"Negeri Tanpa Telinga" Ingatkan Bahaya Penyakit Korupsi

Lola Amaria berharap bisa membantu menumbuhkan kesadaran sosial betapa bahayanya penyakit korupsi jika dibiarkan terus-menerus.

oleh Liputan6 diperbarui 07 Agu 2014, 17:28 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2014, 17:28 WIB
"Negeri Tanpa Telinga" Ingatkan Bahaya Penyakit Korupsi
Lola Amaria berharap bisa membantu menumbuhkan kesadaran sosial betapa bahayanya penyakit korupsi jika dibiarkan terus-menerus.

Citizen6, Jakarta Lama tak muncul di media, Lola Amaria ternyata sedang menyelesaikan film terbarunya, Negeri Tanpa Telinga. Film yang syutingnya dilakukan di tiga kota, Jakarta, Yogyakarta dan Solo ini sebenarnya menceritakan kisah yang sangat serius: poltik.

Namun Lola Amaria menyampaikan tema berat itu dibuat menjadi kocak dan satir tanpa menghilangkan nafas utamanya yakni tentang kerakusan pada kekuasaan, kejahatan politik dan skandal seks.



Bertempat di Djakarta Theatre, film Negeri Tanpa Telingan hari ini, Kamis, 7 Agustus 2014 dirilis. Menurut Lola Amaria, sutradaranya, ide pembuatan film ini berasal dari media.

Melihat banyaknya politisi yang ditahan karena kasus korupsi, politi yang terlibat kandal seks, ancaman menjatuhkan pemerintah, saling serang antar lembaga negara membuatnya tertantang untuk membuat film dengan tema politik yang nyaman, enak dinikmati dan bermakna.

Namun ia tak secara jelas menyebut film ketiganya ini secara khusus didekasikan sebagai film anti korupsi.  Dengan film ini Lola Amaria berharap bisa membantu menumbuhkan kesadaran sosial betapa bahayanya penyakit korupsi jika dibiarkan terus-menerus. 

Proses pembuatan film yang memakan waktu kurang lebih 1 tahun ini sempat mengalami hambatan karena terkena dampak letusan gunung Kelud. Abu vulkanik yang menyelimuti seluruh kota Yogyakarta dan sulit dibersihkan dalam waktu singkat sempat membuat kru berdebat panjang apakah syuting akan tetap dilanjutkan atau berhenti.

Film Negeri Tanpa Telinga ini didukung oleh aktor senior Ray Sahetapy, Lukman Sardi, Gary Iskak, T. Rifnu Wikana, Tanta Ginting dan pendatang baru Jenny Zhang.  

 *Foto diambil dari https://www.facebook.com/NegeriTanpaTelingaMovie

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya