Harry Kane: Saya Bertanggung Jawab Atas Kegagalan Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar

Kapten Inggris Harry Kane menyatakan dirinya yang bertanggung jawab atas kegagalan The Three Lions melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar, karena gagal mengeksekusi penalti kedua.

oleh Budiman diperbarui 11 Des 2022, 23:00 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 23:00 WIB
Kesedihan Harry Kane Usai Gagal Eksekusi Penalti
Reaksi penyerang Inggris Harry Kane setelah atas Prancis pada laga perempat final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Kandasnya The Three Lions di turnamen akbar empat tahunan tersebut juga diwarnai kegagalan penalti Harry Kane. (AP Photo/Abbie Parr)

Liputan6.com, Jakarta - Kapten Inggris Harry Kane menegaskan bahwa dirinya yang bertanggung jawab atas kegagalan The Three Lions di Piala Dunia 2022 Qatar. Harry Kane gagal mengeksekusi penalti pada menit ke-84 untuk menyamakan kedudukan sehingga Inggris dikalahkan Prancis 1-2 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (11/12/2022).

Bola tendangan kaki kanan Kane melambung tinggi di atas mistar gawang Prancis yang dikawal Kapten Hugo Lloris. Setelah peluit panjang, Kane tampak begitu menyesal karena Inggris gagal melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Kane yang bersedih tampak dihibur oleh rekan satu tim dan pelatih Inggris Gareth Southgate, sesuai laga melawan Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. “Sebagai kapten dan orang yang gagal mengeksekusi penalti, saya bertanggung jawab untuk itu,” kata Kane dikutip dari laman Metro.

Kane mengaku sudah melupakan insiden kegagalan penalti di babak perempat final Piala Dunia Qatar. Apalagi dia merasa tidak ada keliru ketika melakukan eksekusi penalti kedua dan selalu melakukan persiapan secara baik.

“Saya bukan seseorang yang terlalu memikirkannya. Rasanya tidak berbeda. Saya merasa percaya diri mengambilnya, saya hanya tidak mengeksekusinya seperti yang saya inginkan. Tentu saja, itu akan menjadi sesuatu yang harus saya jalani dan hadapi,” tuturnya.

Kane menilai Inggris sudah tampil sangat baik sepanjang turnamen dan mampu melangkah sampai babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Bahkan peluang Inggris untuk melaju ke babak semifinal sebenarnya cukup terbuka lebar karena mampu mengimbangi permainan Prancis.

“Sulit untuk saya, secara pribadi menerima hasil ini dan untuk tim. Namun, saya sangat bangga dengan seluruh pemain yang menunjukkan kemampuan terbaik dan membuat peluang yang lebih baik. Tapi sepak bola selalu ada kejadian kecil yang bisa mengubah, kami membayar harga untuk itu hari ini,” bebernya.


Harry Kane Gagal Penalti, The Three Lions Tersingkir

Foto: Harry Kane Gagal Penalti, Inggris Disingkirkan Prancis di Perempatfinal Piala Dunia 2022
Eksekusi penalti yang diambil Harry Kane berbuah gol dan mengubah skor menjadi 1-1. (AP/Abbie Parr)

Inggris tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar setelah kalah melawan Prancis 1-2 pada babak perempat final di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Prancis diciptakan Aurelien Tchouameni menit ke-17 dan Olivier Giroud menit ke-78. Sedangkan gol Inggris dicetak Harry Kane lewat eksekusi tendangan penalti menit ke-54.

Peluang emas didapatkan Inggris untuk menyamakan kedudukan, setelah kembali memperoleh tendangan penalti. Mason Mount yang baru masuk menggantikan Jordan Henderson menit 79 didorong hingga terjatuh oleh Theo Hernandez.

Wasit Wilton Sampaio sempat mengabaikannya, sebelum para asistennya di ruang VAR memberitahu untuk melakukan ulasan. Akhirnya wasit memutuskan penalti.

Namun, Harry Kane yang kembali jadi algojo gagal menuntaskan tugasnya. Bola hasil tendangan sang kapten The Three Lions melambung di atas mistar gawang Prancis.

Kesempatan terakhir Inggris dari tendangan bebas Marcus Rashford nyaris membuat skor jadi imbang setelah bola hanya tipis di atas gawang. Skor 2-1 bertahan untuk Prancis.


Susunan Pemain Inggris vs Prancis

Timnas Inggris vs Timnas Senegal 16 Besar Piala Dunia 2022
Selebrasi pemain timnas Inggris usai Harry Kane mencetak gol ke gawang Senegal dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Senin (5/12/2022). (AP Photo/Manu Fernandez)

INGGRIS: Jordan Pickford (kiper); Kyle Walker, John Stones (Jack Grealish 90+8), Harry Maguire, Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice, Jordan Henderson (Mason Mount 79); Bukayo Saka (Raheem Sterling 79), Phil Foden (Marcus Rashford 85), Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

PRANCIS: Hugo Lloris (kiper); Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kingsley Coman 79), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.

Pelatih: Didier Deschamps


Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar

Pertandingan semifinal pertama Piala Dunia 2022 mempertemukan Argentina melawan runner up empat tahun lalu, Kroasia.

Sedangkan Prancis yang berpeluang menorehkan back to back champion ditantang Maroko yang tampil mengejutkan sejak fase grup.

Berikut jadwal semifinal Piala Dunia 2022:

Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB

Argentina vs Kroasia di Stadion Lusail Iconic (Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio)

Kamis (15/12/2022) Pukul 02.00 WIB

Prancis vs Maroko di Stadion Al Bayt (Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio)

Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya