Piala Menpora 2024 Jadi Ajang Pencarian Talenta untuk Asian Youth Games 2025 dan Youth Olympic Games 2026

Piala Menpora 2024 menggelar pertandingan di tiga cabang olahraga yang berlangsung sejak Juli lalu.

oleh Thomas diperbarui 20 Okt 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 20:00 WIB
Pertandingan bola basket di final kejuaraan Piala Menpora 2024
Pertandingan bola basket di final kejuaraan Piala Menpora 2024

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo senang kejuaraan Piala Menpora 2024 berlangsung dengan sukses. Menurut Dito, Kejuaraan Piala Menpora 2024 merupakan ajang menjaring bibit-bibit atlet nasional menuju Asian Youth Games 2025 serta Youth Olympic Games 2026 mendatang.

Seperti diketahui, kejuaraan Piala Menpora 2024 telah berlangsung sejak bulan Juli hingga Oktober 2024 dengan mempertandingkan tiga cabang olahraga yakni Basket 3x3 U-16, Bulutangkis U-16 dan Futsal U-18.

"Jadi, ini adalah puncaknya, dari kejuaraan ini kita mencari bibit-bibit muda untuk jangka pendeknya yakni bisa memperkuat di Youth Olympic Games 2026 dan Asian Youth Games 2025," kata Menpora Dito kepada media pada penutupan Menpora Fest dan Kejuaraan Piala Menpora 2024 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Sabtu (19/10) malam.

"Dari kejuaraan ini kita akan jadikan momentum untuk talent scouting secara langsung dan mereka yang menang nantinya akan dikirim ke kejuaraan-kejuaraan regional yang lebih tinggi," sambung Menpora Dito.

Kedepannya, Dito berharap akan semakin banyak cabang olahraga yang di pertandingan tak cuma tiga saja seperti edisi tahun ini.

"Jadi ini sebenarnya sudah menjadi suatu keharusan Kemenpora melakukan hal ini. Untuk tahun-tahun kedepan kita berharap nanti tidak hanya tiga cabang olahraga, tapi lebih banyak sesuai dengan apa yang kita butuhkan dalam meraih Youth Olympic Games," harapnya.

"Kedepan kita akan berkolaborasi juga dengan berbagai stakeholder dari pihak swasta dan federasi agar dalam penyelenggaraannya lebih baik lagi," imbuh Menpora Dito.

Digelar di 6 Regional

Menpora Dito Ariotedjo memberikan penghargaan kepada para pemenang
Menpora Dito Ariotedjo memberikan penghargaan kepada para pemenang

Kejuaraan Piala Menpora 2024 tahun ini telah dipertandingkan di 6 regional yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi dan Papua. Diikuti 3.200 atlet dan ofisial. Seluruh atlet yang mengikuti kegiatan ini telah menjalani tes dari tim pakar dan tim ahli.

"Seluruh atlet peserta akan dimasukkan ke dalam database, para atlet telah di tes melalui antropometri, pengukuran body composite dan atlet yang terbaik nanti akan kita panggil tes kembali untuk dimasukkan ke dalam ajang PPLP, PPLPD dan di Cibubur," kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Surono dalam laporannya.

"Untuk basket 3x3 nanti yang terbaik akan kita ikutkan dalam kejuaraan pelajar Asia di China. Untuk futsal ini yang terbaik kita persiapan ke ajang AFS di 2025 dan akan kembali dipanggil untuk mengikuti pelatnas," imbuhnya.

Pemenang Kejuaraan Piala Menpora 2024

Pada kategori basket 3x3, M2 Blue Medan berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Dulukala Riau dengan skor ketat 12-9 di sektor putra.

Sedangkan untuk kategori putri, tim Warriors Jakarta sukses meraih gelar juara setelah mengalahkan Tenaga Baru "A" Pontianak dengan skor telak 15-5.

"Saya berharap dengan adanya acara ini basket 3x3 bisa lebih berkembang lebih jauh lagi, apalagi dengan banyaknya bakat-bakat yang muncul dari ajang seperti ini," kata Kapten tim Warriors Jakarta, Asyila.

Sementara tim Futsal SMKN 12 Makassar sukses meraih juara pertama di ajang bergengsi Futsal Championship Piala Menpora 2024. Dalam pertandingan final yang digelar di Halaman Kantor Kemenpora, Sabtu (19/10), mereka mengalahkan SMKN 1 Tanjung Banjarmasin dengan skor telak 5-0.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya