Kandidat Nomor Satu Pengganti Erik ten Hag Akhirnya Terungkap, Ini Alasan Manchester United Selalu Merahasiakannya

Alasan utama mengapa Manchester United masih belum mengambil keputusan mengenai nasib Erik ten Hag, lantaran Southgate menolak membahas masa depannya hingga Euro 2024 selesai

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 08 Jun 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2024, 15:00 WIB
Manajer Manchester United, Erik ten Hag.
Manajer Manchester United, Erik ten Hag, dan Anthony Martial. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Sir Jim Ratcliffe dikabarkan sudah memiliki pilihan utama sosok manajer yang akan menggantikan Erik ten Hag. Terungkap juga mengapa proses pemilihannya memakan waktu begitu lama.

Manchester United mengakhiri musim ini dengan kemenangan atas rival satu kota Manchester City di final Piala FA. Meski begitu masa depan Ten Hag masih diragukan.

Pelatih asal Belanda ini memiliki sisa kontrak satu tahun, namun pemilik minoritas INEOS – dipimpin Ratcliffe – sedang mempertimbangkan untuk menggantikannya setelah penampilannya liga yang mengecewakan.

Terkait kabar pergantian pelatih, MU telah dikaitkan dengan sejumlah calon manajer. Mereka dilaporkan telah mempertimbangkan orang-orang seperti bos Brentford Thomas Frank dan agen bebas Mauricio Pochettino, Roberto De Zerbi dan Thomas Tuchel.

Namun menurut Independent, manajer Inggris Gareth Southgate adalah pilihan yang lebih disukai Ratcliffe dan tokoh senior lainnya di Old Trafford seperti Sir Dave Brailsford.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan MU Belum Ambil Keputusan Soal Ten Hag

Foto: Debut Menjanjikan Christian Eriksen saat MU Melawan Atletico Madrid
Erik Ten Hag memberikan kesempatan kepada Christian Eriksen untuk melakukan debutnya sebagai pengganti Anthony Martial pada menit ke-68. (AP/NTB Scanpix/Stian Lysberg Solum)

Kontrak Southgate dengan FA berlaku hingga akhir tahun, meski penampilan Inggris di Euro 2024 musim panas ini bisa mengakibatkan pemecatan atau menawarkan perpanjangan.

Salah satu alasan utama mengapa United masih belum mengambil keputusan mengenai nasib Ten Hag – meskipun pelatih asal Belanda itu meminta kejelasan mengenai situasinya – lantaran Southgate menolak membahas masa depannya hingga Euro selesai karena takut mengganggu para pemainnya.

INEOS sangat ingin mengambil langkah besar pertama mereka di Old Trafford, jadi mereka bisa menunggu hingga pertengahan Juli untuk mengambil keputusan mengenai Ten Hag.


Petinggi MU Sangat Terkesan dengan Performa Southgate

Foto: Timnas Inggris Geber Latihan Jelang Bentrok dengan Juara Bertahan Euro, Italia
Pelatih kepala Timnas Inggris, Gareth Southgate saat latihan persiapan menjelang laga Kualifikasi Euro 2024 melawan Italia yang berlangsung di St George's Park, Burton-on-Trent, Inggris, 21 Maret 2023. The Three Lions dijadwalkan akan bertandang ke Italia pada Sabtu (25/03/2023) dini hari WIB di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli. (AFP/Paul Ellis)

Mantan bos Ajax itu bisa saja meninggalkan klub dengan persetujuan bersama jika dia memutuskan ingin pergi meninggalkan Manchester Unted.

Tak satu pun dari kandidat lain yang mengesankan petinggi United selain Southgate, dengan perannya dalam mengubah budaya di tim Inggris, sesuatu yang INEOS ingin ditiru di Old Trafford.

Faktor lain yang menguntungkan Southgate adalah Brailsford pernah bekerja dengannya di masa lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya