Jadwal Asian Games 2023, Rabu 27 September: Indonesia Menanti Tambahan Medali Emas dari Hangzhou

Berikut jadwal Asian Games 2023, Rabu (27/9/2023), dengan pahlawan olahraga Indonesia melanjutkan perjuangan merebut medali emas dari Hangzhou, China.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 27 Sep 2023, 22:15 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2023, 06:00 WIB
Asian Games 2022
Harris Horatius berhasil meraih medali emas Asian Games 2022 dari cabang olahraga wushu. Bertanding di XSG Sports Centre Taolu, Selasa (26/9/2023) siang WIB, Harris menjadi yang terbaik di nomor Nanquan/Nangun. (dok. NOC Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Berikut jadwal Asian Games 2023, Rabu (27/9/2023), dengan pahlawan olahraga Indonesia melanjutkan perjuangan merebut medali emas dari Hangzhou, China.

Menyusul sukses Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang merebut dua emas, Indonesia berharap atlet menembak lain bisa berkontribusi pada serangkaian final dari berbagai nomor yang berlangsung hari ini.

Seraf Naro Siregar (gunshu putra) dan Nandhira Mauriskha (qiangshu putri) juga diharapkan bisa mengikuti jejak Harris Horatius yang berdiri di podium tertinggi wushu nomor nangun putra.

Selain itu, kans medali juga hadir dari perorangan catur putri Irene Kharisma Sukandar dan skateboard street putra Sanggoe Dharma Tanjung.

Hingga Selasa (26/9/2023) malam WIB, Indonesia menempati peringkat tujuh di klasemen medali Asian Games 2022 dengan koleksi tiga emas, satu perak, dan lima perunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Muhammad Sejahtera Dwi Putra Rebut 2 Emas Asian Games 2023

Muhammad Sejahtera Dwi Putra
Tampil pada nomor 10 meter running target putra di Fuyang Yinhu Sports Centre, Dwi Putra berhasil mencetak poin tertinggi 9,633 dari enam tembakan (99, 97, 95, 95, 98), Senin (25/9/2023).(dok. NOC Indonesia)

Indonesia merebut medali emas pertama Asian Games 2023 melalui cabang olahraga menembak. Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang sukses memberikan kepingan medali emas pertama untuk Indonesia. Dwi Putra menjadi juara di nomor 10 meter running target putra.

Atlet yang akrab disapa Tera itu kembali berjaya di nomor 10m running target mixed run itu meraih poin tertinggi, 378 dari 11 peluru.

Sementara emas lain dipersembahkan Harris Horatius lebih dulu turun di nomor nanquan dan berhasil meraih skor 9,756 poin. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo ikut bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Harris yang sangat membantu Kontingen Merah Putih mencapai target.

"Saya bangga dan terima kasih kepada Haris yang sudah berjuang luar biasa dan berkontribusi mempersembahkan medali emas ketiga untuk Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou," ujar Menpora Dito usai menyaksikan langsung aksi Harris bersama CdM Basuki Hadimuljono di XSG Sports Centre, Selasa (26/9/2023).

"Apa yang diraih Haris ini membantu target emas sesuai yang diharapkan oleh Presiden Jokowi. Insyallah nanti dapat rumah dari Pak Basuki selaku CdM," tambah Menpora.


Indonesia Bidik 12 Emas Asian Games 2023

Muhammad Sejahtera Dwi Putra
Peraih medali emas Muhammad Sejahtera Dwi Putra dari Indonesia berpose dalam upacara penghargaan cabang olahraga menembak nomor lari 10 meter putra di Fuyang Yinhu Sports Centre pada Asian Games ke-19 di Hangzhou, China, Senin, 25 September 2023. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Kontingen Indonesia menggirimkan total 413 atlet ke Hangzhou, China. Target kali ini jauh lebih rendah ketimbang Asian Games 2018. Kali ini Indonesia mematok masuk 12 besar di klasemen medali. Sebanyak 12 medali emas dibidik kontingen Indonesia di Hangzhou.

Dari 413 atlet yang diberangkatkan di China, Indonesia total mengikuti 30 cabang olahraga. Kontingen Indonesia di Hangzhou dipimpin oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai CdM tim Indonesia.

"Pesan saya kepada para atlet, Asian Games bukan sekedar pertandingan. Ini adalah panggung di mana kita menunjukkan jati diri, kehormatan, dan semangat bangsa kita. Jangan ragu untuk mengejar medali emas," ujar Ketua NOC Raja Sapta Oktohari.

"Jangan ragu untuk mengejar medali emas. Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia," tambahnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya