Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Siapa Paling Sering Tampil dan Juara?

Indonesia untuk pertama kalinya mengikuti Piala Dunia U-17 usai resmi ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah. Peru sebelumnya mundur sebagai tuan rumah karena krisis ekonomi.

oleh Defri Saefullah diperbarui 24 Jun 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2023, 08:00 WIB
Piala Dunia U-17 2023
Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 setelah ditunjuk FIFA untuk menggantikan Peru yang mundur. Event ini akan digelar pada 10 November sampai 2 Desember 2023 nanti. (AFP/MARWAN NAAMANI)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akhirnya resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung mulai 10 November sampai 2 Desember 2023. PSSI akan segera mengumumkan siapa pelatih, pemain dan juga kota yang akan ditunjuk menjadi tempat digelarnya Piala Dunia U-17 nanti.

Ini menjadi pertama kali Indonesia tampil di Piala Dunia U-17. Timnas Indonesia U-17 akan didaulat untuk menjadi wakil di event sepak bola dunia kelompok umur ini.

Saat ini, 20 negara sudah dipastikan akan tampil di Piala Dunia U-17. Ada empat negara lagi dari Asia yang masih memperebutkan tiket ke Piala Dunia U-17.

Empat negara ini masih bertarung di Piala Asia U-17 yang saat ini berlangsung di Thailand. Saat ini, Piala Asia U-17 sudah memasuki babak perempat final.

Tuan rumah akan menghadapi Korea Selatan. Lalu ada juga Arab Saudi melawan Uzbekistan, Iran vs Yaman dan Jepang melawan Australia.

Empat negara yang lolos semifinal dipastikan akan tampil di Piala Dunia U-17. Apakah Thailand bisa menyusul Indonesia sebagai wakil dari Asia?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Negara Terbanyak Main di Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17
Brasil menjadi negara terakhir yang memenangkan Piala Dunia U-17 pada 2019 lalu. Event dua tahunan ini sempat vakum pada 2021 karena pandemi Covid 19 (AFP_

 

20 negara termasuk Indonesia yang menjadi tuan rumah akan menunggu siapa yang menjadi lawan di drawing nanti. Piala Dunia U-17 akan dibagi dalam enam grup yang dihuni empat tim.

Indonesia dipastikan bakal ada di pot 1 karena tuan rumah. Indonesia bakal terhindar dari lawan-lawan berat yang ditentukan berdasarkan ranking FIFA.

Dari 20 negara yang lolos, negara manakah yang paling sering main di Piala Duni U-17. Berdasarkan data dari berbagai sumber, Amerika Serikat dan Brasil tercatat sebagai negara paling sering tampil di Piala Dunia U-17.

Keduanya sudah 18 kali tampil di Piala Dunia U-17. Uniknya meski sering tampil, Amerika Serikat belum pernah sekalipun menjadi juara di Piala Dunia U-17.

 


Negara yang Paling Banyak Juara di Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17
Ilustrasi trofi Piala Dunia U-17. (Dok. FIFA)

 

Nah lalu negara mana yang paling banyak juara di Piala Dunia U-17. Secara mengejutkan gelar itu ternyata dipegang oleh Nigeria.

Negara asal Afrika ini lima kali menjadi juara di Piala Dunia U-17 yaitu pada 1985, 1993, 2007, 2013 dan 2015. Nigeria juga tiga kali jadi runner up atau masuk final pada 1987, 2001, 2009.

Uniknya, Nigeria tidak main di Piala Dunia U-17 saat ini karena gagal lolos dari Piala Afrika U-17. SEdangkan negara kedua paling banyak juara yaitu Brasil dengan 4 gelar.

Ini dilakukan Tim Samba pada 1997, 1999, 2003, 2019. Brasil juga adalah juara bertahan Piala Dunia U-17 2019. FIFA meniadakan Piala Dunia U-17 pada 2021 karena pandemi.


Komentar Erik Thohir soal Piala Dunia U-17

Konferensi Pers Mengenai Pembentukan Yayasan PSSI dan Perwasitan Indonesia
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir ditemani wakil ketua umum PSSI 1, Zainudin Amali (kiri) dan wakil ketua umum PSSI 2, Ratu Tisha memberikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers mengenai pembentukan yayasan PSSI dan perwasitan Indonesia di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Indonesia masih mendapat kepercayaan usai gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tanah Air bakal menjadi penyelenggara Piala Dunia U-17 2023.

FIFA mengumumkan kabar tersebut, Jumat (23/6/2023). Ajang tersebut akan dilaksanakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Piala Dunia U-17 2023 semula berlangsung di Peru. Namun, negara Amerika Selatan tersebut mundur karena ketidaksiapan infrastruktur.

Sementara Indonesia semestinya menggelar Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni lalu. Namun, FIFA mencabut hak tersebut menyusul penolakan sejumlah kepala daerah terhadap salah satu peserta yakni Israel. Sebagai pengganti FIFA kemudian memilih Argentina sebagai tuan rumah.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengaku hanya bisa bersyukur atas berkah yang diambil melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat petang waktu setempat.

"Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah, karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” ungkapnya.

“Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agarf menjadi tuan rumah yang baik," tambah Erick Thohir.


Erick Thohir Belum Tahu Alasan Keputusan FIFA

Erick Thohir
Menteri BUMN RI Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino. (Istimewa)

Di situs resmi FIFA tidak dijelaskan secara detil alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi pesepakbola usia muda ini.

"Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA, kemudian perhelatan dua FIFA Match Day melawan Palestina dan Argentina. Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan," pungkasnya

Berikut 20 negara yang sudah lolos Piala Dunia U-20:

Asia

Indonesia plus 4 negara

Afrika

Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal

Amerika Utara

Kanada, Meksiko, Panama, Amerika Serikat

Amerika Selatan

Argentina, Brasil, Ekuador, Venezuela

Oseania

Kaledonia Baru, Selandia Baru

Eropa

Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, Spanyol

 

Infografis Jalan Panjang dan Persiapan Indonesia Gelar Piala Dunia U-20 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jalan Panjang dan Persiapan Indonesia Gelar Piala Dunia U-20 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya