Butuh Amunisi Baru, Erik ten Hag Ingin Pulangkan Wonderkid Pinjaman ke MU?

Pemain muda MU yang dipinjamkan ke Sunderland, Amad Diallo, belakangan menarik perhatian publik. Ia digadang-gadang bakal dipulangkan lebih awal demi menjadi opsi baru bagi lini serang Erik ten Hag.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 03 Jan 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 21:00 WIB
Amad Diallo
Pemain Manchester United, Amad Diallo saat menghadapi Melbourne Victory dalam laga pramusim 2022/2023 di Melbourne Cricket Ground, Australia, Jumat (15/7/2022). (AP/Asanka Brendon Ratnayake)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag kabarnya tengah mempertimbangkan rencana untuk memanggil Amad Diallo dari masa pinjamannya di Sunderland.

Seperti diketahui, pesepak bola berusia 20 tahun itu kini tengah memperkuat klub divisi Championship. Ia dilepas oleh Setan Merah dengan status pinjaman hingga pertengahan tahun 2023.

Walau tersisih sementara, Amad Diallo sukses menunjukkan penampilan gemilang bersama klubnya saat ini. Laporan Metro menyebut sang pemain telah mencetak gol serta menyumbang tujuh assist dalam 11 penampilan teranyarnya untuk Sunderland.

Berkat capaian tersebut, eks pemain Atalanta digadang-gadang bakal dipulangkan lebih cepat ke Old Trafford. Diallo ditargetkan untuk menjadi amunisi baru bagi Ten Hag yang tengah kekurangan opsi di lini serang pasca kepergian Cristiano Ronaldo.

Manajer asal Belanda sendiri sempat memberi komentar terkait hal ini. Ia menyatakan pihaknya memang mempertimbangkan segala kemungkinan demi meningkatkan kualitas skuad. Walau begitu, Ten Hag ingin berhati-hati dalam mengambil keputusan terkait Diallo.

“Kami mempertimbangkan semua (kemungkinan) selama hal itu bisa memperkuat skuad,” ujar Ten Hag saat ditanyai mengenai rencana menarik Diallo dari masa pinjaman di Sunderland, seperti dilansir dari pemberitaan Metro.

“Akan tetapi di saat yang sama, saya juga memiliki sedikit keraguan untuk melakukan hal itu (memanggil Diallo) karena saya tidak ingin menghentikan prosesnya (bersama Sunderland),” sambung juru taktik berusia 52 tahun.


Masuk Tim Utama

Foto: Nasib 6 Pemain Muda Manchester United yang Gagal Dipromosikan Ole Gunnar Solskjaer, Amad Diallo Segera Dipinjamkan ke Feyenoord
Amad Diallo. Sayap berusia 20 tahun tersebut sempat bermain 3 kali di Premier League musim 2020/2021. Adapuns saat ini, ia tengah dipinjamkan ke Sunderland. (AFP/Oli Scarff)

Tak dapat dimungkiri, wonderkid layaknya Diallo kemungkinan bakal sulit mendapat banyak waktu bermain jika dipulangkan ke Setan Merah. Padahal, Ten Hag menilai penggawa muda sepertinya justru harus mengecap banyak pengalaman di level senior.

Keputusan untuk memanggil sang pemain ke Old Trafford pun menjadi riskan. Pasalnya, bukan hal yang mustahil jika Diallo pada akhirnya gagal bersaing untuk tembus ke tim utama Manchester United (MU).

“Saya tahu mereka–pemain muda–butuh pengalaman. Ketika kami memutuskan untuk memulangkannya (Diallo), dia harus bisa menjadi pemain yang masuk ke starting XI, atau setidaknya bersaing untuk menembus starting XI, agar bisa memainkan banyak pertandingan dan memberi dampak (bagi klub),” pungkas dia.


Hargai Potensi

Amad Diallo
Pemain Manchester United, Amad Diallo saat menghadapi Melbourne Victory dalam laga pramusim 2022/2023 di Melbourne Cricket Ground, Australia, Jumat (15/7/2022). (AP/Asanka Brendon Ratnayake)

Ten Hag tak menampik bahwa Diallo sebelumnya kurang mampu memberi kontribusi signifikan selama masih berada di Old Trafford. Hal itulah yang mendasari keputusan sang pelatih meminjamkan anak asuhnya ke Sunderland.

Kendati demikian, eks juru taktik Ajax Amsterdam menganggap Diallo punya kemampuan dan potensi. Oleh sebab itu, Ten Hag memilih untuk mengirimnya ke tim lain demi menjaring lebih banyak pengalaman dalam kompetisi senior.

“Pada saat itu, saya tidak melihat dia sebagai starting XI atau pemain yang sudah memberikan pengaruh (bagi MU). Akan tetapi, saya menyadari dan menghargai potensi serta kapabilitasnya,” tutur Ten Hag, mengutip Metro.

“Saya melihat dia butuh pengalaman di kancah sepak bola pria, sepak bola senior. Saya pikir, dalam berbagai aspek sepak bola, (dia perlu) menjadi lebih kuat secara fisik, mental, juga keterampilan, sehingga bisa memiliki nilai bagi kami,” tandasnya.


Opsi Lain

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Prancis, Randal Kolo Muani (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Argentina, Nicolas Tagliafico dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)  

Jika Ten Hag pada akhirnya batal memulangkan Amad Diallo, MU masih punya kandidat alternatif lain yang bisa didatangkan ke Old Trafford lewat bursa transfer.

Sejauh ini, beberapa nama pemain Timnas Prancis sudah dilirik oleh Setan Merah untuk menjadi opsi baru bagi lini serangnya pasca kepindahan Cristiano Ronaldo.

Randal Kolo Muani merupakan salah satu sosok yang dipertimbangkan. Laporan L’Equipe bahkan mengeklaim Setan Merah mulai menyiapkan tawaran senilai 60 juta euro demi mengangkut pesepak bola berusia 24 tahun tersebut.

Di samping itu, Marcus Thuram juga santer dikaitkan dengan MU. Kabar mengeklaim Setan Merah bakal menunggu hingga jendela transfer musim panas demi menyegel kesepakatan dengan striker Borussia Monchengladbach.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya