Sirkuit Mandalika Sudah Siap Gelar MotoGP Indonesia 2023

Sirkuit Mandalika sudah siap menggelar balapan MotoGP 2023 yang dimulai 13 Oktober sampai 15 Oktober 2023.

oleh Thomas diperbarui 12 Okt 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2023, 08:30 WIB
Sirkuit Mandalika.
Sirkuit MotoGP di Lombok Indonesia, Pertamina Mandalika International Circuit. (raditya / Shutterstock.com)

Liputan6.com, Jakarta- MotoGP Indonesia 2023 tinggal hitungan hari lagi digelar di Sirkuit Mandalika. Balapan rencananya berlangsung 13 sampai 15 Oktober 2023. Persiapan terus dilakukan. Pada Rabu (11/10/2023), Dirut MGPA Priandhi Satria menjelaskan seluruhnya sudah hampir rampung 100%, yang mencakup persiapan sirkuit, paddock, dan pit lane balapan.

Pelatihan para marshal atau petugas yang membantu di dalam sirkuit saat balapan berlangsung juga terus dimatangkan. Adapun, pelatihan tersebut akan dilakukan langsung oleh FIM dan IMI.

Pelatihan tersebut telah dimulai pada Senin, 9 Oktober 2023, dengan melibatkan 35 marshal. Untuk 3 hari berikutnya hingga 12 Oktober 2023, atau sehari jelang sesi latihan bebas dimulai, pelatihan tersebut akan diikuti oleh 380 marshal.

Selain persiapan di dalam sirkuit, persiapan untuk area penunjang seperti area parkir, panggung hiburan, dan tenda UMKM juga hampir rampung. Pihak penyelenggara memastikan seluruh persiapan berjalan lancar demi kepuasan penonton yang hadir menyaksikan MotoGP 2023.

“Persiapan non-race, termasuk untuk side event sudah hampir rampung. Jadi kami pastikan semuanya selesai saat para penonton mulai datang ke Sirkuit Mandalika sehingga mendapat pengalaman terbaik dalam ajang Indonesian GP 2023,” kata Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung, dalam keterangan tertulis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Balapan Dalam Cuaca Panas

MotoGP Mandalika, Sirkuit Mandalika
Tiga orang marshal bekerja di salah satu pos Sirkuit Mandalika pada gelaran MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/2022). (Hendry Wibowo/Bola.com)

Balapan MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika diperkirakan akan berlangsung dalam cuaca panas, berbeda dengan balapan tahun lalu yang diguyur hujan lebat tepat sebelum balapan kelas utama digelar.

Karena akan panas, pawang hujan Rara tidak akan dilibatkan pada MotoGP Mandalika 2023. Rara tahun lalu menjadi buah bibir karena berusaha menghentikan hujan. Dia melakukan ritual sembari berjalan melewati paddock para pembalap.


Parade Pembalap MotoGP di Mataram

Dua hari sebelum rangkaian balapan dimulai, diadakan Riders Parade. Sejumlah pembalap ikut ambil bagian untuk melintasi dan menyapa langsung masyarakat di Kota Mataram.

Hadir dalam pawai tersebut Alex Marquez dari Gresini Racing MotoGP, Filip Salac dan Jeremy Alcoba dari QJMOTOR Gresini Moto2, Ai Ogura dan Somkiat Chantra dari IDEMITSU Honda Team Asia, Stefano Nepa dari Angeluss MTA Team, Daniel Holgado dari Red Bull KTM Tech3, Jaume Masia dari Leopard Racing, Jose Antonio Rueda dari Red Bull KTM Ajo, Collin Veijer dari Liqui Moly Husqvarna Intact GP, serta tak ketinggalan pembalap tuan rumah Mario Suryo Aji dari Honda Team Asia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya