Cek Fakta: Satir Foto Bocoran Menteri Kabinet Prabowo Subianto Berisi Keluarga Jokowi

Beredar di media sosial postingan foto bocoran menteri kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming yang berisi keluarga Jokowi.

oleh Tim Cek Fakta diperbarui 01 Agu 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 15:00 WIB
Cek fakta bocoran menteri kabinet Prabowo
Cek fakta bocoran menteri kabinet Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto bocoran menteri kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming yang berisi keluarga Jokowi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 27 Juli 2024.

Dalam unggahannya terdapat foto dengan narasi "Kabinet Prabowo Subianto Widodo"

Di dalam foto tersebut terdapat gambar Presiden Jokowi sebagai Menko Perekonomian, Kaesang Pangarep sebagai Menko Marves hingga Jan Ethes sebagai Menteri BUMN.

Akun itu menambahkan narasi "#sekilasinfo Sedikit Bocoran ‼️ Kabinet Jokowi Prabowo Gibran 2024~2029"

Lalu benarkah postingan foto bocoran menteri kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming yang berisi keluarga Jokowi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan bahwa postingan tersebut merupakan konten satir. Hal ini berkaitan dengan posisi Gibran Rakabuming yang merupakan Wakil Presiden terpilih merupakan putra dari Presiden saat ini, Jokowi.

Terlebih sejumlah nama keluarga Jokowi yang terdapat dalam postingan masih anak-anak.

Selain itu pengumuman menteri kabinet dilakukan usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Gibran Rakabuming Raka juga menjelaskan pemilihan menteri-menteri masih dalam tahap proses.

Hal ini disampaikan dalam artikel Liputan6.com berjudul "Gibran Rakabuming Raka Bocorkan Progres Penyusunan Kabinet Prabowo-Gibran" yang tayang pada 30 Juli 2024.

Berikut isi artikelnya:

"Liputan6.com, Jakarta - Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, akhirnya buka suara mengenai proses penyusunan kabinet pemerintahannya bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dalam kunjungannya ke Tangerang pada Selasa, (30/7/2024), Gibran mengungkapkan bahwa pembahasan kabinet telah berlangsung selama tiga bulan terakhir.

"Ini bulan apa? Juli, Agustus, September, Oktober," kata Gibran sambil tersenyum.

Saat ini, kata dia, prosesnya terus berjalan dan sudah memasuki tahap finalisasi.

Gibran juga memberikan sedikit bocoran mengenai calon-calon menteri. "Ya, ini semakin mengerucut ke beberapa nama. Tapi, mohon bersabar, publik akan segera mengetahui hasilnya," ucapnya.

Ketika disinggung mengenai jumlah nomenklatur kementerian dan anggaran yang dialokasikan, Gibran memilih untuk tidak berkomentar. "Belum dilantik kok ya, nanti," tukasnya sambil berlalu.

Sebagai informasi, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan dilantik oleh MPR RI pada tanggal 20 Oktober 2024. Publik pun menantikan siapa saja yang akan mengisi posisi strategis di kabinet pemerintahan baru tersebut."

Sumber:

https://www.liputan6.com/news/read/5658546/gibran-rakabuming-raka-bocorkan-progres-penyusunan-kabinet-prabowo-gibran?


Kesimpulan

Cek Fakta Satir
Cek Fakta Satir

Postingan foto bocoran menteri kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming yang berisi keluarga Jokowi merupakan satir.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya