Hujan Lebat Ganggu Latihan Timnas Indonesia Jelang Duel Melawan Arab Saudi

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengeluhkan kondisi iklim jelang laga melawan Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 03 Sep 2024, 22:58 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 22:58 WIB
Jay Idzes
Bek Timnas Indonesia Jay Idzes berlatih di Arab Saudi. (Dok PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengeluhkan kondisi iklim jelang laga melawan Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda tidak bisa maksimal bersiap karena air jatuh dari langit. Di luar itu, Shin Tae-yong melihat kondisi pemain dalam keadaan bagus usai berlatih dua hari pada 2-3 September.

"Pada hari kedua latihan hujan deras. Memang sangat unik (cuaca) di Arab dan hujannya pun deras, jadi fokus pemain agak kurang baik," ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu terus memantau persiapan para pemain dalam latihan untuk memperkuat aspek-aspek yang diperlukan sebelum bersua Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) pukul 01.00 WIB. "Performa pemain apakah meningkat atau tidak itu yang menjadi perhatian utama saat ini," imbuhnya.

Timnas Indonesia kedatangan muka anyar di bawah mistar untuk laga nanti. Maarten Paes sudah bergabung dengan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

"Dia (Marteen Paes) capek karena lama di perjalanan (Amerika Serikat ke Arab Saudi). Masih belum cek (kondisi terkini) karena dia tidak ikut dalam sesi pertama latihan," ujar Shin Tae-yong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain Timnas Indonesia Ibadah Umrah

Timnas Indonesia umrah.
Timnas Indonesia umrah. (Bola.com/Dok.Instagram Pratama Arhan).

Di sela-sela kunjungan ke Arab Saudi, pemain timnas Indonesia memanfaatkan kesempatan untuk menjalani ibadah umrah. Ada 14 pemain yang menunaikan ibadah tersebut, yakni Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Ernando Ari, Nadeo Argawinata, Dimas Drajad, dan Egy Maulana Vikri.

Lalu Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Adi Satryo, Wahyu Prasetyo, Ragnar Oratmagoen, Hokky Caraka, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.

Dalam video yang dibagikan akun Timnas Indonesia di Instagram, para pemain terlihat sedang mengikuti tawaf yakni ritual mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali.

Asnawi dan kawan-kawan juga melakukan sa’i, yaitu berjalan dan berlari kecil bolak-balik antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah tujuh kali. “Terpanjat doa kemudahan bagi perjalanan Garuda di Kualifikasi Piala Dunia Putaran 3," tulis Timnas Indonesia dalam unggahan tersebut.

Harapan yang sama turut diungkapkan Ragnar, penyerang klub Belgia FC Dender. “Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Alhamdulillah," katanya.


Skuad Timnas Indonesia

Timnas Indonesia - Latihan
Para pemain Timnas Indonesia melakukan jogging saat mengikuti sesi latihan di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sebagai persiapan jelang menghadapi Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Bola.com/Abdul Aziz)

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membawa 26 pemain untuk melakoni dua laga Grup C melawan Arab Saudi dan Australia (10 September). Sebanyak 12 di antaranya mengadu nasib di kompetisi lokal, 13 bermain di luar negeri, dan satu (Thom Haye) yang belum memiliki klub.

Nama terakhir, bersama Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, dan Ragnar Oratmangoen bukanlah pilihan utama di klub masing-masing. Namun, Shin Tae-yong memiliki alasan untuk tetap memanggil mereka.

"Memang hal-hal seperti itu yang saya khawatirkan, tetapi karena tidak ada pengganti pemain-pemain itu, jadi mau tidak mau kita tetap panggil pemain tersebut," ujar Shin Tae-yong.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya