Jelang Ujian Gaokao, Siswa di China Stres, Robek dan Lempar Buku

Ujian Gaokao yang dilaksanakan selama dua hari ini memang dikenal sebagai salah satu ujian tersulit di dunia.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 08 Jun 2015, 15:05 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2015, 15:05 WIB
Jelang Ujian Gaokao, Siswa di China Robek dan Lempar Buku
Ujian Gaokao yang dilaksanakan selama dua hari ini memang dikenal sebagai salah satu ujian tersulit di dunia.

Citizen6, China Masa-masa ujian sekolah memang meningkatkan stres bagi para siswa dan siswi. Banyak dari mereka pun merasa kewalahan karena banyaknya bahan yang harus dipelajari sebelum ujian. Bahkan orangtua maupun guru pun memberikan tekanan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Hal tersebut dirasakan siswa dari sebuah sekolah di Xiayi, provinsi Henan, China. Dilansir shanghaiist.com pada Senin (8/6/2015), menjelang ujian masuk perguruan tinggi atau dikenal dengan Gaokao para siswa merasakan tekanan yang luar biasa hingga melakukan ulah merobek buku dan kertas yang dilemparkan ke udara di halaman sekolah.

Para siswa saat melempar ribuan buku/shanghaiist.com

Nampak, halaman sekolah dipenuhi dengan kertas-kertas yang berserakan hingga terlihat seperti tumpukan salju. Sontak aksi para siswa ini langsung menjadi sorotan kepala sekolah juga guru. Kepala sekolah dari Hanchuan Eksperimental High School di provinsi Hubei pun merasa sedih dan ia menindak tegas dengan mengusir 7 siswa dari sekolah.

Suasana halaman sekolah setelah melakukan aksi merobek buku/shanghaiist.com

Banyak orang yang mengabadikan peristiwa tersebut. Tak butuh waktu lama, mereka pun langsung mem-posting-nya ke berbagai jejaring sosial. Kini, aksi para pelajar yang ingin mengikuti ujian Gaoko pun menjadi topik yang paling ramai dibahas hingga menjadi viral di socmed.

Ujian yang dilaksanakan selama dua hari ini memang dikenal sebagai salah satu ujian tersulit di dunia. Ujian Gaokao juga telah dikaitkan dengan meningkatnya angka bunuh diri di China karena tekanan yang dihadapi siswa dan hasil tes yang buruk.

(ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya