Hasil BRI Liga 1 PSIS vs Arema FC: Gol Riyan Ardiansyah Jerumuskan Singo Edan

PSIS Semarang sukses meraup poin penuh saat menjamu Arema FC dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Sabtu (21/1/2023) sore WIB, berkat gol tunggal yang dilesakkan Riyan Ardiansyah di menit 81.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 21 Jan 2023, 17:59 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2023, 17:59 WIB
Foto: Tiga Pemain Anyar PSIS langsung Moncer saat Hancurkan Persita di Grup A Piala Presiden 2022
PSIS Semarang meraih kemenangan atas Arema FC di BRI Liga 1. (Bola.com/Arief Bagus)

Liputan6.com, Jakarta - PSIS Semarang sukses meraup poin penuh saat menjamu Arema FC dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 pada Sabtu (21/1/2023) sore WIB. Laskar Mahesa Jenar berjaya dengan 1-0 berkat gol tunggal yang dilesakkan Riyan Ardiansyah di menit 81.

Hasil ini mengantar PSIS merangsek ke peringkat delapan klasemen sementara dengan torehan 26 poin. Sementara itu, Arema masih menghuni peringkat tujuh dengan koleksi poin sama.

PSIS memang lebih dulu tampil menebar ancaman. Oktafianus Fernando mencoba mengarahkan bola ke gawang Arema FC di menit ke-8. Akan tetapi, si kulit bundar yang dikirimnya melaju terlalu datar, sehingga dapat dengan mudah diamankan oleh Adilson Maringa.

Memasuki menit ke-11, giliran tim tamu yang mengancam area pertahanan PSIS. Dedik lepas dari penjagaan dan berupaya melesakkan bola ke jaring tuan rumah. Keuntungan bagi Laskar Mahesa Jenar lantaran aksi tersebut mampu digagalkan oleh Adi Satryo.

Tak butuh waktu lama bagi PSIS untuk balik menunjukkan taringnya. Carlos Fortes menerima umpan terobosan dari rekan setimnya beberapa menit berselang. Sayang bola yang diangkatnya terlalu tinggi, sehingga melambung jauh di atas mistar gawang.

Oktafianus kembali membahayakan jaring Singo Edan di menit 19. Ia melepaskan tembakan cukup keras dari sisi kanan gawang Arema. Namun, upaya itu lagi-lagi gagal berbuah gol lantaran Adilson Maringa dengan sigap menyelamatkan si kulit bundar.

PSIS dan Arema terus berusaha membongkar lini pertahanan masing-masing. Duo kesebelasan saling jual beli serangan dan membuat pergerakan berbahaya. Namun, tak ada gol yang mampu diciptakan hingga pertandingan memasuki menit ke-30.

Tempo permainan mulai menurun di 10 menit akhir waktu normal babak pertama. PSIS Semarang dan Arema FC masih sama-sama buntu jelang turun minum. Tambahan waktu satu menit tak cukup untuk mengubah keadaan. Alhasil, skor imbang 0-0 bertahan hingga jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Pemain Arema FC, Rizky Dwi Febriyanto
Pemain Arema FC, Rizky Dwi Febriyanto (kiri) merayakan gol kemenangan timnya bersama Bagas Adi Nugroho saat laga pekan kesepuluh BRI Liga 1 2021/2022 antara Madura United melawan Arema FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (01/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Duo tim mencoba bangkit mencari peluang untuk mencetak gol di permulaan babak kedua. Namun, situasi belum banyak berubah di menit-menit awal pertandingan pasca turun minum.

Arema FC sempat mendapat hadiah tendangan bebas di menit 49. Rizky Dwi melakukan eksekusi tak terlalu jauh dari gawang PSIS Semarang. Tembakannya cukup keras, tetapi masih belum mampu melewati pagar pemain yang dibangun Laskar Mahesa Jenar.

Carlos Fortes kembali mendapat kesempatan untuk mencetak angka pertama bagi PSIS di menit 60 usai menerima umpan dari Oktafianus. Akan tetapi, tandukannya masih terlalu tinggi, sehingga gagal bersarang di jaring Singo Edan.

Kebuntuan belum terpecah hingga memasuki menit 64. Alhasil, sejumlah pergantian dilakukan oleh kedua tim demi menambah kekuatan serta daya dobrak skuadnya.

Di kubu Arema, Abel Camara ditarik keluar dan digantikan oleh Gian Zola. Evan Dimas juga terpaksa menyingkir demi memberi ruang bagi masuknya Adam Alis. Sementara itu di kubu PSIS, Ridho Syuhada dikirim untuk mengambil alih posisi Septian David Maulana.

Sayangnya, pergantian tersebut tak serta merta mengubah keadaan duo kesebelasan secara signifikan. Baik tim tuan rumah maupun tamu masih sama-sama ompong jelang 15 menit akhir pertandingan waktu normal.


Tensi Meningkat

BRI Liga 1 2021: PSIS Semarang vs Persela Lamongan
Bek PSIS, Riyan Ardiansyah merayakan gol kemenangan timnya saat melawan Persela dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (04/09/2021). PSIS menang 1-0. (Foto: Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Arkhan Fikri akhirnya meningkatkan tensi permainan di menit 78. Ia melepaskan shooting melengkung dari tepi kotak penalti. Gol perdana nyaris didapat Arema FC kalau saja Adi Satryo gagal melakukan penyelamatan gemilang.

Justru PSIS yang sanggup membobol gawang Singo Edan di menit 80. Riyan Ardiansyah melakukan finishing sempurna setelah menerima umpan dari Carlon Fortes. Dengan demikian, kedudukan sementara berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Laskar Mahesa Jenar.

Arema FC berada di posisi tertekan. Singo Edan hanya memiliki waktu singkat untuk mengejar ketertinggalan. Misi terebut sulit dituntaskan oleh tim tamu.

Tambahan durasi lima menit pun belum cukup bagi mereka untuk mencetak angka penyeimbang. Peluang yang didapat Arema di depan gawang mendekati pengujung laga gagal dimanfaatkan dengan baik. Alhasil, skor 1-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.


Susunan Pemain

Taisei Marukawa dan Carlos Fortes
Taisei Marukawa (kanan) dan Carlos Fortes (kiri) sudah mengikuti sesi latihan PSIS Semarang di Stadion Citarum pada Rabu (25/5/2022). (Dok. PSIS Semarang)

PSIS Semarang: Adi Satryo; Wahyu Prasetyo, Oktafianus Fernando, Bayu Fiqri, Taisei Marukawa; Ryo Fujii, Carlos Fortes, Septian David Maulana; Luthfi Kamal, Taufik Hidayat, Brandon Marsel Scheunemann

Arema FC: Adilson Maringa; Rizky Dwi Febrianto, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizi; Arkhan Fikri, Renshi Yamaguchi, Evan Dimas, Jayus Hariono; Abel Camara, Dedik Setiawan


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya