Kapolri Cup 2024 Resmi Digelar, Jadi Wadah Pembinaan Bulu Tangkis Instasi Polri dan Pemain Muda Indonesia

Kapolri Cup 2024 digelar di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur, mulai bergulir Senin, 22 Juli.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 23 Jul 2024, 03:25 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 02:53 WIB
Kapolri Cup Badminton Championships 2024 - Kapolri Cup 2024 - Bulu Tangkis
Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, Sekjen PP PBSI Muhammad Fadil Imran, dan Ketua Panitia penyelenggara Raden Prabowo Argo Yuwono dalam acara pembukaan Kapolri Cup Badminton Championships 2024 di GOR Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (22/7). (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Cup Badminton Championships 2024 mulai bergulir Senin (22/7/2024). Turnamen bulu tangkis yang digelar dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 ini dibuka langsung Ketua Panitia penyelenggara yang juga selaku Asisten Logistik Kapolri, Raden Prabowo Argo Yuwono di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur.

Turut hadir dalam acara pembukaan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta dan Kabaharkam Polri sekaligus Sekjen PP PBSI Muhammad Fadil Imran. Dalam sambutannya, Alex Tirta menyebut Kapolri Cup 2024 sebagai bentuk kepedulian instansi Kepolisian RI dalam ikut serta mengembangkan bulu tangkis di Tanah Air.

Bahkan semarak kompetisi ini sudah terlihat sebelum digelar. Di beberapa daerah telah digelar kompetisi bulu tangkis dengan memperebutkan trofi Kapolda Cup.

"PBSI menyambut gembira Kapolri Cup 2024. Ini merupakan wujud institusi Kepolisian RI mulai menaruh kepedulian dengan melakukan pembinaan bagi munculnya bibit-bibit pebulutangkis potensial," kata Alex.

"Berkat Kapolri Cup ini terlihat akhir-akhir ini betapa masifnya gema kompetisi bulu tangkis di Tanah Air. Di berbagai daerah juga makin bergairah dengan digelarnya kejuaraan pendahuluan untuk memperebutkan Kapolda Cup," tambahnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembinaan Bulu Tangkis

Kapolri Cup Badminton Championships 2024 - Kapolri Cup 2024 - Bulu Tangkis
Sekjen PP PBSI Muhammad Fadil Imran menyerahkan pataka kepada Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta dalam acara pembukaan Kapolri Cup Badminton Championships 2024 di GOR Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (22/7). (foto: PBSI)

Kehadiran Kapolri Cup 2024 khusus untuk internal Polri juga membuat atensi Kepolisian RI terhadap pembinaan bulu tangkis sangat tinggi. Alex Tirta memberikan apresiasi dan harapannya dengan kolaborasi yang dilakukan ini bisa menghasilkan bibit potensial untuk dunia tepok bulu Tanah Air.

"Apresiasi juga saya berikan kepada Kepolisian RI yang untuk pertama kalinya menggelar kejuaraan khusus internal dengan mempertandingkan nomor beregu. Ini menunjukkan bahwa Kepolisian RI juga mulai tertarik untuk melakukan pembinaan bulutangkis di lingkungan lembaga dan satuan kerja Polri," ujar Alex.

Turnamen bulu tangkis ini diikuti 480 peserta untuk kategori U-15, U-17, dan U-19. Sementara untuk kategori Polri sebanyak 64 regu yang berasal dari Polda, Satker Mabes Polri, dan jajaran turut serta.

Senada dengan Alex Tirta, Kabarhankam Polri Fadil Imran uga mengapresiasi langkah Kepolisian RI menyelenggarakan turnamen. Dengan adanya ajang ini diharapkan membuat para anggota Kepolisian bisa bugar dalam menjalankan tugas.

"Kami tentunya berharap dari kegiatan kejuaraan ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia turut mendukung pembinaan olahraga bulutangkis, meningkatkan prestasi badminton, dan yang paling pokok meningkatkan kebugaran personil anggota Polri sehingga dalam melaksanakan tugas terus akan semakin baik," ungkap Fadil yang juga Sekjen PP PBSI.

Sebagai tanda peresmian kejuaraan, Fadil menyerahkan pataka kepada PBSI yang diterima Alex Tirta.


Animo Peserta

Kapolri Cup Badminton Championships 2024 - Kapolri Cup 2024 - Bulu Tangkis
Ketua Panitia penyelenggara Raden Prabowo Argo Yuwono dalam acara pembukaan Kapolri Cup Badminton Championships 2024 di GOR Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (22/7). (foto: PBSI)

Ketua Panitia Pelaksana Kapolri Cup 2024 Argo Yuwono juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang turut serta meramaikan kejuaraan. Tercatat antusiasme peserta sejak awal untuk mengikuti ajang ini sangat tinggi, sehingga panitia kemudian harus berkoordinasi dengan PBSI untuk mensukseskan acara.

"Animo peserta sangat tinggi, pada awalnya tidak hanya akan diikuti 64 regu. Hal ini menunjukkan bahwa animo dari anggota yang hobi bermain bulutangkis sangat tinggi," ujar Argo.

Pria kelahiran 2 April 1968 itu juga mempersiapkan ajang Kapolri Cup Badminton Championships 2024 dengan baik. Bahkan untuk fasilitas penunjang disiapkan tim dokter yang lengkap agar pelaksanaan acara berlangsung dengan lancar.

"Pada kegiatan ini kami siapkan juga ruang klinik, ada dokter semuanya sudah siap di sini. Hal ini kami persiapkan mengingat di pertandingan Kapolri Cup Badminton Championships 2024 peserta banyak dari umur yang sudah melebihi dari umur standar, sehingga kemudian kami menyiapkan ada ambulan, klinik, dan dokter ekstra untuk pertandingan ini," ungkap Argo.

Kapolri Cup Badminton Championships 2024 digelar mulai Senin (22/7/2024) dari pukul 08.00 pagi WIB. Tidak hanya digelar di GOR UNJ, pertandingan lainnya untuk kelompok U-17 dan U-19 diselenggarakan di GOR Pulogadung, Jakarta.

Bagi fanS bulutangkis yang ingin ikut meramaikan bisa datang dan saksikan secara gratis. Turnamen Kapolri Cup Badminton Championships 2024 terhitung bergengsi mengingat level yang ditawarkan yakni seperti Sirnas Premier.

Peserta yang tampil juga terbilang beken mengingat peringkat 1-32 nasional turut ikut serta sehingga persaingan memperebutkan gelar juara demikian ketat sejak awal. Untuk itu panitia tidak hanya menyediakan poin ranking nasional, juga disediakan medali serta sertifikat.

Ajang Kapolri Cup Badminton Championships 2024 terselenggara berkat dukungan penuh dari BNI, Yonex-Sunrise, Le Minerale, Kapal Api, Indofood, Indomilk, Isoplus, dan Sunpride.

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya