SMP Juara Bandung Launching Warung Kejujuran

SMP Juara Bandung menggelar kegiatan penyuluhan hukum bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

oleh Maria Flora diperbarui 19 Mar 2014, 12:30 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2014, 12:30 WIB
SMP Juara Bandung Launching Warung Kejujuran
SMP Juara Bandung menggelar kegiatan penyuluhan hukum bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

Citizen6, Bandung SMP Juara Bandung menggelar kegiatan penyuluhan hukum bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

Acara yang digelar pada Selasa 18 Maret 2014 kemarin ini bertujuan untuk mengajarkan ilmu hukum kepada para siswa SMP Juara Bandung. Hal ini dilakukan agar siswa menjadi lebih faham tentang hukum yang berlaku di Indonesia serta menumbuhkan sikap tertib dan taat hukum dalam diri siswa SMP Juara Bandung.

Kabid Humas Kejati Jawa Barat, Kuswara mengungkapkan,"Saya sangat terkesan dengan sambutannya. Siswa SMP Juara Bandung memang sangat istimewa."

Selain penyuluhan hukum, SMP Juara Bandung pun mengadakan launching warung kejujuran atau Janur (Jajan Jujur). Janur diadakan untuk melatih kemandirian serta kejujuran dalam diri siswa SMP Juara Bandung.

"Di sini mereka dituntut untuk melakukan self service atau melayani diri sendiri ketika hendak jajan. Self service ini meliputi mengantri, mengambil makanan sendiri, membayar, dan mengatur uang kembalian sendiri," tutur Jajang Sudarsa selaku Kepala Sekolah SMP Juara Bandung.

Dalam warung kejujuran, sebagian besar makanan yang dijajakan adalah dagangan milik siswa. Hal ini menjadi salah satu dorongan untuk siswa SMP Juara Bandung agar benar-benar jujur bahkan ketika membeli makanan kecil.

"Ketika mereka tidak jujur, selain berdosa dan melanggar hukum, mereka juga akan merugikan temannya sendiri," tambah Jajang.

Program ini menjadi program berkelanjutan di SMP Juara yang berbasis entrepreuneurship. Wahyu Handoko selaku bagian kesiswaan SMP Juara Bandung menyatakan, SMP Juara dengan kurikulum berbasis entrepreuneurship telah menghasilkan banyak siswa yang mulai merintis bisnisnya di sekolah.

"Ada siswa yang berjualan berbagai jenis makanan, minuman, es, bahkan bros cantik. Makanan dan minumannya dijamin enak dan kreatif, yang pasti insyaallah halal dan thayib," tutur Wahyu.

Acara yang dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa karya siswa dan rekaman CD muratttal dari siswa SMP Juara Bandung kepada pihak Kejati.

"Penyuluhan hukum oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat ini sangat menarik karena selain mendapatkan ilmu ada banyak games dan dooprize," tutur salah seorang anak Juara. (mar)

Penulis
Sri Agustina
Bandung, bigsmileindonexxx@gmail.com

 

Baca juga:

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya