Manchester United Kena Imbas Negatif Langkah Man City Memilih Pengganti Txiki Begiristain

Manchester United akan dirugikan dengan penunjukkan sosok baru pengganti Txiki Begiristain di City.

oleh Thomas diperbarui 13 Okt 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2024, 19:00 WIB
Petinggi Manchester City Txiki Begiristain
Petinggi Manchester City Txiki Begiristain

Liputan6.com, Jakarta- Manchester City sudah dipastikan akan ditinggal Direktur Sepak Bola Txiki Begiristain pada akhir musim 2024/2025. Kepergian Begiristain diyakini akan menurunkan kekuatan City terutama dalam perekrutan pemain. Namun Manchester United malah bisa direpotkan dengan kepergian Begiristain.

Begiristain selama ini dikenal sebagai sosok yang berjasa membawa kesuksesan besar pada City. Mantan petinggi Barcelona itu yang mendatangkan manajer Josep Guardiola. City juga melakukan pembelian efektif seperti saat merekrut Ruben Dias, Kevin de Bruyne hingga Erling Haaland.

"Manchester City dapat mengonfirmasi bahwa Txiki Begiristain akan mengundurkan diri dari peran penuh waktunya sebagai Direktur Sepak Bola pada akhir musim 2024/25," demikian pernyataan resmi City.

Begiristain akan bersama City hanya sampai Piala Dunia Klub pada musim panas 2025. Begiristain sudah bekerja di City sejak tahun 2012. Tangan dinginnya membantu City merajai Liga Inggris dengan juara tujuh kali.

Kepergian Begiristain sebenarnya bisa menjadi angin segar bagi klub-klub besar Liga Inggris lain termasuk MU untuk bangkit dan mengakhiri dominasi City. Pasalnya sosok pengganti Begiristain masih muda yakni Hugo Viana dari Sporting CP.

"Begiristian akan digantikan oleh Hugo Viana dari Sporting CP. Viana akan memulai peran penuh waktunya pada musim panas 2025, tetapi akan berkolaborasi dengan Txiki pada bulan-bulan sebelumnya untuk memastikan transisi yang lancar."

Viana Bisa Rusak Rencana Manchester United

FOTO Ruben Amorim, Sporting Lisbon
Pelatih Sporting Lisbon, Ruben Amorim saat memimpin timnya melawan Atalanta di babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Namun untuk MU kehadiran Viana bisa merusak rencana besar mereka. MU dilaporkan menginginkan pelatih Sporting Ruben Amorim untuk bekerja di Old Trafford menggantikan manajer Erik ten Hag yang bakal dipecat akibat hasil buruk.

Amorim disiapkan menggantikan Ten Hag di tengah musim ini atau setidaknya di musim baru 2025/2026 dengan caretaker yang akan bekerja di sisa musim 2024/2025. Tapi kehadiarn Viana bisa membuat Amorim lepas dari genggaman MU.

Viana Akan Bawa Amorim ke City

Mantan direktur olahraga Casa Pia Diogo Boa Alma memperkirakan Viana akan turut membawa Amorim ke City. Kebetulan kontrak Guardiola bersama City akan habis di tahun 2025. Jika Guardiola menolak memperpanjang kontrak dan mengikuti Begiristain, Viana akan mendaulat Amorim menjadi penggantinya.

Kepindahan Viana ke City bisa mengubah pendirian Amorim sehingga akan menolak pinangan dari MU. Pasalnya Amorim memiliki hubungan yang sangat baik dengan Viana. Perlu diketahui, Viana yang membawa Amorim ke Sporting pada tahun 2020 dari Braga.

"Sporting adalah salah satu dari tiga klub besar di Portugal, jadi tekanan tidak akan memengaruhi mereka. Ia memiliki cukup kualitas untuk bekerja di liga seperti Inggris dan saya yakin ia akan sukses di sana. Saya yakin ia juga ingin merekrut Rúben Amorim. Selain hubungan profesional, mereka juga memiliki hubungan pribadi yang sangat baik," ujar Boa Alma.

(tho0

Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya