, pembalap asal Spanyol itu hanya perlu unggul 17 poin dari Razgatlioglu dan 1 poin dari Rea pada race pertama untuk memastikan gelar juara WSBK pertamanya. 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Malam Sempurna di Argentina

Alvaro Bautista
Pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista, berhasil merebut kemenangan dalam balapan kedua (Race 2) WorldSBK Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (9/10/2022). (Vincent Jannink/ANP/AFP)

Manajer tim, Aruba.it Racing, Serafino Foti, menyambut gembira penampilan gemilang Bautista di WSBK Argentina. Menurutnya, penampilan Bautista dan tim sangat sempurna pada balapan itu. 

"Saya ingin berterima kasih kepada mereka karena ketika Anda meninggalkan Eropa, Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda temukan," kata Foti seperti dilansir dari situs resmi WSBK. 

"Semua orang sangat fokus; mereka melakukan pekerjaan yang hebat. Sekarang kami akan menikmati dua kemenangan ini, kami akan kembali ke Italia dan kemudian kami akan mempersiapkan diri untuk dua putaran terakhir. Kami sangat optimis, tapi kami tidak akan kehilangan konsentrasi," bebernya. 

 


Enggan Terbebani Gelar Juara Dunia

Mengenai persiapan menghadapi WSBK Indonesia, Foti menyebut tetap melakukan pendekatan seperti seri-seri sebelumnya. Pihaknya, termasuk Bautista sama sekali tidak fokus pada target lain. 

"Bahkan akhir pekan ini, Alvaro hanya memikirkan balapan demi balapan tanpa memikirkan Kejuaraan. Dia telah melakukan pendekatan ini sejak awal tahun. Dia adalah pebalap yang sangat baik dan beberapa orang lupa bahwa dia memenangkan gelar dunia di 125cc," kata Foti menambahkan. 

"Dia bertarung dengan Marco Simoncelli di 250cc dan di MotoGP, di masa Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Casey Stoner, dia lima pembalap teratas," beber Foti.

"Dia adalah pebalap super. Kami tidak ingin memikirkan gelar, sekarang kami hanya berpikir untuk pergi ke Mandalika untuk melakukan yang terbaik. Tentu jika kami berhasil, kami akan sangat senang. Kami akan membicarakannya di Mandalika atau Phillip Island,” Foti menambahkan.

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya