Sosok LaNyalla Mattalitti di Mata Evan Dimas: Ajarkan Ritual Sujud Syukur saat Timnas U-19 Juara AFF 2013

Saat jadi Ketua BTN Sepak Bola Indonesia, LaNyalla Mattalitti sukses membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF 2013. 

oleh AY Yustiawan diperbarui 11 Jan 2023, 15:08 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2023, 15:08 WIB
la-nyala-131207b.jpg
Saat menjabat Ketua BTN Sepak Bola Indonesia, LaNyalla Mattalitti sukses membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF 2013

Liputan6.com, Jakarta Sosok AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memang tidak bisa dilupakan dalam dunia sepak bola Tanah Air.  Banyak peran dan jasa yang sudah diperlihatkan pria yang kini menjabat Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu.

Salah satunya ikut andil dalam prestasi Timnas Indonesia U-19 saat menjuarai Piala AFF U-19 2013. Saat itu, LaNyalla Mattalitti menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2013-2015 dan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sepak Bola Indonesia.

Pada saat menjabat Ketua BTN Sepak Bola Indonesia, LaNyalla Mattalitti sukses membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF 2013 usai mengalahkan Vietnam lewat adu penalti. 

Keberhasilan Timnas Indonesia U-19 saat itu seakan menjadi sorotan. Ketika itu para pemainnya dielu-elukan dan digadang-gadang bakal menjadi masa depan Timnas Indonesia di level internasional.

Timnas Indonesia U-19 memberikan kejutan saat menjuarai Piala AFF. Padahal saat itu, prestasi Merah Putih di Asia Tenggara sedang redup.

Sejak 1991, kala terakhir kali menyabet medali emas SEA Games, Indonesia urung membaik. Sebaliknya, selama dua dekade prestasi Indonesia justru terus cenderung menurun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sujud Syukur

gallery-kemenangan-timnas-6-131013b.jpg
Evan Dimas (tengah) bersimpuh dan mengucap syukur usai mencetak gol ke gawang Korea Selatan

Salah satu bintang Timnas Indonesia U-19 ketika itu Evan Dimas mengaku bangga dengan kepemimpinan LaNyalla Mattalitti.

Teristimewanya, LaNyalla yang mengajarkan 'ritual' sujud syukur hingga dirinya dan rekan-rekan Timnas Indonesia U-19 melakukannya dan berhasil menjuarai Piala AFF u-19 2013. 

"Saya secara pribadi sangat suka dengan Pak LaNyalla. Mungkin orang hanya tahu luarnya saja soal Pak Nyalla, tapi dalamnya atau hatinya itu sangat baik. Pak LaNyalla juga memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat baik. " ujar Evan Dimas, Selasa, 10 Januari 2023. 

"Pak LaNyalla saat itu (saat Piala AFF U-19 2013) mengajarkan kepada kami soal bersyukur dengan hasil yang didapat, makanya kita bisa menang dan menjadi juara. Salah satu yang terlihat pada kemenangan itu adalah ritual sujud syukur, itu ada saat zaman Pak LaNyalla," tambahnya. 


Tegas

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak masyarakat waspada cuaca ekstrem jelang tahun baru 2023. (Istimewa)
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak masyarakat waspada cuaca ekstrem jelang tahun baru 2023. (Istimewa)

Hal serupa juga diungkapkan Ketua Umum Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh. Ia menyebut bahwa LaNyalla memiliki sosok yang tegas, rendah hati, bisa dipercaya, bersahabat dan baik hati. 

Ahmad Riyadh menyebut setiap perkataan yang diucapkan La Nyalla bisa dipertanggungjawabkan dan tegas. Hal itu diakuinya modal penting sebagai seorang pemimpin.

"Beliau orangnya bisa dipercaya. Apa yang beliau katakan itu bisa dipegang. Jadi, cocok sebagai seorang pemimpin," tutur Ahmad Riyadh. 


Salah Sangka

LaNyalla
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Ist)

Riyadh juga mengatakan, terkadang banyak orang salah sangka dengan LaNyalla. Dia kerap dianggap galak, karena wajahnya yang terlihat sangar.

"Kelihatannya mukanya sangar, tapi hatinya baik. Karena dari bawah, beliau orangnya rendah hati. Bisa bergaul dengan siapa saja," terangnya.

Selain itu, Ahmad Riyadh juga mengagumi sosok LaNyalla yang dikatakannya selalu memegang teguh prinsip.(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya