Ragam Kutipan Hoaks Tokoh Ternama, dari SBY hingga Bill Gates

Hoaks atau kabar palsu bisa mencatut siapa saja termasuk tokoh atau para pemimpin negara. Hoaks ini juga menyebar melalui media sosial maupun aplikasi per

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 19 Des 2020, 18:30 WIB
Diterbitkan 19 Des 2020, 18:30 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks atau kabar palsu bisa mencatut siapa saja termasuk tokoh atau para pemimpin negara. Hoaks ini juga menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Berikut ini beberapa hoaks terkait kutipan dari para tokoh baik di Indonesia maupun dunia yang menjadi viral di media sosial.

1. Cek Fakta: Tidak Benar Mahathir Mohamad Beri Komentar soal Pendidikan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial meme yang berisi kutipan dari mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad. Postingan meme itu tersebar sejak akhir pekan ini.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun Peter F. Gontha. Ia mengunggahnya di Facebook pada Minggu (22/11/2020). "Apa betul ini tulisan Mahathir?" demikian dia mempertanyakan meme tersebut, dalam caption.

Dalam meme tersebut terdapat foto Mahathir Mohamad dengan disertai narasi,

"...PELAN-PELAN anak-anak sekolah negeri di Indonesia akan tertinggal dalam penguasaan sains. umurnya habis untuk menghafal ayat-ayat dan doa, belajar soal haram, dosa, bidadari, menghitung pahala, mencari dalil, memikirkan akerat. Setelah kalah bersaing lalu memusuhi pemerintah dan mendirikan negara syariah sebagai solusi semuanya..." (Mahatir Muhammad).

Hingga saat ini postingan itu telah mendapat 532 komentar dan 130 kali dibagikan.

Lalu benarkah meme kutipan dari Mahathir Mohamad seperti yang tersebar di media sosial? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini


Hoaks Selanjutnya

Ilustrasi Hoax
Ilustrasi Hoax. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

2. Cek Fakta: Tidak Benar Kutipan Muammar Khadaffi dalam Sidang PBB terkait Vaksin

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali di media sosial meme terkait kutipan dari eks pemimpin Libya, Muammar Khadaffi. Sebelumnya kutipan serupa pernah viral dibagikan sejak Juli lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun Mar Di. Ia mengunggahnya di Facebook pada 19 November 2020.

Hingga kini postingan tersebut sudah mendapat tujuh komentar dan 13 kali dibagikan. Berikut isi postingannya:

"Mereka akan bikin virus sendiri lalu mereka menjual vaksin untuk kalian. Mereka pura-pura butuh waktu untuk mencari solusi yang sebenarnya sudah mereka persiapkan sebelumnya.

Lalu mereka mengumumkan punya obat. Mereka jual kepada kalian. Semua ini agar keuntungan perusahaan mereka meningkat, walaupun dengan mengorbankan rakyat."

Muammar Qaddafi, Kantor PBB, New York, 24/9/2009. Ketika itu disampaikan, orang-orang bilang: 'QADDAFI GILA'."

Lalu benarkah Muammar Khadaffi pernah mengeluarkan pernyataan seperti meme di atas? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...


Hoaks Berikutnya

Ilustrasi Hoaks Hoax
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

3. Cek Fakta: Tidak Benar SBY Berikan Komentar Kemenangan terkait Pemilu AS

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah postingan terkait pernyataan dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang Pemilu AS 2020. Postingan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama Colombonud Condoyono, selain itu ada juga akun lain bernama Andre Tarore dan Lenie Sahari yang mempostingnya. Ia mengunggahnya di Facebook pada 9 November 2020.

Dalam postingannya terdapat foto dari SBY dengan tulisan "Saya sangat bahagia karena partai kita menang di Amerika."

Selain itu ia juga menambahkan narasi, "Hore demokrat menang di amerika"

Lalu benarkah SBY mengeluarkan pernyataan terkait Pemilu AS seperti postingan di atas? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...


Hoaks Lainnya

HOAX
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

4. Cek Fakta: Tidak Benar Bill Gates Keluarkan Kutipan Ini soal Vaksin

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial Instagram kutipan dari Bill Gates soal vaksin. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan kemarin.

Salah satu yang membagikannya adalah akun @mattlawsonphotography di Instagram. Ia mempostingnya pada Kamis (24/9/2020) dan telah mendapat 949 likes dan lebih dari 150 komentar sejauh ini.

Dalam postingannya terdapat wajah Bill Gates dengan potongan kalimat "only the people who have all the vaccines will still be able to move freely" atau dalam Bahasa Indonesia "hanya orang yang memiliki semua vaksin yang masih bisa bergerak bebas"

Selain itu dalam postingan tersebut juga disertai narasi "An actual quote from Bill Gates. Despicable, disgusting and disgraceful." atau dalam Bahasa Indonesia, "Kutipan sebenarnya dari Bill Gates. Tercela, menjijikkan, dan memalukan."

Lalu benarkah Bill Gates mengeluarkan kutipan soal vaksin seperti dalam postingan itu? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya