Cougar Children Championship 2022 Perebutkan Piala Bergilir IBL

Cougar Children Championship 2022 fokus pada kompetisi di bawah 15 tahun. IBL memberikan dukungan pada edisi keempat.

oleh Thomas diperbarui 17 Jan 2023, 21:25 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 08:14 WIB
Para Pemenang Cougar Children Championship 2022
Para Pemenang Cougar Children Championship 2022

Liputan6.com, Jakarta- Turnamen bola basket usia dini International Cougar Children Championship 2022 digelar 9-23 Desember 2022 di GOR Rawamangun, Jakarta. Pada edisi keempat turnamen ini ada sedikit perubahan dengan hadirnya dukungan dari Indonesia Basketball League atau IBL.

Cougar Children Championship 2022 fokus pada kompetisi di bawah 15 tahun. Turnamen ini mempertandingkan tujuh kategori. Ada U-9 mix, U-11 putra dan putri, U-13 putra-putri serta U-15 putra-putri.

Pesertanya mencapai 49 tim. Mereka berasal dari 19 klub bola basket ternama di Indonesia. Peserta tak cuma datang dari Jakarta saja. Ada dari Indramayu, Tangerang, Bogor hingga yang terjauh Banjarmasin.

Cougar Children Championship 2022 sebenarnya juga akan diikuti tim dari luar negeri. Namun sayangnya di saat akhir, peserta dari luar negeri membatalkan kehadiran karena jadwal yang bentrok.

"Kenapa pakai rekomendasi FIBA Asia dan ada International di depan? Karena kita mengundang 4 klub negara tetangga. Dari Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand. Tim dari Malaysia dan Singapura awalnya sudah menyatakan siap ikutan. Namun Singapura mengundurkan diri sebulan sebelum acara. Malaysia seminggu sebelum acara karena bentrok event di negaranya," ujar ketua panitia Mohammad Fadli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


IBL

Para Pemenang Cougar Children Championship 2022
Para Pemenang Cougar Children Championship 2022

Yang berbeda di turnamen Cougar Children Championship kali ini adalah adanya dukungan dari IBL. Tim juara di U-15 putra dan putri mendapat piala bergilir IBL Junior Award.

Para MVP dan top skor di seluruh kategori Cougar Children Championship 2022 juga berhak mendapatkan piala yang dipersembahkan oleh IBL. Direktur IBL Junas Miradiarsyah sendiri yang menyerahkan langsung trofi penghargaan.

"IBL kan liga tertinggi di Indonesia. Kita tidak bisa pungkiri juga kalau kita tidak menaruh perhatian kepada generasi penerus, ya tidak ada artinya. Liga itu kan pemainnya generasinya terus berganti. Mulai tahun ini kita juga mulai mendukung kegiatan-kegiatan baik turnamen, kompetisi di kelompok-kelompok umur di bawah. Supaya yang muda-muda ini bisa melihat oh ada liganya sehingga bisa terinspirasi. Agar mereka juga mengenal IBL. Para pemain IBL sekarang kan juga pasti melalui perjalanan seperti ini.

"Apa yang dilakukan Cougar Jakarta sangat baik sekali. Semoga jadi panutan dan konsisten di tahun-tahun mendatang sehingga banyak anak-anak memiliki kesempatan," tegas Junas.


Rutin

Para Pemenang Cougar Children Championship 2022
Para Pemenang Cougar Children Championship 2022

Hingga Sabtu 17 Desember 2022, sudah empat kategori menyelesaikan persaingan. Di U-15 putra, tim Aras Gading Muda menjadi juara usai mengalahkan Warriors di final.

Warriors sendiri menjadi juara di U-15 putri setelah mengungguli tuan rumah Cougar Jakarta. Sementara di U-13 putra, Hangtuah keluar sebagai yang terbaik mengalahkan Victoria. Sedangkan di putri U-13, Cougar Jakarta menjadi yang terbaik setelah menang atas Buls Bulungan.

"Ini sudah yang keempat. Kita ingin mengembangkan bola basket anak-anak di usia dini. Pertama kali kita buat unuk KU 10 dan 12 tahun. Insya Allah kalau tidak ada kendala akan kita buat setiap tahun. Kita fokus pada pembinaan anak-anak," tutur pemilik Cougar Jakarta, Bang Iyak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya